09 August 2023
3 menit baca

7 Cara Menarik Konsumen Baru untuk Naikkan Omset Penjualan Anda!

3 menit baca

 

Cara menarik konsumen baru dan mempertahankan pelanggan setia memang cukup tricky. Namun, jika Anda tahu strateginya, omset penjualan produk Anda bisa naik secara drastis. Berikut rahasia cara memikat pelanggan dalam berdagang, baik offline maupun online!

 

  • Membangun Brand Awareness

 

Cara menarik dan memikat konsumen baru pertama adalah membangun brand awareness. Di era digital ini, penggunaan media sosial menjadi cara efektif dalam meningkatkan brand awareness. Dengan mengoptimalkan profil bisnis Anda, peluang untuk bisa terhubung secara langsung dengan konsumen makin besar.

 

Dengan strategi membangun brand image yang bagus, Anda berpeluang menciptakan loyalitas brand. Ketika brand awareness dan loyalitas brand sudah terbangun optimal, Anda akan mudah mendapatkan pelanggan setia. Outputnya, omset Anda meningkat.

 

Baca Juga: 10 Cara Menarik dan Meyakinkan Investor, Langsung Dapat Modal!

 

  • Lakukan Analisis Pasar Konsumen

 

Untuk menciptakan brand awareness yang kuat, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak diraih. Maka dari itu, Anda bisa melakukan analisis pasar secara intens dan detail. Anda juga bisa menggunakan buyer persona untuk mengetahui target pasar secara mendalam. 

 

Buyer persona merupakan orang fiktif yang sengaja diciptakan dengan karakteristik tertentu sebagai target konsumen. Nah, setelah memahami konsep ini, selanjutnya Anda bisa membuat perencanaan marketing yang baik.

 

  • Buat Konten Menarik

 

Salah satu cara menarik pelanggan baru yang efektif adalah membuat konten menarik di situs atau media sosial. Cara ini terbukti sangat efektif menaikkan brand awareness dan menciptakan gelombang konsumen baru. 

 

Tujuan utama dari pembuatan konten adalah untuk memposisikan merek Anda di pasar. Tidak hanya menarik click, comment, ataupun likes saja, tetapi cuma dapat menciptakan brand loyalty dan kepercayaan konsumen.

 

Maka dari itu, buatlah konten yang relevan dengan bisnis Anda. Jika butuh referensi, coba kaitkan dengan isu atau fenomena sosial yang sedang terjadi saat ini. Pastikan konten tersebut memiliki value bagi pelanggan. Bahkan, sebuah konten bisa berhasil ketika pertanyaan atau permasalahan konsumen terjawab dengan menggunakan produk Anda.

 

  • Tawarkan Diskon dan Promo Khusus

 

Untuk menarik lebih banyak pelanggan dan menghasilkan keuntungan usaha yang lebih besar, Anda bisa coba menawarkan diskon maupun jenis promo lainnya kepada target pasar. Terbukti dengan memberikan potongan harga, gratis ongkos kirim, hingga cashback, makin banyak pelanggan yang tertarik membeli produk Anda.

 

Cara seperti ini juga dinilai cukup ampuh untuk menarik pelanggan yang belum pernah mendengar nama produk Anda. Akan lebih spesial lagi jika Anda juga memberi diskon hari ulang tahun ataupun program loyalitas khusus pelanggan lama.

 

Contoh konkrit program loyalitas ini sudah dilakukan oleh platform securities crowdfunding Bizhare. Melalui Bizhare Loyalty Program (BLP), para investor bisa mendapat promo menarik saat berinvestasi melalui aplikasi Bizhare. Untuk info selengkapnya, silakan baca di tautan ini

 

  • Manfaatkan Rating Online dan Review Pelanggan

 

Biasanya sebelum melakukan pembelian, seorang konsumen akan melihat peringkat dan review produk dari orang lain terlebih dahulu. Maka dari itu, pastikan Anda memantau situs atau media sosial milik Anda.

 

Nantinya, Anda juga harus menanggapi keluhan apapun. Selain itu, bisnis Anda juga akan diuntungkan apabila memiliki banyak review positif dari para pelanggan. Jadi, manfaatkan ini untuk menjaring lebih banyak pelanggan.

 

  • Hubungi Kembali Pelanggan Lama

 

Cara menarik konsumen berikutnya adalah dengan menghubungi pelanggan lama. Anda bisa melihat daftar kontak konsumen lama yang sudah lama tidak membeli produk ataupun berbisnis dengan Anda. 

 

Tentu saja, jangan terlalu sering melakukan ini karena bisa membuat konsumen jengkel dan terganggu. Maka, buatlah jadwal reguler minimal 2 bulan sekali untuk untuk menghubungi pelanggan yang sudah enam bulan tidak melakukan pembelian. 

 

Anda bisa menghubungi konsumen-konsumen tersebut melalui email, SMS, atau telepon. Selain itu, cobalah untuk menawarkan berbagai promosi dan diskon supaya mereka kembali membeli produk Anda.

 

Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

 

  • Cari Mitra Bisnis

 

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk menjalin hubungan bisnis dengan mitra yang memiliki basis pelanggan serupa. Ini bisa menjadi salah satu cara menarik pelanggan agar tertarik dengan produk ataupun bisnis kamu.

 

Nah, pastikan mitra yang terkait bukan merupakan kompetitor Anda. Basis pelanggan yang serupa ini bisa dijadikan sebagai bisnis pelengkap sehingga dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih tepat.

 

Misalnya, jika Anda menjual produk kopi, bekerja sama dengan bisnis yang menjual produk susu pasti akan menjadi kemitraan yang baik. Lakukanlah hal yang serupa sesuai dengan jenis bisnis Anda. Dengan demikian, baik Anda maupun mitra bisnis bisa mendapat lebih banyak penjualan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

Demikianlah saran untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan pelanggan setia. Yuk, segera terapkan cara menarik pelanggan di atas agar omset penjualan Anda bisa meningkat pesat!

 

2898 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
331 Suka