27 April 2023
4 menit baca

Brand Identity: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

4 menit baca

 

Setiap bisnis memiliki identitasnya sendiri, mulai dari logo, nama merek, warna, dan bahkan suara merek. Inilah yang disebut brand identity. Jika berhasil menguasai setiap elemen di dalamnya, bisnis Anda terlihat lebih profesional dan konsisten di mata pelanggan. Berikut penjelasan selengkapnya!

 

Pengertian Brand Identity

 

Brand identity adalah elemen visual dan auditif yang mencakup logo, nama merek, warna, tipografi, gaya visual, dan suara merek, di mana semuanya membantu membedakan brand Anda dari pesaing. 

 

Secara garis besar, brand identity mencerminkan nilai-nilai, misi, dan tujuan bisnis Anda. Hal ini membantu menciptakan konsistensi dalam merek atau brand dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh pelanggan.

 

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise Kuliner Terlaris 2023, Cepat Balik Modal!

 

Apakah Brand Identity Itu Penting?

 

Betul, sangat penting. Bahkan, brand identity menjadi salah satu faktor krusial untuk membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang Anda jalankan. Persepsi sendiri sangat penting karena dari sinilah, value perusahaan bisa tersampaikan dengan baik kepada para konsumen. 

 

Tak hanya itu. Dengan brand identity yang efektif, Anda dapat menarik pelanggan baru ke bisnis Anda. Konsumen akan tertarik pada merek yang terlihat profesional dan konsisten. Outputnya, kesadaran merek akan meningkat secara signifikan karena makin banyak orang ingin tahu lebih banyak tentang bisnis yang Anda jalankan.

 

Perbedaan Brand Identity dan Brand Image

 

Masih banyak orang belum bisa membedakan antara brand identity dan brand image. Meskipun sekilas sama, namun sebenarnya keduanya arti yang berbeda. 

 

Brand identity sendiri adalah elemen visual dan auditif yang mencakup logo, warna, tipografi, dan suara merek Anda. Sementara itu, brand image mengacu pada bagaimana pelanggan melihat merek Anda.

 

Bisa disimpulkan, brand identity berfungsi untuk membentuk brand image. Dengan membangun identitas merek yang konsisten, Anda dapat membentuk persepsi yang positif pada pelanggan tentang merek Anda. 

 

Meskipun begitu, brand image juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain, seperti kualitas produk dan layanan, reputasi merek, dan pengalaman pelanggan. Itu sebabnya, pelayanan terhadap konsumen harus menjadi nomor satu.

 

Baca Juga: 7 Ide Bisnis UMKM yang Bisa Jadi Inspirasi Usaha Anda

 

Manfaat Brand Identity

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, identitas brand memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat dari brand identity!

 

  • Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan brand identity yang konsisten dan menarik, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek kepada lebih banyak konsumen. Ketika mereka melihat logo atau elemen visual lain dari merek tersebut, mereka akan lebih mudah mengenali bisnis Anda dan memilih untuk melakukan bisnis dengan Anda.

 

  • Membedakan Diri dari Pesaing

Brand identity membantu bisnis Anda membedakan diri dari berbagai jenis kompetitor. Ketika Anda memiliki identitas brand yang kuat dan konsisten, pelanggan akan lebih mudah mengingat dan mengenali merek Anda daripada merek pesaing.

 

  • Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Brand identity yang konsisten dapat membantu meningkatkan kesetiaan pelanggan. Pelanggan akan merasa lebih terhubung dengan merek Anda jika mereka merasa bahwa merek Anda konsisten dan dapat diandalkan.

 

  • Menarik Pelanggan Baru

Dengan brand identity yang menarik, Anda dapat menarik pelanggan baru ke bisnis Anda. Pelanggan akan tertarik pada merek Anda yang terlihat profesional dan konsisten.

 

  • Meningkatkan Persepsi Merek

Brand identity yang konsisten dan kreatif mampu meningkatkan persepsi pelanggan tentang merek. Pelanggan akan lebih mudah mengingat dan mengenali bisnis Anda, dan mereka akan merasa bahwa merek Anda lebih terpercaya dan berkualitas.

 

Cara Membuat Brand Identity

 

Sekarang, mari kita bahas bagaimana cara membuat brand identity yang efektif untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dijalankan!

 

  • Kenali Pasar dan Pelanggan

Sebelum memulai proses pembuatan brand identity, penting untuk mengenal pasar dan pelanggan Anda. Lakukan riset tentang pasar dan pelanggan Anda, kemudian identifikasi apa yang mereka cari dari merek Anda.

 

  • Tentukan Nilai, Misi, dan Tujuan Bisnis

Identitas sebuah brand harus mencerminkan nilai-nilai, misi, dan tujuan bisnis. Tentukan semuanya itu, dan pastikan bahwa brand identity yang Anda buat mencerminkan hal-hal tersebut secara detail dan rinci.

 

  • Buat Logo yang Kuat

Logo adalah elemen penting dari brand identity. Buat logo yang kuat dan mudah diingat, dan pastikan bahwa logo Anda mencerminkan merek Anda dan bisnis.

 

  • Tentukan Warna dan Tipografi yang Sesuai

Warna dan tipografi juga sangat penting dalam pembuatan identitas brand. Tentukan desain yang sesuai dengan merek Anda secara kreatif dan matang. Pastikan bahwa mereka konsisten digunakan dalam semua aspek bisnis Anda, termasuk logo, situs web, brosur, dan iklan.

 

  • Gunakan Visual yang Menarik

Selain logo, visual lainnya juga dapat membantu membangun brand identity yang kuat. Gunakan gambar, grafik, dan desain yang menarik dan sesuai dengan merek Anda untuk meningkatkan kesan yang diberikan kepada pelanggan.

 

  • Buat Panduan Identitas Merek

Setelah Anda membuat brand identity, buatlah panduan identitas merek yang mengatur penggunaan logo, warna, tipografi, dan visual lainnya. Panduan ini akan membantu memastikan bahwa identitas brand Anda konsisten dan profesional digunakan dalam semua aspek bisnis.

 

  • Gunakan Identitas Brand Secara Konsisten

Yang terakhir dan paling penting adalah menggunakan brand identity secara konsisten dalam semua aspek bisnis Anda. Pastikan bahwa identitas brand tersebut digunakan dengan konsisten dalam semua materi pemasaran, situs web, dan produk atau layanan Anda.

 

Baca Juga: Apa Perbedaan Investasi dan Spekulasi? Ini Ciri-Ciri dan Contohnya!

 

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki brand identity yang kuat dan konsisten dapat membantu bisnis Anda untuk membedakan diri dari pesaing dan meningkatkan kesadaran merek. 

 

Itu sebabnya, agar efektif dan sukses, pelajari dan dalami nilai-nilai, misi, dan tujuan bisnis Anda terlebih dahulu. Selain itu, pastikan untuk menggunakan identitas brand secara konsisten dalam semua aspek bisnis. Niscaya, Anda akan melihat hasil yang positif dalam jangka panjang.

2299 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
283 Suka