11 September 2023
3 menit baca

Kenapa Anda Harus Berinvestasi di Pempek Farina Outlet Gresik dan Malang?

3 menit baca

pempek farina gresik malang

 

Pempek Farina, warung pempek yang populer dengan hidangan khas Palembang, tengah bersiap untuk melebarkan sayapnya. Terbaru, Pempek Farina berencana membuka dua outlet baru di dua kota terbesar di Jawa Timur, yakni Gresik dan Malang. Kedua lokasi ini dipilih dengan cermat, sesuai dengan prinsip manajemen Pempek Farina yang selalu menempatkan lokasi sebagai komponen kunci dalam ekspansi mereka.

 

Sekilas tentang Pempek Farina

 

Pempek Farina didirikan oleh Billy Firmansyah pada tahun 1994 di Surabaya. Saat itu, Billy baru saja lulus SMA dan mencari sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. 

 

Berkat perjuangannya dalam membesarkan usahanya, ia diundang untuk membuka gerai di salah satu pujasera di Surabaya dan memakai nama Pempek 99. Pada tahun 2006, Billy mengubah nama gerai Pempek 99 menjadi Pempek Farina sebagai bentuk penghargaan kepada ibunya yang telah susah payah meracik menu istimewa ini. 

 

Untuk memperluas pasar, Pempek Farina mulai berjualan dengan konsep restoran. Cabang pertama dibuka pada tahun 2009 di Jalan Nginden, Surabaya. Hingga tahun 2023, Pempek Farina telah memiliki lebih dari 20 cabang yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo, Makassar, dan Bali.

 

Baca Juga: Menilik Potensi Keuntungan Gerai Baru Pempek Farina di Gresik dan Malang

 

Pemilihan Lokasi yang Strategis

 

Pemilihan lokasi untuk kedua outlet baru ini harus dilakukan secara cermat dan teliti. Pak Billy, pemilik Pempek Farina, memilih setiap lokasi dengan presisi untuk memastikan kesuksesan outlet baru mereka. 

 

Di Gresik, outlet akan berlokasi di Jl. Jawa No. 18, Randuagung, GKB, Kec. Kebomas. Lokasi ini sudah lama terkenal sebagai pusat kuliner yang berjarak 500 meter dengan Gress Mall Gresik. Mal ini menjadi “rumah” bagi brandbrand terkenal seperti Solaria, Ichiban Sushi, Excelso, Chatime, Mixue, dan lain-lain.

 

Tak hanya itu, Jalan Jawa juga dikelilingi oleh restoran terkenal seperti Resto Bebek Goreng H. Slamet dan Bebek Semangat. Hal ini membuat potensi keuntungan Pempek Farina bertambah besar dan menjanjikan.

 

Sementara itu, di Malang, outlet baru akan berdiri di Jl. Soekarno Hatta No. A4 Kav. B, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru. Kawasan tersebut merupakan pusat kuliner terbesar di kota Malang. Berbagai brand populer berdiri di sini, seperti Pizza Hut Resto, Yoshinoya, Hoka-Hoka Bento, dan sebagainya. 

 

Selain itu, terdapat juga brand lokal yang populer seperti Bakso Cak Man, Bakso Damas, Malang Strudel, Kober Mie Setan, dan lain-lain. Lokasi ini juga strategis karena dekat dengan sekolah dan universitas dengan lalu lintas yang ramai lancar, baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

 

Pengelolaan Biaya yang Terkontrol

 

Keberhasilan Pempek Farina dalam mengelola biaya adalah salah satu faktor kunci kesuksesan mereka. Biaya bahan baku atau HPP (Harga Pokok Penjualan) untuk ketiga outlet mereka berada dalam kisaran sekitar 46% dari omset. 

 

Selain HPP, biaya lainnya juga tetap terjaga dengan baik, seperti yang tercermin dalam laporan laba rugi mereka. Rasio biaya selain HPP hanya berkisar antara 26-28% dari omset, yang menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan bisnis mereka.

 

Salah satu faktor utama yang memungkinkan pengendalian biaya ini adalah kepemilikan Pempek Farina atas pabrik yang memproduksi bahan baku utama mereka. 

 

Dengan demikian, mereka dapat mengelola pasokan bahan baku untuk semua outlet di bawah manajemen mereka sendiri. Hal ini tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga memastikan kualitas bahan baku yang konsisten untuk semua hidangan Pempek Farina.

 

Investasi Saham di Bisnis Pempek Farina Mulai Dari Rp1 Juta

 

Idealnya, jika tertarik untuk berbisnis outlet atau franchise sendiri, seorang investor harus mengeluarkan dana pribadi hingga ratusan juta Rupiah. Tentu saja, tidak semua orang memiliki dana sebesar ini.

 

Misalnya, beberapa sumber menyebut biaya kemitraan franchise Pempek Farina adalah Rp315 juta. Dengan paket tersebut, mitra akan mendapat berbagai fasilitas, seperti penggunaan merek usaha dan kerja sama selama lima tahun, perlengkapan masak lengkap, bahan baku awal, pelatihan, hingga branding.

 

Jika Anda tidak memiliki modal sebanyak itu untuk memiliki satu franchise, jangan khawatir. Anda bisa membeli saham Pempek Farina dengan harga yang murah, yakni minimal Rp1 juta saja melalui skema investasi crowdfunding di Bizhare.

 

Sebelumnya, Pempek Farina juga pernah melakukan listing di Bizhare untuk pembukaan outlet di Surabaya dan Yogyakarta dengan imbal hasil atau return yang memuaskan. Info detail bisnisnya bisa Anda lihat di sini.

 

Nah, agar Anda menikmati keuntungan investasi berupa biaya layanan dan nominal pembelian yang terjangkau, maka Bizhare membuat skema investasi berjenjang. Silakan cek detailnya di bawah, ya!

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis Pempek Farina Outlet Gresik dan Malang

 

Jadi tunggu apalagi, Teman Bizharian, segera raih peluang emas untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan berbisnis Pempek Farina!

569 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
164 Suka