24 June 2023
5 menit baca

Perbedaan Branding dan Marketing untuk Perkembangan Bisnis, Wajib Anda Tahu!

5 menit baca

perbedaan branding dan marketing

 

Proses branding dan marketing dilakukan oleh para pelaku bisnis untuk membangun merek atau identitas bisnis mereka. Tahapan ini dilakukan dengan membangun strategi pemasaran yang efektif agar meningkatkan pertumbuhan penjualan. Lalu, apa perbedaan branding dan marketing meski keduanya sama-sama bertujuan untuk meraih target bisnis? 

 

Apa Itu Branding?

 

Branding adalah proses menciptakan dan membangun identitas suatu merek atau produk. Hal ini bertujuan untuk meraih reputasi atau citra merek sehingga tercipta kesadaran merek (brand awareness) di kalangan konsumen.

 

Brand atau merek adalah identitas bisnis Anda, sehingga, Anda harus bisa memperkenalkan apa saja nilai dan pesan yang bisa Anda sampaikan kepada pelanggan melalui merek bisnis yang dibangun.

 

Proses ini dilakukan untuk memperkuat brand, sehingga pelanggan mampu membedakan brand atau produk Anda dengan pesaing dan menambahkan nilai atau value pada brand. Hal ini akan berdampak baik pada pertumbuhan penjualan.

 

Baca Juga: Apa Itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengembangkannya

 

Manfaat Melakukan Branding

 

Melakukan branding menjadi salah satu proses yang krusial yang harus dilakukan dalam mengembangkan bisnis. Berikut beberapa manfaat yang Anda peroleh saat melakukan branding pada bisnis Anda.

 

  • Menciptakan Kesadaran Merek

Menciptakan kesadaran merek atau brand awareness publik adalah hasil utama yang biasanya didapatkan dari proses branding bagi bisnis atau perusahaan. 

 

Dengan menciptakan kesadaran merek, konsumen akan mengetahui dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Ketika pelanggan sudah menyadari bahwa bisnis Anda eksis di pasaran, akan ada kemungkinan bagi mereka untuk memilih merek dan produk Anda dibanding produk dari pesaing.

 

  • Membangun Citra Positif

Ketika terciptanya kesadaran merek di kalangan masyarakat, Anda tentu ingin mempertahankan hal tersebut sehingga mereka mempercayai merek Anda. 

 

Membangun kepercayaan konsumen dilakukan dengan menciptakan citra positif pada merek. Apa saja nilai yang bisa Anda tawarkan pada produk dan layanan, keunikan merek dibanding kompetitor, hingga menciptakan identitas merek yang beresonansi dengan pelanggan.

 

  • Membedakan Bisnis Anda dengan Pesaing

Setelah kesadaran merek dan citra positif terbentuk, pelanggan akan bisa melihat perbedaan bisnis Anda dengan pesaing. Terutama jika bisnis memiliki keunikan pada nilai produk dan identitas brand, maka perusahaan Anda akan lebih menonjol dan menjadi lebih mudah diingat. Hal ini akan membantu melebarkan peluang dalam memenangkan persaingan pasar.

 

  • Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan

Proses branding yang berhasil dan dilakukan secara konsisten akan menciptakan citra merek dan identitas yang kuat, sehingga berhasil menonjol di antara kompetitor. Hal ini akan bermanfaat pada pertumbuhan penjualan produk atau layanan, sehingga keuntungan pun meningkat.

 

  • Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Ketika branding yang dilakukan sudah cukup kuat, Anda akan memiliki pelanggan potensial yang bersedia melakukan transaksi dan pembelian pada bisnis Anda. 

 

Jika pelanggan yang datang merasa puas dengan produk dan layanan, mereka akan cenderung loyal dan melakukan transaksi secara konsisten hingga merekomendasikan bisnis Anda. 

 

Untuk mendapatkan dan mempertahankan loyalitas ini, Anda perlu menjaga hubungan baik dengan konsumen dan mampu memberikan pelayanan maksimal.

 

Baca Juga: Brand Identity: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

 

Cara Melakukan Branding untuk Membangun Bisnis

 

Brand atau merek adalah identitas bisnis Anda. Identitas ini dibangun melalui citra merek atau brand image, brand value, memiliki visi misi dan tujuan yang ingin dicapai, hingga menjaga kualitas produk atau layanan untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Untuk itu, Anda bisa mengenali beberapa tahapan berikut untuk dapat membangun branding yang efektif.

 

  • Menentukan brand value

Membangun bisnis dengan branding yang efektif dapat dimulai dengan menentukan nilai dasar dari merek, produk, dan layanan. Tentukan nilai-nilai yang dianggap penting oleh perusahaan Anda.  Apakah itu dengan menghasilkan produk yang ramah lingkungan atau pelayanan yang sangat ramah bagi konsumen.

 

  • Menentukan misi dan tujuan

Anda dapat menentukan hasil apa yang ingin dicapai oleh brand atau bisnis yang Anda bangun. Saat sudah mengetahui apa saja tujuan dan misi yang ingin diraih, Anda akan dengan mudah menguraikan kebutuhan dan strategi yang baik dalam membangun dan mengembangkan brand Anda.

 

  • Menciptakan identitas merek yang kuat

Ketika nilai dan tujuan sudah terbentuk, langkah berikutnya adalah menentukan identitas merek. Personaliti apa yang dimiliki oleh brand, perasaan seperti apa yang ingin disampaikan pada konsumen melalui brand, bagaimana cara brand berbicara pada konsumen (brand voice), dan bagaimana Anda menggarisbawahi ide-ide penting dalam bisnis Anda. Hal ini nantinya akan memengaruhi elemen visual bisnis seperti logo, warna, tipografi, dan juga elemen non-visual seperti pesan dan bahasa yang digunakan.

 

  • Menjaga Kualitas Produk dan Layanan

Produk dan layanan yang berkualitas akan terus dicari oleh pelanggan, sehingga mampu mempertahankan loyalitas. Pelanggan lebih percaya pada merek yang memang menyediakan produk atau layanan berkualitas. Hal ini akan menjadi salah satu poin yang menguatkan Anda dan membuat bisnis Anda bertahan.

 

  • Membangun Online Presence

Penggunaan media sosial yang tinggi di kalangan publik dan konsumen, dapat menjadi peluang bagi bisnis Anda untuk dikenal. Saat ini, media sosial sudah seperti media yang wajib digunakan oleh para pelaku bisnis agar dapat berinteraksi dengan pelanggan, memperkenalkan produk, membangun merek, dan melakukan promosi serta beragam strategi marketing lainnya.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2023

 

Apa Itu Marketing?

 

Jika branding adalah proses untuk memperkenalkan merek dengan menciptakan kesan dan persepsi positif, maka marketing adalah usaha promosi yang dilakukan untuk membuat publik tertarik pada produk dan layanan.

 

Marketing adalah alat, strategi atau taktik, dan aktivitas yang digunakan oleh brand untuk menyampaikan pesan yang bertujuan memengaruhi target pasar. 

 

Tujuannya adalah agar target pasar melakukan pembelian, sehingga meningkatkan penjualan . Aktivitas marketing mencakup beberapa hal, mulai dari riset, analisis, distribusi, promosi, hingga pengembangan produk.

 

Marketing dapat dilakukan melalui internet dan media sosial, atau bahkan dilakukan secara offline dengan memasang billboard, brosur, selebaran, dan iklan di media.

 

Manfaat Marketing untuk Perkembangan Bisnis

 

Saat melakukan proses marketing, Anda tentu ingin mencapai beberapa target bisnis yang sudah direncanakan. Berikut beberapa hal yang bisa didapatkan dari melakukan marketing dan promosi untuk mencapai target bisnis Anda.

 

  • Mendapatkan perhatian dari target pasar

Ada banyak pilihan strategi pemasaran yang bisa Anda coba untuk dapat bersaing dan menarik perhatian publik. Baik berupa iklan, promosi, viral marketing, influencers marketing, hingga bentuk kerjasama dan kolaborasi tertentu bersama brand partner. 

 

Apabila cara promosi yang dilakukan berhasil dan disukai oleh publik, merek atau bisnis Anda tentu mendapat perhatian yang baik, terutama dari target pasarnya sendiri.

 

  • Memfasilitasi konsumen dengan informasi untuk membantu pengambilan keputusan

Cara ini dapat membantu konsumen untuk mengenali produk atau layanan yang Anda tawarkan. Bagaimana manfaatnya bagi mereka, dan jenis produk atau layanan apa yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan mereka.  Cara ini dapat dilakukan secara online salah satunya dengan memfasilitasi publik menggunakan konten-konten informatif di media sosial.

 

  • Mendorong keputusan pembelian calon konsumen

Setelah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, konsumen biasanya akan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian. Di sinilah fungsi lainnya dari konten dan informasi yang Anda bagikan pada publik atau target pasar. Hal tersebut dapat memengaruhi dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian.

 

Perbedaan Branding dan Marketing

 

Sebelum menggunakan dua strategi ini untuk mencapai tujuan bisnis, Anda perlu memahami bahwa kedua hal ini tentunya memiliki objektif yang berbeda.

 

Marketing akan membantu menarik konsumen dalam jangka pendek dengan pesan dan promosi yang menarik. Sedangkan branding, akan bermanfaat untuk membangun kesan dan persepsi konsumen terhadap brand. Hal ini akan bermanfaat untuk kesuksesan jangka panjang.

 

Persaingan bisnis yang terus meningkat, membutuhkan strategi yang efektif dan berkesinambungan. Peran branding yang dilakukan untuk membangun citra, akan menciptakan kepercayaan dan loyalitas konsumen. 

 

Agar mampu menarik konsumen untuk percaya pada merek, maka dibutuhkan pula strategi marketing yang bisa menciptakan pasar dan meningkatkan penjualan.

 

Itulah informasi mengenai branding dan marketing untuk kebutuhan bisnis beserta manfaat, tujuan, dan cara melakukannya. Keduanya tentu sama-sama efektif untuk tujuan pengembangan bisnis Anda, baik untuk tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Baca Juga: 5 Prinsip Dasar yang Bikin Bisnis Kamu Sukses

 

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk mengembangkan bisnis, selain dengan mengikuti tips di atas, Anda juga bisa mengkonsultasikan kepada lembaga atau konsultan bisnis berpengalaman. Konsultan bisnis akan membantu mempercepat transisi bisnis Anda sehingga memiliki peningkatan kinerja yang substansial dan berkesinambungan.

 

Jika ada permasalahan atau pengembangan yang ingin dilakukan pada bisnis Anda, konsultasikan secara GRATIS bersama MBN Consulting dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

 

Anda dapat berkonsultasi terkait rencana pengembangan dan strategi bisnis mulai dari segi keuangan, legalitas, strategi pemasaran, performa bisnis, hingga sektor kualitas kinerja. 

 

MBN Consulting adalah agensi konsultan dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.

 

Untuk info selengkapnya, silakan klik tombol di bawah ini.

 

MBN Consulting

746 Reads
Author: Bizhare Contributor
171 Suka