07 February 2024
4 menit baca

10 Cara Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan agar Tetap Stabil

4 menit baca

cara mengelola keuangan bisnis

 

Dalam mengelola sebuah bisnis atau perusahaan, pengaturan keuangan yang baik sangat penting untuk menjaga stabilitas dan kelangsungan operasional. Berikut daftar cara praktis untuk mengelola keuangan bisnis atau perusahaan agar tetap stabil. 

 

  • Membuat Rencana Keuangan yang Jelas

 

Sebelum memulai aktivitas bisnis atau operasional perusahaan, sangat penting untuk memiliki rencana keuangan yang jelas. Rencana ini harus mencakup proyeksi pendapatan, pengeluaran, dan investasi yang akan dilakukan. 

 

Dengan memiliki rencana yang baik, Anda dapat mengatur sumber daya keuangan dengan efisien. Tak hanya itu, dengan mengaplikasikan cara mengelola keuangan bisnis yang baik, Anda bisa terhindar dari keputusan impulsif.

 

  • Memisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

 

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik bisnis adalah mencampuradukkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Penting untuk memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis Anda dan menggunakan sistem akuntansi yang memisahkan transaksi bisnis dan pribadi. Ini akan membantu Anda melacak pendapatan dan pengeluaran dengan lebih baik, serta mempermudah proses perpajakan.

 

Baca Juga: Laporan Keuangan Perusahaan: Manfaat, Jenis, dan Unsurnya

 

  • Memonitor Pendapatan dan Pengeluaran Secara Berkala

 

Agar dapat mengelola keuangan dengan efektif, Anda perlu memantau pendapatan dan pengeluaran bisnis atau perusahaan secara teratur. Buatlah laporan keuangan yang rutin untuk mengetahui kesehatan keuangan Anda. 

 

Dengan memantau secara berkala, Anda dapat mengidentifikasi tren, mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu, dan mengambil tindakan yang tepat jika ada perubahan yang perlu dilakukan.

 

  • Membuat Anggaran yang Realistis

 

Anggaran merupakan alat penting dalam mengelola keuangan bisnis atau perusahaan. Buatlah anggaran yang realistis berdasarkan proyeksi pendapatan dan pengeluaran yang telah Anda buat sebelumnya. 

 

Tentukan alokasi dana untuk setiap kegiatan bisnis dan tetap berpegang pada anggaran tersebut. Hal ini akan membantu Anda mengendalikan pengeluaran dan menghindari pemborosan yang tidak perlu.

 

Baca Juga: Budgeting: Tips dan Trik untuk Mengelola Uang dengan Baik

 

  • Menjaga Arus Kas yang Sehat

 

Arus kas yang sehat adalah salah satu indikator penting dalam mengukur keberhasilan keuangan bisnis atau perusahaan. Pastikan bahwa pendapatan yang masuk lebih besar daripada pengeluaran yang keluar. 

 

Jika arus kas negatif terjadi, Anda perlu mencari solusi seperti mengurangi biaya operasional atau meningkatkan pendapatan. Tujuannya agar arus kas tetap stabil.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Arus Kas Bisnis Beserta Contohnya

 

  • Membangun Dana Cadangan

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis atau perusahaan selalu menghadapi risiko dan ketidakpastian. Oleh karena itu, penting untuk membangun dana cadangan yang cukup sebagai penanggulangan keadaan darurat. 

 

Dana cadangan ini dapat digunakan untuk mengatasi situasi yang tidak terduga seperti penurunan pendapatan atau biaya tak terduga. Dengan memiliki dana cadangan, Anda dapat mengurangi tekanan keuangan dan menjaga kelancaran bisnis atau perusahaan.

 

  • Mengelola Utang dengan Bijak

 

Utang dapat menjadi alat yang bermanfaat dalam mengembangkan bisnis atau perusahaan, namun, harus dikelola dengan bijak. Pastikan untuk membayar utang tepat waktu dan menghindari akumulasi utang yang berlebihan. 

 

Selalu pertimbangkan tingkat bunga, jangka waktu, dan kemampuan untuk melunasi utang sebelum mengambil keputusan. Pengelolaan utang yang baik akan membantu menjaga keseimbangan keuangan dan menghindari risiko kebangkrutan.

 

  • Mengadopsi Teknologi Keuangan

 

Teknologi telah membawa perubahan besar dalam cara bisnis atau perusahaan mengelola keuangan mereka. Manfaatkan kemajuan teknologi keuangan seperti perangkat lunak akuntansi, pembayaran digital, dan aplikasi manajemen keuangan untuk mempermudah proses dan meningkatkan efisiensi. 

 

Dengan adopsi teknologi yang tepat, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga serta mengurangi risiko kesalahan manusia. Outputnya, potensi keuntungan yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

 

  • Menggunakan Analisis Keuangan

 

Analisis keuangan adalah alat penting dalam pengambilan keputusan bisnis yang cerdas. Dengan menganalisis data keuangan Anda, Anda dapat mengidentifikasi tren, mengukur kinerja bisnis, dan mengevaluasi keberhasilan strategi keuangan yang telah Anda terapkan. 

 

Gunakan metode analisis keuangan seperti rasio keuangan, analisis laba rugi, dan analisis arus kas untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang keuangan bisnis atau perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Peran Konsultan Bisnis untuk Pengembangan Bisnis

 

  • Investasikan Dana Perusahaan Anda di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Demikian ulasan Bizhare mengenai cara mengelola keuangan bisnis atau perusahaan. Metode di atas menjadi tugas yang penting bagi setiap stakeholders dan membutuhkan perhatian yang baik. Dengan praktik yang baik, bisnis atau perusahaan Anda akan tetap stabil dan siap menghadapi tantangan masa depan.

1339 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
245 Suka