19 April 2023
3 menit baca

7 Tips Cerdas Investasi Pakai Uang THR, #AmankanTHRmu!

3 menit baca

 

Sudah tidak sabar menerima uang THR? Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskannya sekaligus, pergunakan sebagian darinya untuk berinvestasi. Manfaatnya sangat banyak, khususnya dalam menambah peluang kesehatan finansial dalam jangka panjang. Berikut cara investasi pakai uang THR!

 

Pengertian Uang Tunjangan Hari Raya (THR)

 

Tunjangan Hari Raya atau biasa disingkat THR adalah uang yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya. Uang ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja karyawan, serta sebagai dukungan dalam mempersiapkan diri untuk merayakan hari raya. 

 

Hal ini sudah diatur oleh Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Untuk ulasan lebih lengkap, silakan baca artikel di bawah ini.

 

Baca Juga: Apa Itu Uang THR dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

 

Pentingnya Investasi Pakai THR 

 

Mengalokasikan uang THR untuk investasi sangatlah penting karena dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi keuangan. Dengan menginvestasikan uang THR, Anda dapat meningkatkan nilai kekayaan secara bertahap dan memperoleh keuntungan yang lebih besar di masa depan.

 

Tak hanya itu, dengan investasi menggunakan THR, Anda bisa mengurangi risiko pengeluaran yang tidak perlu. Alasannya, ada kemungkinan Anda akan menghabiskan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak penting. Fatalnya, tidak ada sisa uang yang dapat disimpan atau diinvestasikan.

 

Selain itu, dengan menginvestasikan THR, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan menyimpan uang di tabungan atau deposito. Berinvestasi dalam saham, reksadana, atau instrumen investasi lainnya dapat memberikan return yang lebih tinggi dan memberikan diversifikasi investasi yang lebih baik.

 

Namun, sebelum investasi pakai uang THR, Anda harus mempertimbangkan dengan matang jenis investasi yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan keuangan. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih perusahaan atau produk investasi yang aman dan terpercaya, serta memahami risiko investasi yang mungkin terjadi.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Tips Investasi Memakai Uang THR

 

Bagaimana cara berinvestasi memakai uang THR? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipertimbangkan:

 

  1. Tentukan Berapa Alokasi THR untuk Investasi

Sebelum mulai berinvestasi, tentukan terlebih dahulu berapa persen dari uang THR yang akan dialokasikan untuk investasi. Sebaiknya, jangan menggunakan seluruh uang THR untuk investasi, tetapi alokasikan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

  1. Pelajari Instrumen Investasi yang Akan Dipilih

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada suatu instrumen, pelajari terlebih dahulu risiko dan potensi keuntungan dari instrumen investasi tersebut. Sebagai contoh, saham memiliki risiko yang lebih tinggi daripada obligasi, tetapi potensi keuntungannya juga lebih besar.

 

  1. Investasikan Uang THR pada Instrumen Investasi yang Sesuai

Setelah mempelajari risiko dan potensi keuntungan dari setiap instrumen investasi, pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan Anda. Jangan hanya mengikuti tren investasi atau tips investasi yang tidak teruji kebenarannya.

 

  1. Diversifikasi Investasi

Sebaiknya jangan menaruh semua uang THR pada satu jenis instrumen investasi saja, misalnya saham. Sebaiknya diversifikasikan investasi kita dengan menempatkan uang THR pada beberapa jenis instrumen investasi yang berbeda. Diversifikasi investasi dapat mengurangi risiko kerugian yang besar.

 

  1. Cari Informasi Investasi yang Akurat

Pastikan informasi yang Anda dapatkan tentang investasi berasal dari sumber yang terpercaya dan akurat. Hindari mengikuti opini atau tips investasi yang belum teruji kebenarannya karena bisa berakibat fatal bagi keuangan Anda.

 

  1. Gunakan Jasa Financial Advisor

Jika masih bingung dalam memilih instrumen investasi atau melakukan diversifikasi, gunakanlah jasa konsultan keuangan yang terpercaya. Mereka dapat membantu Anda dalam memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan kebutuhan masa depan.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  1. Investasi Modal Kecil Sistem Crowdfunding di Bizhare

Anda juga bisa menginvestasikan uang THR pada berbagai platform crowdfunding atau urun dana. Modal yang dikeluarkan pun sangat kecil sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

 

Nah, salah satu platform investasi urun dana terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare telah berhasil membuktikan diri menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. 

 

Kerennya, di bulan suci Ramadan ini, Anda bisa berinvestasi sukuk dengan memanfaatkan berbagai promo menarik. Informasi dan daftar lengkap promo KETUPAT THR Bizhare bisa Anda lihat artikel berikut:

 

BACA LENGKAP: Banjir Promo KETUPAT, Investasi di Bizhare Bisa Dapat THR!

 

Tak hanya itu, Anda juga bisa berinvestasi amal di Bizhare. Hal ini dimungkinkan berkat program donasi khusus bulan puasa, di mana Bizhare akan menyalurkan 2,5% dari total revenue biaya layanan ke Yayasan Benih Baik Indonesia (YBBI)

 

Program ini akan terhitung dari tanggal 1-30 Ramadan 1444 H (23 Maret – 21 April 2023). Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta saja. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Dari sini bisa disimpulkan, investasi memakai uang THR merupakan salah satu cara yang efektif untuk membangun kekayaan jangka panjang. Dengan demikian, Anda bisa menerapkan slogan #AmankanTHRmu dengan bahagia.

 

Maka dari itu, bagi Teman Bizharian yang baru saja mendapat THR, jangan lupa untuk berinvestasi ke instrumen keuangan favorit Anda. Ingat, perhatikan betul profil risiko Anda sebelum berinvestasi, ya!

1014 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
250 Suka