19 August 2023
3 menit baca

Investasi vs Trading, Mana yang Lebih Untung?

3 menit baca

investasi trading

 

Investasi dan trading adalah dua konsep yang sering dibicarakan dalam dunia keuangan. Keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari keuntungan finansial. Namun, metode dan karakteristik keduanya berbeda. Berikut pengertian investasi dan trading, perbedaan di antara keduanya, serta pertimbangan mana yang lebih menguntungkan.

 

Pengertian Investasi

 

Investasi merupakan kegiatan menanamkan dana atau modal dalam suatu aset atau instrumen keuangan dengan harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi dilakukan dengan mengalokasikan sejumlah dana untuk membeli saham, obligasi, properti, atau aset lainnya yang diharapkan akan meningkatkan nilai investasi tersebut seiring berjalannya waktu.

 

Investasi memiliki tujuan jangka panjang dan biasanya melibatkan risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan trading. Saat melakukan investasi, seseorang mempertimbangkan fundamental dan prospek jangka panjang suatu aset atau instrumen keuangan sebelum mengambil keputusan.

 

Baca Juga: Mau Mulai Investasi? Pahami Keuntungan Investasi dan Risikonya Berikut Ini!

 

Pengertian Trading

 

Trading adalah kegiatan membeli dan menjual aset atau instrumen keuangan dalam jangka waktu yang lebih singkat. Tujuan utama trading adalah mendapatkan keuntungan dari perubahan harga dalam waktu yang relatif singkat. Trader mencari peluang keuntungan dari fluktuasi harga yang terjadi dalam pasar.

 

Trading sering kali melibatkan risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi karena perubahan harga yang cepat dan volatilitas pasar. Trader harus memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar keuangan dan mampu menganalisis pergerakan harga untuk membuat keputusan yang tepat.

 

Baca Juga: Apa itu Trading Forex? Apakah Termasuk Jenis Investasi?

 

Perbedaan Investasi dan Trading

 

Meskipun investasi dan trading memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya:

 

  1. Tujuan Jangka Waktu: Investasi lebih ditujukan untuk jangka waktu yang lebih panjang, sementara trading berfokus pada jangka waktu yang lebih singkat.
  2. Risiko: Investasi cenderung memiliki risiko yang lebih rendah daripada trading karena fokus pada aspek fundamental dan prospek jangka panjang suatu aset. Trading, di sisi lain, melibatkan risiko yang lebih tinggi karena fluktuasi harga yang cepat.
  3. Pengetahuan dan Analisis: Investasi membutuhkan pengetahuan dan analisis yang mendalam tentang suatu aset atau instrumen keuangan. Trading juga membutuhkan pengetahuan dan analisis yang kuat, tetapi dalam waktu yang lebih singkat.
  4. Waktu dan Komitmen: Investasi umumnya membutuhkan waktu dan komitmen yang lebih sedikit daripada trading. Trading seringkali memerlukan pemantauan pasar secara aktif dan pengambilan keputusan yang cepat.

 

Baca Juga: Perbedaan Investasi dan Trading, Apa Saja?

 

Investasi dan Trading, Mana yang Lebih Untung?

 

Terkait pertanyaan mana yang lebih menguntungkan antara investasi dan trading, tidak ada jawaban yang pasti. Keuntungan yang diperoleh dari keduanya sangat tergantung pada berbagai faktor seperti pengetahuan, pengalaman, waktu, dan kondisi pasar.

 

Dalam jangka panjang, investasi yang baik dapat memberikan hasil yang menguntungkan seiring dengan pertumbuhan aset atau instrumen keuangan yang dipilih. Namun, dalam jangka pendek, trading dapat memberikan peluang keuntungan yang lebih cepat dengan memanfaatkan fluktuasi harga.

 

Jadi, penting untuk mempertimbangkan tujuan, risiko, dan keahlian Anda saat memutuskan antara investasi dan trading. Beberapa orang mungkin merasa nyaman dengan pendekatan jangka panjang dan risiko yang lebih rendah dari investasi, sementara yang lain mungkin lebih tertarik pada potensi keuntungan cepat yang ditawarkan oleh trading.

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Investasi atau Trading?

 

Keputusan antara trading dan investasi tergantung pada tujuan, toleransi risiko, dan preferensi pribadi Anda sebagai individu. Berikut adalah beberapa panduan yang dapat membantu Anda memahami kapan sebaiknya melakukan trading dan kapan sebaiknya melakukan investasi.

 

  • Investasi

Jika Anda lebih suka pendekatan jangka panjang, investasi mungkin lebih sesuai. Investasi cocok jika Anda ingin memanfaatkan pertumbuhan jangka panjang aset atau instrumen keuangan dan memiliki toleransi risiko yang lebih rendah. 

 

Dalam investasi, penting untuk melakukan analisis fundamental yang mendalam dan diversifikasi portofolio Anda untuk mengurangi risiko.

 

  • Trading

Trading lebih cocok jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang analisis teknis, dapat mengambil keputusan cepat, dan siap untuk menghadapi risiko yang tinggi. 

 

Jika Anda berminat pada fluktuasi harga harian dan peluang keuntungan jangka pendek, trading mungkin menjadi pilihan yang baik. Namun, penting untuk memiliki strategi perdagangan yang teruji dan manajemen risiko yang baik.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Saat memutuskan antara trading dan investasi, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti tujuan keuangan Anda, toleransi risiko, pengetahuan pasar, dan kemampuan waktu yang Anda miliki. 

 

Jika Anda merasa sulit untuk memilih, Anda juga dapat menggabungkan kedua pendekatan tersebut dengan membagi alokasi dana Anda antara investasi jangka panjang dan trading jangka pendek.

 

Dalam perdebatan investasi vs trading, tidak ada jawaban yang mutlak tentang mana yang lebih menguntungkan. Yang terpenting adalah memahami karakteristik masing-masing dan memilih pendekatan yang sesuai dengan preferensi dan tujuan Anda. 

Akhirnya, bagi Teman Bizharian yang tertarik mempelajari dan terjun langsung di antara keduanya, jangan ragu untuk mencari saran dari ahli keuangan atau melakukan riset lebih lanjut sebelum membuat keputusan investasi atau trading.

807 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
163 Suka