31 March 2024
3 menit baca

5 Cara Mencegah Kebocoran Pribadi, Amankan Data Anda!

3 menit baca

cara mencegah kebocoran data pribadi

 

Dalam era digital seperti sekarang, keamanan informasi pribadi sangatlah penting. Kebocoran informasi pribadi dapat mengakibatkan konsekuensi yang serius, seperti pencurian identitas atau penggunaan data secara tidak sah. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda perlu mengambil langkah-langkah yang tepat dalam mengamankan informasi pribadi Anda secara online. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

 

  • Gunakan Kata Sandi yang Kuat

 

Penting untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan sulit ditebak. Kombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol untuk membuat kata sandi yang lebih aman. Hindari menggunakan informasi pribadi seperti nama atau tanggal lahir dalam kata sandi Anda.

 

  • Jangan Gunakan Informasi Pribadi dalam Kata Sandi

 

Hindari menggunakan informasi pribadi yang mudah ditebak dalam kata sandi Anda. Gunakan kombinasi yang unik dan sulit ditebak untuk setiap akun yang Anda miliki.

 

  • Perbarui Kata Sandi Secara Berkala

 

Rutin mengganti kata sandi Anda dapat membantu mengurangi risiko kebocoran informasi. Buat kebiasaan untuk mengganti kata sandi setiap beberapa bulan sekali, terutama untuk akun yang sensitif seperti akun perbankan atau email.

 

Baca Juga: 7 Cara Cek Kebocoran Data Pribadi

 

  • Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

 

Salah satu cara efektif untuk melindungi akun Anda adalah dengan mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor (2FA). Dengan 2FA, selain memasukkan kata sandi, Anda juga perlu melakukan verifikasi tambahan, seperti kode yang dikirimkan melalui SMS atau menggunakan aplikasi otentikasi. Ini memberikan lapisan keamanan tambahan yang sangat penting dalam melindungi informasi pribadi Anda.

 

  • Hati-hati dengan Email Phishing

 

Phishing adalah upaya penipuan yang mencoba untuk mendapatkan informasi sensitif dari Anda, seperti kata sandi atau informasi kartu kredit, dengan menyamar sebagai lembaga atau perusahaan yang sah. Jangan pernah klik tautan atau lampiran dari email yang mencurigakan. Selalu verifikasi keaslian email tersebut sebelum mengambil tindakan lebih lanjut.

 

  • Periksa Pengaturan Privasi di Media Sosial

 

Media sosial adalah tempat yang potensial untuk kebocoran informasi pribadi. Pastikan untuk memeriksa dan mengatur pengaturan privasi Anda di platform media sosial untuk memastikan bahwa hanya orang yang Anda percayai yang dapat melihat informasi pribadi Anda.

 

  • Gunakan Layanan VPN

 

Virtual Private Network (VPN) adalah layanan yang dapat membantu melindungi informasi pribadi Anda saat browsing internet. Dengan menggunakan VPN, koneksi internet Anda akan dienkripsi, sehingga lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk mengakses informasi Anda. Gunakan VPN terutama saat menggunakan Wi-Fi publik untuk meningkatkan keamanan informasi pribadi Anda.

 

Baca Juga: Waspada Quishing, Phishing Melalui QR Code

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

52 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
10 Suka