21 April 2023
3 menit baca

Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Langkah-Langkahnya

3 menit baca

 

Apakah Anda memiliki bisnis yang perlu ditingkatkan dalam hal penjualan dan pemasaran? Jika ya, maka riset pemasaran adalah kunci untuk mencapai tujuan tersebut. Dalam artikel ini, Bizhare akan membahas lebih dalam tentang riset pemasaran dan strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis Anda.

 

Apa Itu Riset Pemasaran?

 

Riset pemasaran adalah proses pengumpulan dan analisis data yang dilakukan untuk memahami pasar dan konsumen yang ditargetkan. Riset ini membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan tentang produk atau jasa apa yang harus ditawarkan, cara memasarkan produk atau jasa tersebut, dan siapa yang harus menjadi target pasar.

 

Dalam konteks bisnis, riset pemasaran menjadi sangat penting sebagai upaya untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi risiko kerugian. Riset ini dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pasar dan konsumen.

 

Baca Juga: 7 Cara Menarik Konsumen Baru untuk Naikkan Omzet Penjualan Anda!

 

Tujuan Riset Pemasaran

 

Sebuah riset dalam sistem pemasaran dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efektif. Berikut adalah empat tujuan utama riset pemasaran!

 

  • Evaluating

Tujuan pertama dari riset pemasaran adalah untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan sebelumnya. Evaluating juga berguna untuk mengevaluasi posisi merek dengan membandingkannya dengan produk pesaing. Dalam rangka mencapai tujuan ini, sebuah riset harus memperhatikan elemen-elemen kunci dari strategi bisnis pemasaran.

 

  • Understanding

Tujuan riset dalam sistem pemasaran selanjutnya adalah untuk memahami konsumen lebih dalam. Perusahaan harus memperhatikan kebutuhan konsumen untuk menciptakan produk yang tepat. Riset ini harus memperhatikan perilaku konsumen, preferensi, kebiasaan, dan keluhan yang berkaitan dengan produk.

 

  • Predicting

Kemampuan untuk memprediksi pasar jadi salah satu tujuan riset selanjutnya. Perusahaan harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasar untuk mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Namun, prediksi pasar merupakan tugas yang rumit karena dunia penuh dengan ketidakpastian. Risiko yang mungkin terjadi harus selalu dihitung.

 

  • Predicting

Tujuan terakhir dari riset pemasaran adalah untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan dengan baik. Risiko harus diidentifikasi dan diatasi untuk meminimalkan kerugian. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam pengendalian meliputi posisi produk di pasar, tren pasar, efektivitas alat pemasaran, dan sebagainya.

 

Jenis-jenis Riset Pemasaran

 

Ada empat jenis riset pemasaran yang paling sering digunakan dalam berbagai perusahaan. Berikut daftarnya!

 

  • Riset Pasar: Membantu memahami pasar secara umum, seperti ukuran pasar, pertumbuhan pasar, dan tren pasar.
  • Riset Konsumen: Membantu memahami perilaku konsumen, preferensi, dan kebutuhan.
  • Riset Produk: Membantu memahami produk atau jasa yang sedang dijual, seperti kualitas, harga, dan fitur yang disukai.
  • Riset Kompetitor: Membantu memahami persaingan dengan kompetitor, seperti kekuatan dan kelemahan mereka, strategi pemasaran, dan produk yang ditawarkan.

 

Langkah-langkah dalam Riset Pemasaran

 

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan dalam melakukan riset pemasaran. Ingin tahu seperti apa proses di dalamnya? Berikut ulasan lengkapnya!

 

  1. Menentukan tujuan riset: Anda harus menentukan tujuan riset pemasaran, seperti memahami perilaku konsumen atau meningkatkan penjualan.
  2. Menentukan metode riset: Ada berbagai metode riset pemasaran yang tersedia, seperti survei online, wawancara, atau focus group discussion (FGD).
  3. Mengumpulkan data: Setelah menentukan metode riset, Anda harus mengumpulkan data dari sumber yang relevan.
  4. Menganalisis data: Setelah mengumpulkan data, Anda harus menganalisisnya untuk mendapatkan wawasan yang bermanfaat.
  5. Mengambil tindakan: Berdasarkan hasil analisis, Anda harus mengambil tindakan yang sesuai, seperti mengembangkan produk baru atau meningkatkan strategi pemasaran.

 

Manfaat Riset Pemasaran

 

Riset pemasaran membawa banyak sekali manfaat bagi perusahaan yang menyelenggarakannya. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Memahami Konsumen

Riset pemasaran membantu Anda memahami perilaku konsumen, preferensi, dan kebutuhan. Dengan memahami konsumen Anda dengan lebih baik, Anda dapat mengembangkan produk yang lebih baik.

 

  • Mengembangkan Produk Tepat Sasaran

Setelah memahami konsumen, Anda dapat mengembangkan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan begitu, produk atau jasa yang ditawarkan lebih mudah diterima oleh konsumen.

 

  • Menetapkan Harga yang Tepat 

Riset dalam sistem pemasaran juga membantu Anda menentukan harga yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan menetapkan harga yang sesuai, Anda dapat menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

 

  • Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif

Riset dalam sistem pemasaran dapat membantu memahami strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan demikian, produk atau jasa yang ditawarkan dapat dikenal oleh masyarakat secara lebih luas dan meningkatkan kesadaran merek.

 

  • Meningkatkan Kualitas Produk atau Jasa 

Riset dalam sistem pemasaran mampu menemukan kelemahan dalam produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk atau jasa, Anda dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan konsumen baru.

 

Baca Juga: 10 Prinsip Etika Bisnis, Wajib Diketahui Seorang Pengusaha Sukses!

 

Dalam dunia bisnis, peran riset pemasaran sangat krusial karena mampu meningkatkan penjualan dan memahami konsumen yang ditargetkan. Dalam melakukan riset pemasaran, Anda harus menentukan tujuan riset, metode riset yang akan digunakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengambil tindakan. 

 

Dengan strategi yang tepat, riset pemasaran dapat membantu Anda mengembangkan produk atau jasa yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selamat mencoba!

3870 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
549 Suka