03 May 2024
4 menit baca

Panduan Lengkap Jadi Franchisor Sukses di Indonesia

4 menit baca

panduan lengkap franchise

 

Apakah Anda tertarik untuk menjadi franchisor sukses di Indonesia? Franchising adalah strategi bisnis yang populer di mana pemilik bisnis (franchisor) memberikan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menjalankan bisnis mereka dengan menggunakan merek, sistem, dan dukungan yang telah ditetapkan. 

 

Di Indonesia, bisnis waralaba telah berkembang pesat dengan banyaknya merek ternama yang menawarkan peluang waralaba di berbagai bidang, mulai dari makanan dan minuman hingga jasa dan ritel.

 

Apa itu Franchisor?

 

Franchisor adalah pihak atau perusahaan yang memiliki merek dagang, sistem operasional, dan model bisnis yang sudah terbukti sukses. Mereka menawarkan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menggunakan merek dagang, sistem operasional, dan model bisnis tersebut dalam pertukaran atas pembayaran royalti dan biaya lainnya. 

 

Dengan menjadi franchisor, mereka dapat memperluas jangkauan bisnisnya tanpa harus membuka cabang sendiri. Franchisor juga bertanggung jawab untuk memberikan dukungan dan pelatihan kepada franchisee agar mereka dapat menjalankan bisnis sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

 

Baca Juga: Mengerti Bisnis Franchise: Arti, Cara Kerja, dan Keuntungannya!

 

Kewajiban Franchisor

 

Sebagai seorang franchisor, Anda memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi terhadap para franchisee Anda. Berikut adalah beberapa kewajiban utama yang perlu Anda penuhi:

 

  • Memberikan Dukungan Awal

Sebagai franchisor, Anda harus memberikan dukungan awal kepada franchisee dalam hal pelatihan, pemilihan lokasi, dan pengadaan peralatan yang diperlukan untuk memulai usaha.

 

  • Menyediakan Operasional Manual

Anda harus menyediakan manual operasional yang jelas dan komprehensif kepada franchisee. Manual ini harus mencakup semua prosedur operasional, standar kualitas, dan kebijakan perusahaan.

 

  • Memberikan Dukungan Berkelanjutan

Selain dukungan awal, Anda juga harus memberikan dukungan berkelanjutan kepada franchisee dalam hal pelatihan, pemasaran, dan pengembangan bisnis.

 

  • Menjaga Kualitas Merek

Anda harus bekerja keras untuk menjaga dan meningkatkan kualitas merek Anda. Ini termasuk memastikan bahwa semua franchisee mematuhi standar kualitas dan layanan yang telah ditetapkan.

 

  • Mematuhi Ketentuan Perjanjian Franchise

Anda harus mematuhi semua ketentuan yang tercantum dalam perjanjian franchise, termasuk pembayaran royalti, pelaporan keuangan, dan perpanjangan kontrak.

 

  • Menjaga Komunikasi yang Baik

Penting untuk menjaga komunikasi yang baik dengan para franchisee Anda. Dengarkan masukan dan keluhan mereka, dan berikan solusi yang tepat waktu.

 

  • Melindungi Kepentingan Franchisee

Sebagai franchisor, Anda harus melindungi kepentingan franchisee Anda dan bekerja untuk memastikan kesuksesan bisnis mereka.

 

Baca Juga: Ingin Sukses? Adopsi 15 Pola Pikir Pengusaha Berikut Ini!

 

Cara Menjadi Franchisor Sukses

 

Untuk menjadi franchisor sukses, Anda perlu mempersiapkan diri dan bisnis Anda dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

 

  • Memiliki Konsep Bisnis yang Teruji

Pastikan bahwa bisnis Anda memiliki konsep yang unik dan teruji. Lakukan riset pasar untuk memastikan bahwa konsep bisnis Anda memiliki daya tarik di pasar.

 

  • Memiliki Sistem dan Prosedur yang Terstandarisasi

Buatlah sistem dan prosedur yang terstandarisasi untuk operasional bisnis Anda. Ini akan membantu Anda dalam memberikan panduan yang jelas kepada franchisee Anda.

 

  • Membuat Dokumentasi Franchise yang Lengkap

Buatlah dokumen-dokumen penting seperti Franchise Disclosure Document (FDD), Franchise Agreement, dan Operations Manual yang jelas dan lengkap.

 

  • Menyediakan Dukungan yang Komprehensif

Siapkanlah program pelatihan dan dukungan yang komprehensif bagi para franchisee Anda. Bantu mereka dalam memahami sistem dan prosedur bisnis Anda.

 

  • Memilih Lokasi yang Strategis

Bantu franchisee Anda dalam memilih lokasi yang strategis untuk membuka outlet waralaba mereka. Lokasi yang strategis akan membantu meningkatkan peluang kesuksesan bisnis mereka.

 

  • Membangun dan Mempertahankan Merek yang Kuat

Luangkan waktu dan upaya untuk membangun dan mempertahankan merek yang kuat. Hal ini akan membantu Anda dalam menarik minat calon franchisee dan konsumen.

 

  • Berinvestasi dalam Pemasaran

Lakukan investasi dalam pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek Anda di pasar. Gunakan berbagai saluran pemasaran seperti media sosial, iklan, dan promosi.

 

  • Memilih Franchisee yang Tepat

Pilih franchisee yang memiliki visi dan nilai yang sejalan dengan bisnis Anda. Pilihlah mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap bisnis waralaba Anda.

 

Baca Juga: Tips Cara Menjadi Sleeping Investor, Anti Ribet Tetap Cuan!

 

Menariknya, Anda bisa memiliki bisnis franchise dengan modal minimal Rp10 juta saja, loh. Caranya, Anda dapat berinvestasi melalui platform securities crowdfunding Bizhare

 

Di sini, Anda bisa membeli saham atau sukuk pada outlet bisnis UMKM dan waralaba atau kemitraan lainnya. Nantinya, Anda akan mendapatkan dividen sesuai dengan porsi kepemilikan pada bisnis tersebut. Kerennya, kepemilikan saham atau sukuk berlaku selama bisnis berjalan. 

 

Baca Lengkap: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi melalui tautan di bawah ini.

 

Baca Lengkap: Bizhare Institusi: Investasikan Dana Perusahaan Anda

 

Kesimpulannya, board of directors memiliki peran yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Mereka bertanggung jawab untuk menetapkan arah strategis perusahaan, mengawasi kinerja manajemen, menjaga kepentingan pemegang saham, memastikan kepatuhan hukum dan etika, serta memberikan dukungan dan pengarahan kepada manajemen. 

 

Dengan menjalankan peran mereka dengan baik, board of directors dapat membantu menciptakan nilai jangka panjang bagi perusahaan dan pemegang sahamnya.

 

Jika ingin tahu lebih banyak mengenai Bizhare Institusi, Anda bisa mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

166 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
33 Suka