03 September 2023
4 menit baca

Jenis dan Keuntungan Investasi di Surat Berharga Negara (SBN)

4 menit baca

surat berharga negara

 

Bagi investor yang tertarik untuk berinvestasi di pasar keuangan, Surat Berharga Negara (SBN) menjadi salah satu pilihan yang menarik. Artikel ini akan membahas apa itu Surat Berharga Negara, jenis-jenisnya, keuntungan investasi pada SBN, produk-produknya, cara membeli SBN, serta informasi terkini mengenai Surat Berharga Negara pada tahun 2023.

 

Apa itu SBN?

 

Surat Berharga Negara (SBN) adalah instrumen keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia sebagai sarana pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan fiskal. 

 

SBN dapat dibeli oleh individu, perusahaan, atau lembaga keuangan dengan tujuan untuk berinvestasi dan mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga atau bunga yang ditawarkan. SBN dikeluarkan dalam bentuk obligasi negara dan Surat Utang Negara (SUN), yang memiliki jangka waktu tertentu dan tingkat bunga yang berbeda-beda.

 

Baca Juga: Surat Berharga Negara (SBN): Pengertian dan Jenisnya

 

Jenis Surat Berharga Negara

 

Terdapat beberapa jenis Surat Berharga Negara yang dapat menjadi pilihan bagi para investor. Berikut adalah beberapa jenis SBN yang umum diperdagangkan di pasar keuangan:

 

  • Obligasi Negara Ritel (ORI)

ORI merupakan Surat Berharga Negara yang ditawarkan secara langsung kepada masyarakat. ORI memiliki jangka waktu tertentu dan dapat dibeli dengan nominal yang terjangkau. Keuntungan dari investasi ORI adalah tingkat bunga yang kompetitif dan adanya potensi capital gain saat jatuh tempo.

 

  • Surat Utang Negara (SUN)

SUN merupakan Surat Berharga Negara dalam bentuk obligasi dengan jangka waktu yang lebih panjang. SUN biasanya ditawarkan dalam denominasi yang lebih besar dan ditujukan kepada investor institusi. Keuntungan dari investasi SUN adalah tingkat bunga yang lebih tinggi dibandingkan ORI.

 

  • Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)

SBSN adalah Surat Berharga Negara yang sesuai dengan prinsip syariah. SBSN didesain untuk memenuhi kebutuhan investor yang ingin berinvestasi secara syariah. Keuntungan dari investasi SBSN adalah adanya jaminan kehalalan dan tingkat imbal hasil yang kompetitif.

 

Keuntungan Investasi pada SBN

 

Investasi pada Surat Berharga Negara (SBN) memiliki beberapa keuntungan yang perlu dipertimbangkan oleh para investor. Berikut adalah beberapa keuntungan investasi pada SBN:

 

  • Tingkat Pengembalian yang Kompetitif

SBN menawarkan tingkat pengembalian yang kompetitif dibandingkan instrumen investasi lainnya. Tingkat bunga yang ditawarkan pada SBN dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi daripada instrumen investasi lain seperti deposito atau tabungan. Hal ini membuat SBN menjadi pilihan menarik bagi investor yang menginginkan potensi keuntungan yang lebih tinggi.

 

  • Keamanan Investasi

SBN merupakan instrumen keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. Sebagai investor, Anda dapat memperoleh keamanan dalam berinvestasi pada SBN karena memiliki kredibilitas yang tinggi dan dijamin oleh pemerintah. Hal ini mengurangi risiko investasi dan memberikan kepercayaan kepada para investor.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi pada SBN dapat menjadi sarana untuk diversifikasi portofolio investasi Anda. Dengan memasukkan SBN ke dalam portofolio Anda, Anda dapat mengurangi risiko investasi secara keseluruhan. SBN memiliki karakteristik yang berbeda dengan instrumen investasi lainnya, seperti saham atau properti, sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap fluktuasi pasar.

 

  • Likuiditas yang Tinggi

SBN merupakan instrumen investasi yang likuid. Anda dapat membeli dan menjual SBN dengan relatif mudah di pasar sekunder. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses dana investasi Anda jika Anda membutuhkannya dalam jangka waktu yang singkat.

 

  • Pengembalian Investasi Secara Teratur

Investasi pada SBN umumnya memberikan pengembalian investasi secara teratur melalui pembayaran bunga yang dilakukan oleh pemerintah. Hal ini memberikan kepastian pendapatan bagi investor dalam jangka waktu tertentu.

 

Baca Juga: Investasi Publik: Pengertian, Jenis, dan Hambatannya

 

Surat Berharga Negara 2023

 

Pada tahun 2023, Surat Berharga Negara (SBN) terus menjadi instrumen investasi yang menarik di Indonesia. Berbagai produk SBN ditawarkan kepada para investor dengan berbagai jangka waktu dan tingkat bunga. Beberapa produk SBN yang dapat ditemui di pasar keuangan pada tahun 2023 antara lain:

 

  • Obligasi Negara Ritel (ORI) 023

ORI 023 merupakan salah satu produk Surat Berharga Negara yang ditawarkan kepada masyarakat pada tahun 2023. ORI 023 memiliki jangka waktu tertentu dan tingkat bunga yang kompetitif. Investasi pada ORI 023 dapat dilakukan dengan nominal yang terjangkau, sehingga menjadi pilihan yang menarik bagi investor individu.

 

  • Surat Utang Negara (SUN) seri SR008

SUN seri SR008 adalah Surat Berharga Negara dalam bentuk obligasi dengan jangka waktu yang lebih panjang. SUN seri SR008 menawarkan tingkat bunga yang kompetitif dan menjadi pilihan bagi investor institusi yang mencari investasi dengan potensi pengembalian yang stabil.

 

  • Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) seri ST004

SBSN seri ST004 merupakan Surat Berharga Negara yang sesuai dengan prinsip syariah. SBSN seri ST004 memberikan kesempatan bagi investor yang ingin berinvestasi secara syariah dengan imbal hasil yang menarik.

 

Cara Membeli SBN

 

Untuk membeli Surat Berharga Negara (SBN), Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  • Identifikasi Jenis SBN yang Ingin Anda Beli

Tentukan jenis SBNyang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda. Pilih antara Obligasi Negara Ritel (ORI), Surat Utang Negara (SUN), atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

 

  • Cari Informasi tentang SBN

Lakukan riset mendalam mengenai SBN yang ingin Anda beli. Gunakan sumber-sumber yang terpercaya seperti situs web resmi pemerintah atau lembaga keuangan terkemuka untuk mendapatkan informasi yang akurat.

 

  • Buka Rekening Efek

Jika Anda belum memiliki rekening efek, buka rekening efek di perusahaan sekuritas terpercaya. Rekening efek diperlukan untuk melakukan transaksi pembelian dan penjualan SBN.

 

  • Pilih Pialang atau Perusahaan Sekuritas

Pilih pialang atau perusahaan sekuritas yang akan membantu Anda dalam proses pembelian SBN. Pastikan pialang atau perusahaan sekuritas tersebut memiliki reputasi yang baik dan memberikan pelayanan yang memadai.

 

  • Lakukan Transaksi Pembelian

Setelah memilih pialang atau perusahaan sekuritas, hubungi mereka untuk melakukan transaksi pembelian SBN. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pembelian dan mentransfer dana investasi ke rekening yang ditentukan.

 

  • Tunggu Konfirmasi dan Penyelesaian

Setelah melakukan pembelian, Anda akan menerima konfirmasi transaksi pembelian SBN. Selanjutnya, tunggu proses penyelesaian transaksi yang melibatkan transfer kepemilikan SBN ke rekening efek Anda.

 

  • Pantau Investasi Anda

Setelah membeli SBN, pantau perkembangan investasi Anda secara berkala. Periksa tingkat bunga, jatuh tempo, dan informasi terkait lainnya untuk memastikan investasi Anda tetap optimal.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Surat Berharga Negara (SBN) merupakan instrumen keuangan yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia untuk membiayai kebutuhan fiskal. Dengan memahami apa itu SBN, jenis-jenisnya, keuntungan investasi pada SBN, produk-produknya, dan cara membeli SBN, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana. 

 

Pastikan Anda selalu mengumpulkan informasi terbaru dan berkonsultasi dengan ahli keuangan sebelum melakukan investasi. Investasi pada SBN dapat memberikan keuntungan finansial dan membantu mencapai tujuan keuangan Anda.

2115 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
284 Suka