16 February 2024
4 menit baca

10 Usaha Sampingan Online yang Bisa Dilakukan di Rumah

4 menit baca

 

Saat ini, banyak orang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan utama mereka. Salah satu yang paling populer adalah dengan melakukan usaha sampingan online. Dengan teknologi yang semakin maju, menjalankan bisnis online tidak lagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Anda bahkan bisa memulainya di rumah dengan modal yang terjangkau.

 

  1.  Usaha Dropshipping

 

Dropshipping adalah salah satu usaha sampingan online yang sedang populer. Konsepnya sangat sederhana, yaitu menjual produk tanpa harus membeli dan menyimpan stok barang terlebih dahulu. Dalam bisnis dropshipping, Anda hanya perlu mencari supplier yang bersedia mengirimkan produk langsung ke pelanggan Anda.

 

Untuk memulai bisnis dropshipping, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan, antara lain mencari produk yang laku di pasaran, menentukan harga yang kompetitif, mencari supplier yang tepercaya, dan mempromosikan produk Anda dengan efektif.

 

  1.  Affiliate Marketing

 

Affiliate marketing adalah usaha sampingan online yang bisa dilakukan tanpa harus memiliki produk sendiri. Konsepnya adalah mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi setiap kali ada orang yang membeli produk tersebut melalui tautan afiliasi Anda.

 

Untuk memulai bisnis affiliate marketing, Anda perlu mencari produk yang relevan dengan niche Anda, mendaftar ke program afiliasi, mempromosikan produk dengan efektif, dan membangun reputasi sebagai seorang affiliate marketer yang tepercaya.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

  1. Freelancer Writer

 

Anda suka menulis? Nah, Anda bisa menjadikan hobi ini sebagai ladang uang dengan menjadi freelance writer. Menulis lepas menjadi bisnis yang cukup menjanjikan terutama untuk para mahasiswa. Jika beruntung, karya Anda bisa terkenal dan mendapat exposure dari publik.

 

Selain itu, tidak hanya blog, kegiatan tulis-menulis ini juga bisa disalurkan ke beberapa bidang lain seperti jasa penulisan untuk majalah dan artikel. Bahkan, kini banyak perusahaan yang mencari jasa penulisan dengan menggunakan teknik SEO. Bayarannya cukup mahal, loh!

 

  1. Online Teaching

 

Online teaching atau bimbingan online menjadi semakin populer belakangan ini. Alasannya karena kepraktisan dan fleksibilitas yang dimilikinya. Seorang tutor tidak perlu pergi ke tempat mengajar jauh-jauh karena bisa dilakukan daring. Ada beberapa jenis bimbingan online, seperti tutoring, coaching, dan kursus privat.

 

Usaha sampingan online ini cocok untuk karyawan dan mahasiswa yang butuh penghasilan tambahan. Sebelum memulainya, Anda perlu menentukan niche atau bidang yang diajarkan, rencana dan materi pembelajaran yang informatif, hingga mempromosikan layanan Anda dengan efektif.

 

  1. Content Creator

 

Punya passion di dunia kreatif dan suka tampil di depan kamera? Anda bisa mencoba menjadi content creator untuk berbagai media sosial, mulai dari Instagram, TikTok, hingga YouTube. Penghasilan yang didapat sangat bergantung pada viewers konten, adsense, hingga endorsement produk.

 

Usaha sampingan online ini bisa dilakukan di mana saja, mulai dari rumah, sekolah, hingga public space. Anda bebas mau memulainya dari mana, entah mereview barang, membuat tips dan trik, atau unjuk bakat seperti cover lagu. Intinya, jadilah content creator yang orisinal dan kreatif agar banyak penonton.

 

  1. Translator atau Penerjemah Bahasa Asing

 

Menjadi translator atau penerjemah bahasa asing sangat cocok digeluti orang-orang yang sudah memiliki keahlian khusus dalam bidang bahasa. Usaha sampingan online ini bisa dilakukan mahasiswa atau lulusan sarjana bahasa asing sebelum mendapat pekerjaan tetap.

 

Jangan salah, fee yang didapat dari pekerjaan online translator cukup tinggi, loh. Anda bisa memulai pekerjaan ini dengan menerjemahkan artikel penelitian atau ikut dalam freelance project. Jika dilakukan dengan konsisten, bukan tidak mungkin Anda akan punya nama dan bahkan direkrut oleh perusahaan bergengsi.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Sampingan yang Paling Cuan di Tahun 2024

 

  1. Virtual Assistant

 

Sebagai seorang virtual assistant, Anda akan membantu orang atau bisnis dalam menyelesaikan tugas-tugas administratif atau operasional. Berbagai tugas tersebut bisa berupa pengaturan jadwal, penulisan email, atau pengelolaan data.

 

Untuk memulai bisnis virtual assistant, Anda perlu menentukan jenis layanan yang ingin ditawarkan. Selain itu, Anda juga harus menentukan harga yang kompetitif, mencari klien yang potensial, hingga membangun reputasi sebagai seorang virtual assistant yang handal dan efisien.

 

  1. Jasa Desain Grafis

 

Usaha sampingan online lainnya yang bisa dilakukan dari rumah adalah jasa desain grafis. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang berkuliah di jurusan DKV atau siapapun yang tertarik mendalami dunia desain. 

 

Bidang usaha ini cukup tinggi permintaannya, apalagi di era modern yang serba visual seperti sekarang. Tak heran, fee yang dipatok biasanya tinggi dan menjanjikan. Jika tertarik, mulailah menerima proyek-proyek dan menjadi freelance graphic designer. Kesempatan ini bisa menjadi batu loncatan sebelum turun ke dunia kerja.

 

  1. Usaha Reseller

 

Kerja sampingan online untuk pelajar atau mahasiswa yang tak kalah seru adalah menjadi reseller produk. Di sini, Anda bisa membeli barang dari suatu distributor atau supplier dengan harga yang relatif lebih murah, kemudian menjualnya kembali dengan menaikkan harga produk secara wajar.

 

Nah, penjualan produk kembali inilah yang akan memberikan reseller keuntungan. Pekerjaan ini pun bisa dilakukan di rumah sehingga lebih simple. Yang perlu Anda lakukan adalah melihat tren pasar terhadap produk yang dijual agar tidak flop.

 

  1. Investasi Franchise Modal 10 Juta di Bizhare

 

Tahukah jika Anda bisa memiliki franchise secara online? Betul! Dengan berinvestasi melalui platform securities crowdfunding Bizhare, Anda sudah memiliki franchise impian dengan modal mulai dari Rp10 juta saja. Tinggal install aplikasinya di HP, isi biodata diri, lalu tinggal investasikan dana ke franchise pilihan Anda.

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Crowdfunding sendiri merupakan sistem di mana para investor dapat memberikan dukungan keuangan untuk sebuah proyek atau bisnis melalui internet secara patungan. Tak heran, banyak yang memilih skema investasi tersebut karena tak perlu mengeluarkan modal besar. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis franchise pilihan Anda mulai dari Rp10 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Itulah ide referensi usaha sampingan online yang bisa dicoba. Ingat, Anda perlu konsisten dan efektif dalam mengelola bisnis agar sukses. Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan minat dan keterampilan. Jangan lupa, manfaatkan berbagai platform online yang ada untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses!

6086 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
471 Suka