12 June 2023
4 menit baca

Mau Mulai Investasi? Pahami Keuntungan Investasi dan Risikonya Berikut Ini!

4 menit baca

 

Investasi adalah langkah cerdas dalam mengelola keuangan dan mempersiapkan masa depan yang lebih stabil. Namun sebelumnya, penting untuk memahami baik keuntungan maupun risiko investasi yang akan Anda hadapi di kemudian hari.

 

Keuntungan Investasi

 

Investasi memiliki berbagai keuntungan yang menarik bagi para pelaku pasar. Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari investasi:

 

  • Keuntungan Finansial

Salah satu keuntungan utama dari investasi adalah potensi untuk mendapatkan keuntungan finansial yang signifikan. 

 

Melalui investasi yang tepat, Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan pasif, memperoleh keuntungan modal, dan meningkatkan nilai aset Anda. 

 

Keuntungan finansial ini memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

  • Peluang Pertumbuhan

Investasi juga memberikan peluang pertumbuhan yang menarik. Dalam jangka panjang, nilai investasi Anda dapat meningkat secara substansial. 

 

Misalnya, dengan berinvestasi dalam saham perusahaan yang berkembang pesat, Anda dapat memperoleh keuntungan yang signifikan seiring dengan pertumbuhan perusahaan tersebut. 

 

Peluang pertumbuhan ini memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang, seperti mempersiapkan dana pensiun atau pendidikan anak.

 

  • Perlindungan Inflasi

Investasi juga dapat memberikan perlindungan terhadap inflasi. Inflasi adalah peningkatan umum dalam harga barang dan jasa seiring berjalannya waktu. 

 

Dengan berinvestasi dalam instrumen yang memiliki potensi pengembalian yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi, Anda dapat menjaga daya beli Anda dari tergerus oleh inflasi. Hal tersebut menunjukkan nilai aset Anda dapat tetap berharga dalam jangka panjang.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Investasi juga memungkinkan Anda untuk melakukan diversifikasi portofolio, yang merupakan strategi penting untuk mengurangi risiko. 

 

Dengan berinvestasi dalam berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, dan properti, Anda dapat membagi risiko investasi Anda. 

 

Jika salah satu aset mengalami penurunan nilai, ada kemungkinan bahwa aset lainnya tetap menguntungkan. Diversifikasi portofolio membantu melindungi portofolio Anda dari fluktuasi pasar yang tiba-tiba.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

Risiko Investasi

 

Meskipun investasi menawarkan potensi keuntungan yang menarik, tidak bisa dipungkiri bahwa ada risiko yang terlibat. Berikut adalah beberapa risiko utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai investasi:

 

  • Risiko Pasar

Risiko pasar terkait dengan fluktuasi harga dan nilai aset yang dapat terjadi sebagai respons terhadap kondisi pasar secara keseluruhan. Perubahan ekonomi, kebijakan pemerintah, dan sentimen pasar dapat mempengaruhi nilai investasi Anda. 

 

Penting untuk memahami bahwa nilai aset dapat naik turun, dan kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai risiko tersebut, silakan baca artikel Bizhare berjudul Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya.

 

  • Risiko Kredit

Risiko kredit muncul ketika Anda memberikan pinjaman kepada pihak lain, seperti membeli obligasi korporasi atau berinvestasi dalam peer-to-peer lending. Ada risiko bahwa pihak yang meminjam dana tidak mampu atau tidak mau mengembalikan dana tersebut. 

 

Oleh karena itu, penting untuk melakukan riset yang cermat sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman kepada pihak lain. Jangan sampai Anda mengalami kerugian hanya karena tidak melakukan analisis mendalam.

 

  • Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas terkait dengan kemampuan Anda untuk mengubah investasi menjadi uang tunai dengan cepat. Beberapa jenis aset mungkin sulit untuk dijual atau diperdagangkan dengan harga yang diinginkan. 

 

Jika Anda membutuhkan uang secara mendadak, risiko likuiditas dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengakses dana investasi Anda. Itu sebabnya sangat penting untuk melakukan diversifikasi portofolio.

 

  • Risiko Inflasi

Risiko inflasi adalah kemungkinan bahwa tingkat inflasi akan melebihi tingkat pengembalian investasi Anda. Jika tingkat inflasi tinggi, nilai aset Anda mungkin tidak cukup meningkat untuk menjaga daya beli Anda. 

 

Untuk melindungi diri dari risiko ini, penting untuk memilih instrumen investasi yang menawarkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi yang diperkirakan.

 

Baca Juga: Apa itu Inflasi? Simak Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

Investasi Aman dan Menguntungkan di Bizhare

 

Salah satu opsi yang bisa Anda lakukan di tahun 2023 adalah berinvestasi saham atau sukuk melalui platform crowdfunding. Platform ini memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam bisnis startup atau proyek tertentu dengan modal yang relatif kecil. 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, crowdfunding atau urun dana telah menjadi alternatif yang populer bagi investor yang mencari opsi investasi yang berbeda dari kebanyakan. Salah satu keuntungannya adalah investor dapat memilih proyek atau usaha yang ingin mereka dukung. 

 

Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar atas investasi mereka dan memungkinkan para investor untuk mendukung proyek yang sesuai dengan nilai-nilai mereka. Selain itu, investasi crowdfunding juga memungkinkan investor untuk memperoleh pengembalian yang lebih tinggi daripada deposito. 

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Nah, salah satu platform investasi urun dana terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Menarik sekali, bukan? Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Memahami keuntungan dan risiko investasi adalah langkah penting sebelum memulai perjalanan investasi. Keuntungan finansial, peluang pertumbuhan, perlindungan inflasi, dan diversifikasi portofolio adalah beberapa keuntungan yang menarik dalam investasi. 

 

Namun, risiko pasar, risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko inflasi juga harus dipertimbangkan dengan cermat. Melalui pemahaman yang baik dan pengambilan keputusan yang bijaksana, Anda dapat meraih manfaat investasi yang optimal.

 

2679 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
380 Suka