04 August 2023
4 menit baca

Green Marketing, Penerapan Prinsip Pemasaran Berkelanjutan dalam Bisnis

4 menit baca

green marketing

 

Green marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang tidak hanya menguntungkan perusahaan, namun juga berdampak positif bagi lingkungan. Memang, saat ini dampak dari berbagai permasalahan lingkungan semakin terasa, sehingga dibutuhkan gerakan untuk meminimalisir hal tersebut. Bagaimana sebetulnya green marketing bekerja dan dampak positif apa yang bisa dirasakan?

 

Pengertian Green Marketing

 

Pemasaran hijau atau green marketing adalah sebuah prinsip marketing yang berfokus pada pemasaran produk ramah lingkungan. Mulai dari aktivitas produksi dan proses manufaktur, pengemasan, hingga strategi pemasarannya menitikberatkan fokusnya pada lingkungan.

 

Baca Juga: Perbedaan Branding dan Marketing untuk Perkembangan Bisnis, Wajib Anda Tahu!

 

Jika diamati, beberapa perusahaan di Indonesia sudah mulai menerapkan strategi green marketing dalam promosi dan penjualan produk mereka. Strategi ini umumnya meliputi kegiatan produksi, distribusi, hingga promosi. 

 

Di sinilah peran green marketing digunakan untuk mengumumkan kepada publik terkait kepedulian dan usaha yang telah dilakukan perusahaan demi menjaga lingkungan dan ketersediaan sumber daya. 

 

Namun, satu hal yang menjadi kekurangan dari penerapan green marketing adalah bahwa prinsip pemasaran ini membutuhkan biaya yang tinggi serta konsistensi yang harus terus dibangun agar menjadi sebuah nilai atau value dari brand dan perusahaan.

 

Cara Kerja Green Marketing dalam Bisnis

 

Green marketing merupakan upaya perusahaan dalam menerapkan prinsip berkelanjutan. Bagaimana hal ini dilakukan? Berikut beberapa langkah yang dilakukan perusahaan saat memutuskan untuk menetapkan kebijakan green marketing.

 

  • Bagian dari Tanggung Jawab Perusahaan

Umumnya, memang tidak banyak bentuk bisnis atau perusahaan yang menerapkan prinsip pemasaran hijau dan berkelanjutan yang satu ini. Green marketing diterapkan untuk memenuhi tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan pada program corporate social responsibility atau CSR.

 

  • Diterapkan Sebagai Strategi Jangka Panjang

Green marketing merupakan sebuah proses bisnis berkelanjutan. Ketika perusahaan memutuskan menerapkan promosi pemasaran menggunakan green marketing, hal ini diharapkan dapat diterapkan secara permanen dan jangka panjang.

 

Baca Juga: 20 Prinsip Dasar Bisnis yang Wajib Anda Terapkan, Dijamin Sukses!

 

  • Proses Produksi yang Ramah Lingkungan

Cara kerja green marketing meliputi segala aspek, termasuk penerapannya dalam proses produksi hingga distribusi. Seperti memperhatikan pengelolaan limbah yang tidak berbahaya bagi lingkungan dan masyarakat sekitar dan mereduksi emisi karbon. 

 

  • Menggunakan Material Ramah Lingkungan 

Hal yang sama juga akan dilakukan pada proses pengemasan. Perusahaan menggunakan material daur ulang atau material lainnya yang ramah lingkungan untuk produk mereka. Perusahaan juga akan aktif melakukan kampanye terkait lingkungan dan menyuarakan isu tersebut sebagai usaha untuk melakukan edukasi kepada publik secara konsisten.

 

  • Melakukan Edukasi pada Publik

Tidak semua orang peduli dengan isu lingkungan, maka di sinilah peran perusahaan dimulai untuk memberikan edukasi yang baik. Konsumen harus memahami mengapa mereka membutuhkan produk berkelanjutan dan ramah lingkungan.

 

  • Menetapkan Strategi Green Marketing yang Cocok

Mengupayakan strategi promosi yang kreatif di berbagai media. Perusahaan dapat membuat kampanye berkelanjutan yang menyuarakan isu lingkungan atau membuat konten produk di media sosial. Bisa juga dengan melakukan kerjasama bersama selebriti atau orang terkenal yang dapat memengaruhi opini dan keputusan publik. 

  

  • Memiliki Kebijakan Khusus Terkait Lingkungan

Terakhir, cara kerja green marketing dalam bisnis dilakukan dengan membuat kebijakan yang didasari pada prinsip berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mendukung penerapan prinsip green marketing di lingkungan perusahaan. Dimulai dari kebijakan pengelolaan limbah, penggunaan energi, pengelolaan sumber daya, hingga proses daur ulang produk atau kemasan.

 

Baca Juga: Apa Itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

 

Manfaat Menerapkan Green Marketing untuk Bisnis

 

Metode pemasaran dengan prinsip berkelanjutan masih menjadi salah satu hal yang patut diwujudkan. Selain dampak baiknya pada lingkungan, ada alasan lain mengapa perusahaan harus melirik metode ini sebagai nilai tambah dan rencana jangka panjang. 

 

  • Memiliki Brand Value yang Positif

Brand yang memiliki nilai dan manfaat baik, dapat mengakuisisi pelanggan dari berbagai segmentasi pasar. Strategi marketing ini akan membantu perusahaan bersaing dan menciptakan segmentasi pasar sendiri dengan tetap mempertahankan pelanggan lama.

 

  • Membentuk Loyalitas Pelanggan

Pelanggan yang puas dengan produk dan pelayanan, cenderung akan loyal dengan pilihan produk mereka. Terlebih jika sebuah brand memiliki value yang merepresentasikan ide yang mereka dukung atau percaya, dalam hal ini kelestarian lingkungan dan manfaat berkelanjutan.

 

  • Bentuk Komitmen Menjaga Lingkungan

Tujuan dari strategi promosi pemasaran ini adalah untuk menjaga ketersediaan sumber daya dan lingkungan. Jadi, tentu saja tipe promosi ini akan membawa kebaikan bagi lingkungan. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang menyebabkan dampak negatif bagi bumi. Dibutuhkan sebuah solusi baru yang mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip berkelanjutan dari green marketing.

 

Metode green marketing telah menjadi salah satu prinsip pemasaran berkelanjutan yang menarik perhatian dan layak untuk dikembangkan lebih masif dan luas.. Selain bermanfaat bagi lingkungan, perusahaan Anda pun memiliki brand value yang lebih tinggi sehingga dapat menjaga loyalitas konsumen pada bisnis Anda.

 

Baca Juga: Riset Pasar: Strategi Mengenal Pelanggan

 

Selain metode green marketing di atas, ada banyak strategi pemasaran lainnya yang bisa Anda eksplor dan terapkan pada bisnis Anda. Dapatkan konsultasi terkait permasalahan dan penerapan strategi yang tepat bagi bisnis Anda bersama MBN Consulting.

 

MBN Consulting adalah agensi konsultan dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.

 

Selain itu, Anda juga bisa menikmati kemudahan lain dalam mengelola bisnis dengan adanya layanan jasa laporan keuangan, pajak, dan legalitas untuk meningkatkan efektivitas bisnis dan mempercepat transisi bisnis yang substansial dan berkelanjutan.

 

Untuk melihat layanan lainnya yang kami tawarkan, silakan klik tombol berikut untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

1275 Reads
Author: Bizhare Contributor
150 Suka