20 March 2023
4 menit baca

7 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian, Modal 1 Jutaan Saja!

4 menit baca

 

Franchise minuman kekinian adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di Indonesia. Mulai dari teh boba, cheese tea, kopi, hingga smoothies, semua memiliki prospek keuntungan yang besar. Berikut ide franchise minuman kekinian yang bisa Anda coba. 

 

1. Chatime

 

Chatime merupakan salah satu franchise minuman kekinian terbesar dan paling terkenal di Indonesia. Waralaba ini menawarkan kopi, teh, hingga smoothies dengan banyak pilihan rasa, mulai dari teh hitam, teh hijau, teh buah-buahan, hingga varian teh matcha. Chatime juga dikenal dengan toppingnya yang unik, seperti pearl, grass jelly, puding, dan lain-lain. 

 

Tak heran, brand ini begitu populer dan dicintai oleh para konsumen Indonesia. Untuk menjadi mitra franchise Chatime, Anda harus siap mengeluarkan modal sekitar Rp300 juta. Biaya ini belum termasuk harga sewa jika Anda hendak membukanya di mall ataupun biaya operasional lainnya.

 

2. Janji Jiwa

 

Siapa yang tidak kenal dengan franchise kopi yang satu ini? Sejak berdiri tahun 2018 lalu, Janji Jiwa sudah berhasil membuka lebih dari 900 jaringan gerai kopi yang tersebar di 100 kota seluruh Indonesia.

 

Jika tertarik membeli bisnis waralaba Janji Jiwa, Anda bisa menyiapkan modal mulai dari Rp150 juta. Tenang saja, harga tersebut sudah termasuk dengan biaya lisensi dan peralatan yang kira-kira menghabiskan Rp85 juta. 

 

Tak hanya itu, paket ini sudah termasuk fasilitas sewa tempat, karyawan, peralatan, dan lain sebagainya. Anda juga akan mendapatkan pelatihan dari support team Kopi Janji Jiwa untuk mengelola gerai sesuai standar mereka. 

 

3. Coffee Toffee

 

Coffee Toffee sudah banyak dikenal sebagai salah satu franchise kopi terkemuka di Indonesia. Bahkan, brand ini memelopori komersialisasi kopi kekinian sejak pertama kali didirikan pada tahun 2006.

 

Dengan Rp800 juta, Anda bisa memiliki satu gerai coffee shop. Biaya tersebut sudah termasuk license fee seharga Rp150 juta untuk 5 tahun. Nah, mitra atau franchise yang tertarik berbisnis Coffee Toffee harus menyetor deposit sebesar Rp50 juta.

 

4. Menantea

 

Menantea adalah brand minuman kekinian terbaru yang didirikan oleh YouTuber Jerome Polin dan kakaknya, Jehian Polin Sijabat. Hingga Juli 2022, sudah lebih dari 200 cabang dibuka di seluruh Indonesia. Menu yang ditawarkan pun sangat beragam, didominasi oleh teh manis rasa buah.

 

Menantea sendiri menawarkan beberapa tipe franchise yang bisa Anda rintis sesuai dengan budget yang dimiliki, mulai dari Rp125-175 juta. Biaya ini belum termasuk layanan operasional dan penggajian karyawan. 

 

Baca Juga: Menantea dan Kumaw! Ramen, Duet Maut Jehian dan Jerome Polin

 

5. Street Boba

 

Jika Anda tertarik berbisnis minuman kekinian, cobalah bermitra dengan franchise Street Boba. Brand ini banyak dilirik karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Tak hanya itu, banyak varian populer yang dijual Street Boba dan viral di media sosial, contohnya Brown Sugar Boba dan Fresh Milk With Macchiato.

 

Harga franchise Street Boba dimulai dari Rp200 juta dengan biaya manajemen sebesar 5%. Harga tersebut termasuk lisensi selama 3 tahun, media promosi, store design, sistem POS kasir, training, hingga buku SOP. Kerennya, pemilik gerai sudah bisa balik modal dalam jangka waktu 4-5 bulan saja, loh!

 

6. Haus! Indonesia

 

Sejak pertama kali buka tahun 2019, Haus! langsung menjadi favorit banyak orang, terutama karena rasanya yang enak dan harganya murah. Untuk membeli franchisenya, Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp200 juta. 

 

Harga tersebut termasuk dengan standar paket kemitraan, lisensi selama 5 tahun, renovasi tempat, sistem penjualan, pelatihan karyawan, dan bahan baku awal. Yang belum termasuk adalah sewa tempat. 

 

Tenang saja, urusan operasional diatur langsung oleh manajemen Haus!, mulai dari perekrutan karyawan, keperluan marketing, hingga penjualan. Imbalannya, 50% dari laba bersih mitra akan dibagi oleh manajemen Haus! Indonesia. 

 

7. Kopi Kulo

 

Kopi Kulo adalah salah satu bisnis minuman kekinian yang tak kalah populer di Indonesia. Franchise ini menawarkan berbagai varian kopi yang enak dan berkualitas tinggi karena dipanen langsung dari beberapa lumbung kopi Nusantara.

 

Untuk harga waralabanya sendiri hampir mirip dengan franchise kopi lain, yaitu sekitar Rp 155 juta. Harga tersebut sudah termasuk peralatan dan stok awal, franchise fee, booth design, renovasi booth, dan iklan di media sosial. 

 

Beli Franchise Minuman Kekinian Modal 1 Juta di Bizhare

 

Jika Anda perhatikan, harga franchise yang ditawarkan pada investor berada di atas Rp100 juta. Tentu, tidak semua orang bisa mengeluarkan modal sebesar itu, apalagi untuk kalangan karyawan biasa, mahasiswa, atau bahkan pelajar.

 

Namun tenang saja, Anda bisa membeli franchise minuman kekinian dengan modal kecil, yakni dari Rp1 juta saja. Caranya adalah berinvestasi di berbagai platform securities crowdfunding.

 

Crowdfunding atau urun dana adalah jenis investasi di mana investor menyetorkan modal secara patungan ke bisnis atau usaha terkait. Nah, salah satu platform yang sudah terpercaya dan legal untuk melakukan investasi crowdfunding adalah Bizhare.

 

Sejak didirikan tahun 2018, tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017. 

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis UMKM pilihan Anda mulai dari Rp1 juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Memulai usaha franchise minuman kekinian dapat menjadi solusi bagi Anda yang bingung mau berbisnis apa. Merek, konsep bisnis, dan dukungan dari franchisor sudah teruji dan berpotensi mendulang kesuksesan besar.

 

Namun, sebelum memilih franchise minuman kekinian, pastikan untuk melakukan evaluasi kelayakan finansial, kemampuan manajerial, dan evaluasi kinerja franchise tersebut. 

 

Semoga dengan memilih franchise minuman hits yang tepat, Teman Bizharian dapat memulai bisnis minuman dengan lebih mudah dan sukses.

9334 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
618 Suka