24 April 2024
3 menit baca

Piutang Usaha: Pengertian & Tips Mengelolanya

3 menit baca

piutang usaha adalah

 

Piutang usaha adalah hal yang umum dalam dunia bisnis. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, piutang usaha dapat menjadi beban bagi perusahaan. Untuk itu, penting bagi setiap bisnis untuk memahami dan mengelola piutang usaha dengan efektif. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang pengertian piutang usaha, jenis, hingga contohnya dalam kehidupan berbisnis.

 

Pengertian Piutang Usaha

 

Piutang usaha adalah jumlah uang yang harus diterima oleh perusahaan dari penjualan barang atau jasa kepada pelanggan, namun belum dibayar oleh pelanggan tersebut. Dalam hal ini, perusahaan memberikan kredit kepada pelanggan untuk membayar barang atau jasa yang telah diterima.

 

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), piutang adalah tagihan uang perusahaan kepada para pelanggan yang diharapkan akan dilunasi dalam waktu paling lama satu tahun sejak tanggal keluarnya tagihan.

 

Dalam akuntansi, piutang usaha atau dagang merupakan salah satu aktiva lancar dalam neraca perusahaan. Piutang ini timbul akibat penjualan barang dan/atau jasa secara kredit, atau pemberian kredit kepada konsumen dengan metode pembayaran secara kredit/tempo. 

 

Menurut Pajak Online, piutang usaha bisa diartikan sebagai tunggakan atas pembelian kredit oleh lawan transaksi. Jika piutang usaha dapat ditagih dalam jangka waktu satu tahun, dapat dikategorikan ke dalam aktiva lancar. Namun jika piutang tersebut tidak dapat ditagih dalam jangka waktu satu tahun, akan dikategorikan ke dalam aktiva tidak lancar.

 

Baca Juga: 10 Cara Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan agar Tetap Stabil

 

Pentingnya Pengelolaan Piutang Usaha

 

Pengelolaan piutang usaha yang baik sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Beberapa alasan mengapa pengelolaan piutang usaha penting antara lain:

 

  1. Menghindari Risiko Pembayaran Tidak Lancar: Dengan mengelola piutang usaha secara efektif, perusahaan dapat mengurangi risiko tidak tertagihnya piutang oleh pelanggan.
  2. Mempercepat Aliran Kas: Dengan mengelola piutang usaha dengan baik, perusahaan dapat mempercepat aliran kas dan meningkatkan likuiditasnya.
  3. Meningkatkan Profitabilitas: Dengan mengurangi risiko tidak tertagihnya piutang, perusahaan dapat meningkatkan profitabilitasnya.

 

Tips Mengelola Piutang Usaha dengan Efektif

 

Mengelola piutang usaha dengan efektif adalah langkah penting dalam menjaga keuangan perusahaan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola piutang usaha dengan lebih baik.

 

  1. Penetapan Kebijakan Kredit yang Tepat: Tentukan kebijakan kredit yang sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan dan kemampuan pelanggan untuk membayar.
  2. Pantau Piutang secara Berkala: Selalu pantau piutang usaha secara berkala untuk mengidentifikasi piutang yang sudah jatuh tempo dan segera ambil langkah penagihan.
  3. Lakukan Penagihan yang Tepat Waktu: Lakukan penagihan secara tepat waktu sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati dengan pelanggan.
  4. Gunakan Sistem Informasi Manajemen: Manfaatkan sistem informasi manajemen untuk memantau dan mengelola piutang usaha dengan lebih efisien.
  5. Berikan Diskon untuk Pembayaran Tepat Waktu: Berikan insentif berupa diskon bagi pelanggan yang melakukan pembayaran tepat waktu atau lebih cepat dari jatuh tempo.
  6. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan: Jalin hubungan baik dengan pelanggan untuk memudahkan proses penagihan dan membantu menyelesaikan masalah pembayaran.
  7. Lakukan Analisis Kredit Pelanggan: Lakukan analisis kredit secara berkala untuk mengetahui kemampuan pembayaran pelanggan dan menghindari risiko piutang macet.
  8. Sediakan Cadangan Kerugian Piutang: Sediakan cadangan kerugian piutang untuk mengantisipasi kemungkinan kerugian akibat piutang yang tidak tertagih.

 

Baca Juga: Mengenal Instrumen Investasi, Jangka Waktu, Hingga Jenis-Jenisnya

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

196 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
32 Suka