Unduh Aplikasi Bizhare

|

#SemakinMudah investasi dalam satu genggaman

question
Hai, ada yang bisa kami bantu?
Pertanyaan Umum
Skema Investasi Bisnis
Keuntungan Berinvestasi
Pengajuan Dana
Bisnis Syariah
Undang Teman
​​Apa yang dimaksud sistem investasi bisnis gotong royong (Securities Crowdfunding) di Bizhare ?

Securities Crowdfunding merupakan layanan urun dana melalui penawaran efek berbasis teknologi informasi, yang dapat memfasilitasi masyarakat berinvestasi ke Bisnis UKM, melalui berbagai jenis efek seperti Saham, Bond (Obligasi), dan Sukuk (Syariah) melalui sistem urun dana penawaran saham berbasis Teknologi Informasi yang sudah diatur oleh Peraturan POJK 57/2020

Apa yang dimaksud dengan efek?

Efek adalah surat berharga, yaitu, surat berharga komersial, saham, obligasi, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek. Dalam hal layanan Securities Crowdfunding di Bizhare, efek tersebut mencakup Saham, Obligasi dan Sukuk.

Bagaimana sistem bisnis dari Bizhare?

Bizhare merupakan platform investasi bisnis dengan sistem Securities Crowdfunding (urun dana) yang sudah mendapatkan izin sebagai Penyelenggara dari Otoritas Jasa Keuangan, yang memfasilitasi Anda untuk memilih berbagai jenis efek seperti Saham, Bond (Obligasi) dan Sukuk (Syariah) . Saat ini kami fokus di industri waralaba (franchise), UKM, Startup, dan Proyek. Anda dapat memiliki bisnis dengan investasi Rp 50.000 / lembar, sesuai nilai minimal pembelian efek. Bizhare selaku penyelenggara mendapatkan kuasa dari pemodal untuk: pengurusan legalitas; pembagian keuntungan, kupon, bagi hasil, dan pelunasan sebelum atau sesuai jatuh tempo; dan laporan keuangan secara berkala melalui sistem kami.

Di Bizhare sendiri, ada 3 jenis efek yang ditawarkan oleh Penerbit, yaitu :

  1. Saham
  2. Saham merupakan produk investasi dengan berbagi kepemilikan perusahaan, dengan sistem pembagian dividen sesuai dengan porsi kepemilikan saham sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan, dengan nilai pendanaan maksimal Rp 10 Miliar/tahun tiap penerbit.

  3. Bond (Obligasi)
  4. Produk Bond atau Obligasi adalah surat berharga dengan bentuk imbal hasil berjangka (fixed return). Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan efek untuk membayar imbal hasil (kupon) pada periode tertentu dan melunasi pokok pada saat jatuh tempo. Produk Obligasi merupakan fasilitas pendanaan yang bertujuan untuk membiayai sebuah proyek maupun operasi bisnis sebuah perusahaan untuk kurun waktu tertentu dengan jaminan properti/kontrak/PO/invoice sebagai landasan proyek, dengan nilai pendanaan maksimal Rp 10 Miliar/tahun tiap penerbit.

  5. Sukuk (Syariah)
  6. Obligasi Syariah merupakan alat investasi atau transaksi dengan menerapkan sistem pembiayaan dan pendanaannya sesuai dengan hukum syariat Islam yang berlaku. Surat - surat berharga jangka panjang yang berprinsip Syariah dan dikeluarkan oleh emiten (penerbit) kepada pemegang surat obligasi berbentuk bagi hasil dan pembayaran kembali dana tersebut sesuai dengan jatuh tempo, dengan nilai pendanaan maksimal Rp 10 Miliar/tahun tiap penerbit.

Apakah Bizhare sudah memiliki izin dari OJK sebagai penyelenggara Securities Crowdfunding?

Ya, Bizhare sudah mendapatkan izin resmi sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berdasarkan Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor : KEP - 38/D.04/2021 tertanggal 23 Agustus 2021 , sesuai POJK 57 tahun 2020.

Sebelumnya, Bizhare juga sudah terlebih dahulu memiliki izin resmi sebagai Penyelenggara Equity Crowdfunding dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), berdasarkan Surat Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK: Kep-71/D.04/2019 pada tanggal 6 November 2019, yang telah diperluas menjadi Securities Crowdfunding.

Bagaimana cara menjadi investor ?
  1. Sign Up dan Login sebagai Investor
  2. Melengkapi profil investor dan proses KYC
    • Isi profil user termasuk foto selfie, foto KTP
    • Menunggu verifikasi admin max 1 x 24 Jam
  3. Melihat kampanye penggalangan dana yang sedang berlangsung
  4. Cek detail bisnis, latar belakang, prospektus dan data historikal perusahaan
  5. Pembayaran transaksi investasi melalui Escrow Account
  6. Mendapatkan email konfirmasi pembelian efek
  7. Cek performa bisnis dan/atau laporan keuangan di dashboard investor
  8. Tarik keuntungan investasi anda dari akun investor ke rekening bank yang terdaftar
Berapa minimal berinvestasi?

Investasi Rp50.000 / lembar atau unit efek, dengan minimal pembelian efek yang bisa menyesuaikan secara otomatis, melalui Auto Adjustment System pada masing - masing bisnis

Bagaimana sistem kepemilikan saham dan pembagian keuntungan ?

Ketika berinvestasi bisnis melalui Bizhare, kepemilikan saham anda akan tercatat dan tersimpan secara kolektif di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), selayaknya perusahaan publik, untuk mempermudah penjualan saham di pasar sekunder ke investor lain, setelah 1 tahun, jika diinginkan.

Contohnya : Sebuah bisnis membutuhkan pendanaan sekitar Rp 500 juta dan anda berinvestasi senilai Rp 5 juta, berarti :

  1. Jenis keuntungan yang didapatkan oleh investor berdasarkan jenis efeknya :

    • Saham
    • Keuntungan yang didapat oleh investor dari saham yaitu berupa Dividen. Biasanya ketika mengukur keuntungan dari sebuah dividen saham, menggunakan istilah dividen yield. Dividen yield adalah persentase dividen yang dibagikan per tahun, dibandingkan dengan nilai investasi anda. Dividen yield tersebut didapat mengacu pada data historikal penerbit/outlet lain sebagai gambaran untuk investor untuk mulai berinvestasi, namun performa masa lalu, tidak mencerminkan kinerja di masa depan.

      Contohnya:
      Rata-rata persentase dividen yield : 25 % / Tahun

      Jika anda berinvestasi Rp 5 juta maka mengacu pada data historikal, ketika anda berinvestasi di bisnis tersebut di masa lalu, anda mendapatkan 25% dari dana investasi awal, yaitu sekitar Rp 1.250.000/ tahun.

    • Obligasi dan Sukuk
    • Keuntungan yang didapat oleh investor dari produk obligasi dan sukuk berupa imbal hasil fixed return sesuai dengan kesepakatan Penerbit di awal, sampai pada waktu jatuh tempo Obligasi / Sukuk.

      Contohnya:
      Imbal Hasil : 9 % / Tahun dengan jatuh tempo selama 2 tahun

      Maka dalam 2 tahun ini anda akan mendapatkan imbal hasil sebesar 18% selama 2 tahun. Adapun nilai investasi awal yang disetor akan dikembalikan pada waktu jatuh tempo.

  2. Total dividen yang anda terima
  3. Jika sebuah bisnis menghasilkan keuntungan per bulan sebesar Rp 10 juta dan anda memiliki saham sebesar 1% dan dividen payout ratio adalah 100% yang artinya keuntungan perusahaan dibagikan seluruhnya ke pemegang saham melalui dividen, maka anda mendapatkan Rp. 100.000 / bulan.

    Nilai pembagian keuntungan dari pengelola tersebut bisa bervariasi, tergantung pada realisasi keuntungan per bulan dari bisnis tersebut dan jangka waktu pembagian keuntungan yang berbeda-beda, menyesuaikan kesepakatan awal dengan penerbit dan franchisor/pengelola bisnis, saat pertama kali penawaran saham.

Penawaran efek untuk bisnis apa saja yang sedang berlangsung?

Buka platform Bizhare lalu cek di bagian “Investasi bisnis”. Anda dapat memilih sendiri bisnis-bisnis yang telah kami sediakan, baik jenis efek saham, obligasi/sukuk.

Apa yang membuat saya yakin berinvestasi melalui Bizhare?

Bizhare selalu menghadirkan pilihan bisnis dengan kualitas terbaik untuk anda, dengan mengedepankan kepercayaan, keterbukaan dan mendengarkan kebutuhan dari investor dan penerbit/pengelola bisnis. Banyak investor yang sudah rasakan sendiri betapa nyamannya pelayanan investor relation kami yang fast response dan komitmen untuk tepat waktu dalam distribusi laporan keuangan setiap tanggal 20 dan dividen secara berkala.

Kami juga sudah mendapatkan izin di Otoritas Jasa Keuangan sebagai penyelenggara, sesuai POJK No 57 tahun 2020, tentang Securities Crowdfunding. Kami juga turut berpartisipasi menyusun POJK tersebut bersama dengan OJK.

Ketika berinvestasi, anda akan mendapatkan bukti kepemilikan saham yang tercatat secara resmi di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan diakui secara legal.

Walaupun begitu, dalam dunia bisnis selalu memiliki resiko masing-masing, kami selalu berusaha untuk meminimalisir resiko tersebut.

Beberapa cara yang dilakukan, yaitu:

  1. Kami melakukan standar uji kelayakan bisnis oleh tim analis profesional
  2. Kami melakukan analisis trend bisnis dan Rekam jejak bisnis/ penerbit
  3. Bekerja sama dengan pengelola bisnis/franchisor yang sudah berpengalaman dan berbagai brand terkemuka
  4. Kami memiliki sistem proteksi keamanan data yang baik, termasuk melakukan sertifikasi berstandar internasional yaitu ISO 27001

Walaupun demikian, sebagai Investor, anda tetap wajib untuk untuk mempelajari prospektus bisnis terlebih dahulu, sebelum memutuskan berinvestasi dan memahami segala resiko yang dapat terjadi.

Apa saja resikonya ketika berinvestasi bisnis dan bagaimana jika bisnisnya bangkrut? Apakah ada cara meminimalisir resiko tersebut?

Kemungkinan hal terburuk dalam dunia bisnis ialah mengalami kebangkrutan. Jika itu terjadi, langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan penjualan aset-aset bisnis, dengan catatan disetujui oleh mayoritas pemegang saham melalui mekanisme RUPS, jika anda berinvestasi dalam bentuk saham atau dapat dilakukan eksekusi jaminan, untuk efek Obligasi dan/atau sukuk yang memiliki jaminan.

Selain itu, ada berbagai resiko yang bisa diterima ketika anda berinvestasi. Beberapa risiko yang dapat terjadi saat anda berinvestasi yaitu :

  • Risiko Usaha
  • Risiko Usaha adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam suatu usaha/bisnis. Beberapa risiko yang dapat terjadi, permintaan pasar dan proyeksi keuangan bisnis bisa saja tidak sesuai dengan prospektus bisnis.

  • Kerugian Investasi
  • Setiap investasi memiliki tingkat risiko yang bervariasi seperti tidak terkumpulnya dana investasi yang dibutuhkan selama proses pengumpulan dana atau proyek yang dijalankan tidak menghasilkan keuntungan sesuai yang diharapkan.

  • Kekurangan Likuiditas
  • Investasi anda mungkin saja tidak likuid karena saham yang ditawarkan tidak terdaftar di bursa umum secara publik. Ini berarti bahwa anda mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham anda di bisnis tertentu atau anda mungkin tidak dapat menemukan pembeli sebelum berakhirnya jangka waktu investasi di pasar sekunder.

  • Kelangkaan Pembagian Dividen
  • Setiap Investor yang ikut berinvestasi berhak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Dividen ini akan diberikan oleh Penerbit dengan jadwal pembagian yang telah disepakati di awal dan dapat dicek di detail bisnis. Kelangkaan pembagian dividen dapat terjadi karena kinerja bisnis yang anda investasikan kurang berjalan baik.

  • Dilusi Kepemilikan Saham
  • Dilusi kepemilikan saham adalah penurunan persentase kepemilikan saham yang terjadi karena bertambahnya total jumlah saham yang beredar, dimana Investor yang bersangkutan tidak ikut membeli saham yang baru diterbitkan tersebut. Penerbit dapat menerbitkan saham baru jika jumlah penawaran yang diajukan masih dibawah batas maksimum. Jika Penerbit mengadakan urun dana lagi dan terjadi penerbitan saham baru, maka Bizhare akan membuka bisnis tersebut di website Bizhare.id dan menginformasikan kepada pemegang saham.

  • Risiko Gagal Bayar atas Bond atau Sukuk
  • Gagal bayar adalah tidak terpenuhinya kewajiban Penerbit untuk melakukan pembayaran kupon atau utang pokok kepada investor dalam rangka pengembalian dana investasi.

  • Kegagalan Sistem Elektronik
  • Sistem di Bizhare sudah menerapkan sistem elektronik dan keamanan data yang handal. Namun, tetap dimungkinkan terjadi Gangguan sistem teknologi informasi dan kegagalan sistem, serta alih kelola sistem Teknologi Informasi yang menyebabkan aktivitas anda di platform Bizhare menjadi tertunda.

Untuk meminimalisir resiko-resiko, Bizhare menerapkan sistem analisa bisnis pada setiap pembukaan investasi bisnis di platform kami dan memiliki tim business support profesional untuk bantu mendampingi para penerbit dalam menjalankan bisnis/proyek setelah mendapatkan pendanaan, sehingga resikonya lebih rendah dibandingkan investasi sendiri diluar sana.

Walaupun begitu, resiko bisnis tetap ada dan ditanggung oleh masing-masing investor dan Bizhare tidak bertanggung jawab terhadap risiko kerugian dan gugatan hukum serta segala bentuk risiko lain yang timbul dikemudian hari atas hasil investasi bisnis anda.

Apa saja yang menjadi tanggung jawab saya sebagai investor?

Membayar pajak dividen sebesar 10% sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan atas dividen yang sudah otomatis dipotong saat distribusi dividen. Pajak tersebut akan dibayarkan setiap tahunnya.

Membayar pajak atas bunga dari obligasi/sukuk dengan kupon sebesar 15 % sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2019 tentang pajak penghasilan atas penghasilan berupa bunga obligasi.

Membayarkan biaya layanan sebesar 5% dan management fee sebesar 5%

Menjaga nama baik platform Bizhare, penerbit/pengelola bisnis/franchisor dan sesama investor dalam hal tutur kata yang sopan tidak provokatif, bijak serta menjaga kondusifitas secara langsung, maupun tidak langsung, seperti di media sosial (whatsapp, telegram, twitter, instagram, facebook dain lainnya) termasuk tidak berdiskusi politik, SARA, dsb.

Investor berkomitmen untuk tidak turun langsung dalam operasional bisnis yang menjadi ranah pengelola bisnis/penerbit, dalam kapasitasnya sebagai investor dan hanya menggunakan haknya melalui jalur yang sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku yaitu RUPS/RUPO.

Investor berkewajiban untuk menjaga kerahasiaan setiap informasi, data dan dokumen, yang diberikan dan atau didapatkan dari Bizhare maupun dari penerbit/pengelola bisnis dalam bentuk lisan, tertulis, grafik, atau file elektronik dan setiap bentuk salinan terkait pelaksanaan operasional bisnis di Bizhare.

Apakah yang dimaksud dengan Fitur Pre-Order?

Fitur Pre-Order merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan pemesanan transaksi investasi terlebih dahulu, sebelum Open investment dibuka dengan membayar biaya layanan sebesar 10% dari total pembelian transaksi Anda, sehingga bisa memastikan ketersediaan efek penerbit yang ingin anda investasikan. Kuota penggunaan fitur ini adalah 50% dari total transaksi yang ditawarkan oleh penerbit atau menyesuaikan dengan kebijakan dari setiap penerbit

Apa sih Fitur Auto Adjustment System itu ?

Dengan sistem ini, saat Anda melakukan pembelian efek penerbit, maka sistem akan otomatis menunjukkan minimal jumlah yang dibeli, namun bagi Anda yang ingin membeli efek lebih dari jumlah minimum yang ditetapkan kamu dapat dengan mudah menekan tombol “+” pada jumlah lembar efek yang ingin kamu beli atau melakukan edit pada jumlah saham tersebut, sesuai keinginan Anda.