31 May 2024
5 menit baca

Apa itu Barbell Strategy dalam Dunia Investasi?

5 menit baca

Apa itu Barbell Strategy dalam Dunia Investasi?

 

Dalam dunia investasi, terdapat berbagai strategi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan potensi keuntungan sekaligus meminimalisir risiko. Salah satu strategi yang menarik perhatian banyak investor adalah barbell strategy. Artikel ini akan membahas apa itu strategi barbel, bagaimana cara kerjanya, kelebihan dan kekurangannya, serta tips untuk menerapkannya dalam portofolio investasi Anda.

 

Pengertian Barbell Strategy

 

Barbell strategy adalah pendekatan investasi yang melibatkan alokasi aset pada dua jenis investasi yang sangat berbeda dalam hal risiko dan potensi keuntungan. 

 

Biasanya, satu ujung dari strategi ini melibatkan investasi pada aset yang sangat konservatif dan aman, seperti obligasi pemerintah atau deposito berjangka. 

 

Ujung lainnya melibatkan investasi pada aset yang sangat spekulatif dan berisiko tinggi, seperti saham teknologi atau startup. Sementara itu, bagian tengah atau aset dengan risiko sedang hampir tidak mendapatkan alokasi.

 

Baca Juga: 30 Ide Bisnis Digital yang Bisa Anda Coba di Tahun 2024

 

Cara Kerja Barbell Strategy

 

Strategi barbel adalah pendekatan investasi yang unik dan efisien, memadukan dua ujung spektrum risiko untuk mencapai keseimbangan optimal antara keamanan dan potensi pertumbuhan. Berikut adalah penjelasan mendetail tentang cara kerjanya.

 

  • Diversifikasi Portofolio yang Ekstrem

Barbell strategy melibatkan pembagian portofolio menjadi dua bagian yang kontras. Satu bagian diinvestasikan pada aset yang sangat aman, sementara bagian lainnya ditempatkan pada aset yang sangat berisiko. Tidak ada alokasi untuk aset dengan risiko sedang. Misalnya, seorang investor mungkin mengalokasikan 80% portofolionya ke obligasi pemerintah dan 20% ke saham startup.

 

  • Kelola Risiko

Dengan menggabungkan aset yang aman dan berisiko tinggi, strategi ini berusaha mengelola risiko secara seimbang. Aset yang aman seperti obligasi pemerintah memberikan perlindungan terhadap modal dan stabilitas, mengurangi risiko keseluruhan portofolio. Di sisi lain, investasi berisiko tinggi, seperti saham teknologi, memberikan potensi keuntungan yang besar, meskipun dengan volatilitas yang lebih tinggi.

 

  • Seimbangkan Keamanan dan Pertumbuhan

Strategi ini memanfaatkan potensi pertumbuhan dari investasi berisiko tinggi tanpa mengorbankan keamanan. Aset aman berfungsi sebagai penyangga, memastikan bahwa portofolio tetap stabil meskipun terjadi penurunan nilai pada aset berisiko. Hal ini memungkinkan investor untuk tetap tenang dan tidak panik saat menghadapi fluktuasi pasar.

 

  • Tawarkan Fleksibilitas

Strategi barbel menawarkan fleksibilitas yang tinggi, memungkinkan investor untuk menyesuaikan alokasi aset berdasarkan perubahan kondisi pasar dan tujuan investasi. Investor dapat dengan mudah menyesuaikan proporsi aset aman dan berisiko sesuai dengan situasi keuangan mereka dan toleransi risiko. Misalnya, dalam kondisi pasar yang sangat volatil, seorang investor mungkin memilih untuk meningkatkan alokasi pada aset aman.

 

Baca Juga: Perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding

 

Kelebihan Barbell Strategy

 

Barbell strategy menawarkan berbagai kelebihan yang bisa dipertimbangkan saat Anda berinvestasi, yakni:

 

  1. Diversifikasi Ekstrem: Strategi barbel memberikan diversifikasi yang ekstrem dengan menggabungkan aset yang sangat aman dan sangat berisiko. Hal ini membantu mengurangi risiko portofolio secara keseluruhan.
  2. Potensi Keuntungan Tinggi: Dengan mengalokasikan sebagian portofolio ke aset berisiko tinggi, investor memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.
  3. Perlindungan Modal: Bagian dari portofolio yang diinvestasikan pada aset aman memberikan perlindungan terhadap modal investasi.
  4. Fleksibilitas: Strategi ini fleksibel dan dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi pasar dan preferensi risiko investor.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

Kekurangan Barbell Strategy

 

Meskipun menawarkan berbagai kelebihan, strategi barbel nyatanya memiliki berbagai kekurangan krusial. Berikut ulasan lengkapnya.

 

  1. Risiko Tinggi: Meskipun strategi ini menawarkan diversifikasi, bagian dari portofolio yang berisiko tinggi tetap rentan terhadap volatilitas dan kerugian besar.
  2. Peluang yang Terlewat: Mengabaikan aset dengan risiko sedang dapat menyebabkan kehilangan peluang investasi yang stabil dan menguntungkan.
  3. Pengelolaan yang Kompleks: Memerlukan pemantauan dan pengelolaan yang lebih intensif karena melibatkan dua jenis aset yang sangat berbeda.

 

Tips Menerapkan Barbel Strategy

 

Strategi barbel, bila digunakan secara benar, mampu memaksimalkan potensi keuntungan sekaligus meminimalisir risiko investasi Anda. Karena itulah, berikut beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan.

 

  1. Kenali Profil Risiko Anda: Sebelum menerapkan strategi ini, sangat penting untuk memahami sejauh mana Anda bersedia mengambil risiko dan berapa banyak modal yang siap Anda pertaruhkan pada investasi berisiko tinggi.
  2. Diversifikasi Aset Aman: Jangan hanya mengandalkan satu jenis aset aman. Diversifikasi investasi pada berbagai obligasi pemerintah, deposito, atau aset safe haven lainnya untuk mengurangi risiko.
  3. Pilih Aset Berisiko dengan Cermat: Lakukan riset mendalam sebelum berinvestasi pada aset berisiko tinggi. Pilih saham atau startup yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi dan dikelola oleh tim yang kompeten.
  4. Monitor dan Rebalancing: Pantau kinerja portofolio secara berkala dan lakukan rebalancing jika diperlukan. Jangan ragu untuk menyesuaikan alokasi aset sesuai dengan perubahan kondisi pasar dan tujuan investasi Anda.
  5. Konsultasi dengan Ahli Keuangan: Jika Anda merasa tidak yakin dalam menerapkan strategi ini, konsultasikan dengan ahli keuangan untuk mendapatkan nasihat yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

 

Studi Kasus Penerapan Barbell Strategy

 

Sebagai contoh, mari kita lihat bagaimana seorang investor dapat menerapkan Strategi Barbell dalam portofolio mereka. Katakanlah seorang investor memiliki modal sebesar Rp1 miliar. Mereka dapat mengalokasikan Rp700 juta ke obligasi pemerintah dan deposito berjangka, sementara Rp300 juta diinvestasikan ke saham teknologi dan startup.

 

Dengan demikian, investor tersebut mendapatkan keamanan dari investasi obligasi dan deposito yang stabil, sambil tetap mengejar pertumbuhan agresif dari saham teknologi dan startup. Jika saham teknologi dan startup mengalami kenaikan nilai yang signifikan, investor akan mendapatkan keuntungan besar tanpa mempertaruhkan seluruh modalnya. Sebaliknya, jika investasi berisiko tinggi tersebut merugi, bagian terbesar dari portofolio tetap terlindungi.

 

Baca Juga: Fluktuasi: Pengertian, Penyebab, & Cara Mengatasinya

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

124 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
19 Suka