19 July 2023
4 menit baca

Kenali Jenis Emas Batangan Sebelum Membelinya

4 menit baca

logam mulia emas batangan

 

Investasi dalam emas batangan telah menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli emas batangan, penting untuk mengenal jenis-jenisnya agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis emas batangan yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

 

Apa itu Emas Batangan?

 

Emas batangan adalah bentuk emas murni yang dicetak dalam bentuk batangan dengan berat tertentu. Emas batangan biasanya memiliki kadar kemurnian 24 karat, yang berarti emasnya murni tanpa campuran logam lain. 

 

Keunggulan utama emas batangan adalah kemudahan dalam penilaian nilai dan keasliannya. Emas batangan juga dapat dengan mudah diperdagangkan di pasar emas internasional.

 

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Benar untuk Pemula, Dijamin Untung!

 

Jenis Emas Batangan Berdasarkan Ukuran

 

Secara garis besar, ada beberapa jenis emas batangan yang dibedakan berdasarkan ukurannya. Berikut ulasan lengkapnya!

 

  • Emas Batangan Ukuran Kecil

Emas batangan ukuran kecil biasanya memiliki berat antara 1 gram hingga 10 gram. Jenis emas batangan ini cocok bagi investor yang ingin memulai investasi emas dengan jumlah yang lebih kecil. Keuntungan dari emas batangan ukuran kecil adalah harganya yang terjangkau dan mudah dijual kembali.

 

  • Emas Batangan Ukuran Sedang

Emas batangan ukuran sedang memiliki berat antara 10 gram hingga 100 gram. Jenis emas batangan ini cocok bagi investor yang ingin menginvestasikan jumlah yang lebih besar dan mencari keuntungan jangka menengah.

 

  • Emas Batangan Ukuran Besar 

Emas batangan ukuran besar memiliki berat di atas 100 gram. Jenis emas batangan ini cocok bagi investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang dan memiliki dana yang mencukupi.

 

Perlu dicatat bahwa semakin besar ukuran emas batangan, biasanya semakin rendah premi yang dikenakan. Namun, saat menjual kembali, emas batangan ukuran besar mungkin membutuhkan pasar yang lebih spesifik.

 

Jenis Emas Batangan Berdasarkan Merek

 

Pernah mendengar emas Antam ataupun UBS? Betul, emas-emas batangan biasanya dikeluarkan oleh merek perusahaan emas tertentu. Jangan khawatir, perusahaan ini sudah tersertifikasi oleh pemerintah sehingga aman dan terjamin keasliannya.

 

  • Merek Antam

Antam merupakan salah satu produsen emas batangan terbesar di Indonesia. Emas batangan Antam memiliki sertifikat keaslian dan kualitas yang terjamin. Keunggulan emas batangan Antam adalah mudah diperjualbelikan dan diterima di berbagai institusi keuangan. Selain itu, emas batangan Antam juga memiliki ciri khas berupa logo Antam yang tercetak di setiap batangannya.

 

  • Merek UBS

UBS adalah salah satu bank terkemuka di dunia yang juga menghasilkan emas batangan. Emas batangan UBS terkenal karena kualitas dan keasliannya yang tinggi. UBS juga menawarkan berbagai ukuran emas batangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan investor.

 

  • Merek Lainnya

Selain Antam dan UBS, terdapat juga merek emas batangan lainnya seperti Aneka Tambang (Logam Mulia), PAMP Suisse, dan lain sebagainya. Setiap merek emas batangan memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing yang dapat dipertimbangkan sebelum Anda melakukan investasi.

 

Perbandingan Antara Emas Batangan Antam dan UBS

 

Perbedaan antara emas batangan Antam dan UBS terletak pada merek, sertifikat, keaslian, dan harga. Emas batangan Antam diakui secara luas di Indonesia dan memiliki sertifikat resmi yang membuktikan keasliannya. 

 

Sementara itu, UBS adalah bank internasional terkemuka yang terkenal karena produk-produk investasinya. Emas batangan UBS juga memiliki sertifikat dan kualitas yang tinggi. 

 

Dalam hal ketersediaan, emas batangan Antam mungkin lebih mudah ditemui di Indonesia, sementara emas batangan UBS lebih sering ditemukan di pasar internasional.

 

Baca Juga: Sudah Tahu Logam Mulia? Yuk Kenali Jenis dan Contohnya!

 

Keuntungan Investasi Emas Batangan

 

Investasi dalam emas batangan memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

 

  • Keamanan Investasi

Emas batangan dianggap sebagai salah satu investasi yang aman karena nilainya cenderung stabil dan jarang terpengaruh oleh fluktuasi pasar yang ekstrim.

 

  • Nilai Jangka Panjang

Emas batangan telah terbukti sebagai investasi jangka panjang yang menghasilkan keuntungan yang signifikan. Nilai emas cenderung meningkat seiring berjalannya waktu.

 

  • Diversifikasi Portofolio

Memiliki emas batangan dalam portofolio investasi dapat membantu diversifikasi risiko. Emas cenderung memiliki korelasi invers dengan aset-aset lain, seperti saham dan obligasi, sehingga dapat melindungi nilai investasi Anda saat pasar sedang tidak stabil.

 

Baca Juga: Pentingnya Diversifikasi Investasi untuk Keberhasilan Finansial Anda

 

  • Perlindungan Terhadap Inflasi

Emas batangan juga dianggap sebagai perlindungan terhadap inflasi. Ketika nilai mata uang menurun, harga emas cenderung naik, sehingga nilainya tetap stabil atau bahkan meningkat seiring waktu.

 

Baca Juga: Apa itu Inflasi? Simak Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Mengatasinya

 

Resiko Investasi Emas Batangan

 

Tidak ada investasi yang bebas dari risiko, termasuk investasi dalam emas batangan. Beberapa risiko yang perlu diperhatikan adalah:

 

  • Fluktuasi Harga Emas

Harga emas dapat mengalami fluktuasi harian yang signifikan. Nilai emas dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti permintaan pasar, kondisi ekonomi global, dan kebijakan pemerintah.

 

  • Risiko Kehilangan atau Pencurian

Sebagai bentuk fisik investasi, emas batangan rentan terhadap risiko kehilangan atau pencurian. Oleh karena itu, penting untuk menyimpannya di tempat yang aman, seperti brankas atau safe deposit box.

 

  • Risiko Perubahan Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah terkait peraturan impor, ekspor, atau perpajakan dapat mempengaruhi harga dan ketersediaan emas batangan. Perubahan kebijakan ini dapat mempengaruhi nilai investasi Anda.

 

Baca Juga: Risiko Investasi: Pengertian dan Cara Meminimalisirnya

 

Dalam membeli emas batangan, penting untuk mengenali jenis-jenisnya agar Anda dapat membuat keputusan yang tepat. Emas batangan tersedia dalam berbagai ukuran, seperti ukuran kecil, sedang, dan besar. Selain itu, terdapat juga berbagai merek emas batangan, seperti Antam, UBS, dan merk lainnya. Setiap merk memiliki keunggulan dan keistimewaannya sendiri.

 

Dengan memahami jenis-jenis emas batangan dan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih cerdas. Jadi, pastikan Anda melakukan riset yang mendalam sebelum membeli emas batangan sebagai investasi Anda.

4264 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
385 Suka