20 December 2023
4 menit baca

10 Daftar Orang Terkaya di Dunia, Bernard Arnault Geser Elon Musk Sebagai Orang Terkaya Nomor 1 di Dunia

4 menit baca

 

Di era globalisasi ini, memiliki kekayaan mampu memberikan segala kemudahan dalam hidup, mulai dari bisa berinvestasi sepuasnya hingga mampu membuat pengaruh sosial besar. Nah, kira-kira siapa saja orang yang masuk ke dalam daftar urutan orang terkaya di dunia di tahun 2023? Bagaimana mereka mendapatkan kekayaan mereka? Apa yang membedakan mereka dari orang biasa?

 

  • Bernard Arnault (Rp3.202,5 triliun)

 

Bernard Arnault memiliki kekayaan sebesar Rp3.202,5 triliun dan menempati posisi pertama dalam urutan orang terkaya di dunia pada tahun 2023. Ia berhasil menggeser posisi Elon Musk yang sempat bertengger di puncak orang terkaya di dunia tahun 2022.

 

Bernard Arnault sendiri adalah CEO dari perusahaan mode mewah Louis Vuitton dan Moet Hennessy (LVMH). Kekayaannya meningkat sekitar 130% sejak tahun 2022. Dalam beberapa tahun terakhir, LVMH memperluas bisnisnya dengan mengakuisisi beberapa merek mewah lainnya, termasuk Tiffany & Co.

 

Baca Juga: Inklusi Keuangan: Pengertian, Tujuan, dan Manfaat

 

  • Jeff Bezos (Rp2.636,4 triliun)

 

Jeff Bezos, pendiri Amazon, menempati posisi kedua dalam daftar dengan kekayaan sebesar Rp2.636,4 triliun. Meskipun dia telah meninggalkan jabatannya sebagai CEO Amazon, dia masih memiliki saham yang cukup besar di perusahaan tersebut. 

 

Bezos juga memiliki perusahaan luar angkasa Blue Origin dan media digital The Washington Post. Tak heran, kekayaannya bisa berlipat ganda dan mampu memberikan pengaruh signifikan bagi dunia.

 

  • Elon Musk (Rp2.475,3 triliun)

 

Di posisi orang terkaya ketiga di dunia, ada Elon Musk, pendiri Tesla dan SpaceX, dengan total kekayaan sebesar Rp2.475,3 triliun. Hartanya sendiri meningkat sekitar 180% sejak tahun 2022 berkat berbagai perusahaan yang ia pimpin.

 

Musk juga terkenal karena keberhasilannya dalam meluncurkan roket untuk NASA dan mengembangkan mobil listrik yang terkenal, Tesla. Selain itu, dia juga memiliki perusahaan Neuralink yang berfokus pada pengembangan teknologi otak.

 

  • Bill Gates (Rp1.947,1 triliun)

 

Bill Gates, pendiri Microsoft, menempati posisi keempat dalam daftar ini dengan kekayaan sebesar Rp1.947,1 triliun. Meskipun dia telah mundur dari jabatannya sebagai CEO Microsoft, Gates tetap menjadi anggota dewan perusahaan dan memiliki saham yang cukup besar di perusahaan tersebut. 

 

Selain itu, Gates dan istrinya juga mendirikan yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation, yang bertujuan untuk membantu memerangi kemiskinan, penyakit, dan masalah sosial lainnya di seluruh dunia.

 

  • Mark Zuckerberg (Rp1.694,6 triliun)

 

Urutan kelima daftar orang terkaya di dunia ditempati oleh Mark Zuckerberg, pendiri Meta, dengan kekayaan sebesar Rp1.694,6 triliun. Selain Facebook, Zuckerberg juga memiliki beberapa perusahaan lain, termasuk Instagram dan WhatsApp. 

 

Selain itu, Ia juga dikenal sebagai salah satu pendukung teknologi kecerdasan buatan dan pengembangan virtual reality melalui perusahaan Oculus VR. Tak heran, banyak yang mengidam-idamkan masuk ke perusahaan ini.

 

  • Warren Buffett (Rp1.469,7 triliun)

 

Warren Buffett, investor terkenal dan CEO dari Berkshire Hathaway, menempati posisi keenam dalam daftar ini dengan kekayaan sebesar Rp1.469,7 triliun. Buffett terkenal dengan pendekatannya yang konservatif dalam berinvestasi dan telah menghasilkan keuntungan besar dalam jangka panjang. 

 

Buffett juga dikenal sebagai filantropis. Tak hanya memberikan berbagai macam donasi sosial ke seluruh dunia, Buffett telah berkomitmen untuk memberikan sebagian besar kekayaannya kepada yayasan amal setelah dia meninggal.

 

  • Larry Ellison (Rp1.425,5 triliun)

 

Larry Ellison adalah pendiri Oracle, perusahaan perangkat lunak terbesar kedua di dunia. Ia lahir di New York pada 1944 dan mengawali karirnya di dunia teknologi pada tahun 1970-an. 

 

Pada tahun 1977, ia mendirikan Oracle bersama rekan bisnisnya dan berhasil mengembangkan perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Kekayaan Larry Ellison pada tahun 2023 mencapai Rp1.425,5 triliun, menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

 

  • Larry Page (Rp1.157,9 triliun)

 

Larry Page adalah pendiri Google, mesin pencari terbesar di dunia. Bersama Sergey Brin, mereka memulai kariernya di dunia teknologi saat masih kuliah. Pada tahun 1998, mereka mendirikan Google dan mulai terjun lebih dalam ke sistem jaringan internet.

 

Berkat kerja keras mereka, Google menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Kekayaan Larry Page pada tahun 2023 mencapai Rp1.157,9 triliun, menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

 

  • Sergey Brin (Rp1.134,6 triliun)

 

Selain sebagai pendiri Google, Brin sangat berperan penting dalam mengembangkan teknologi pencarian daring yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. 

 

Menurut daftar terbaru orang-orang terkaya di dunia tahun 2023, kekayaan Brin mencapai Rp1.134,6 triliun. Hartanya ini sebagian besar berasal dari portofolio investasi yang luas seperti Tesla, Airbnb, dan Uber.

 

Baca Juga: Proposal Investasi: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

 

  • Mukesh Ambani (Rp1.123,3 triliun)

 

Mukesh Ambani adalah pengusaha asal India yang merupakan pemilik Reliance Industries, salah satu perusahaan terbesar di India. Ia lahir pada 1957 dan mengambil alih bisnis keluarganya pada 1980-an. Ambani berhasil mengembangkan Reliance Industries menjadi salah satu perusahaan terbesar dan paling berpengaruh di India. 

 

Kekayaan Mukesh Ambani pada tahun 2023 mencapai Rp1.123,3 triliun, menjadikannya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Ia juga dikenal sebagai filantropis yang aktif memberikan sumbangan untuk kegiatan amal dan kemanusiaan.

 

Baca Juga: Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM): Pengertian, Jenis, dan Peranannya di Indonesia

 

Orang terkaya di dunia selalu menarik perhatian banyak orang. Meskipun mereka memiliki kekayaan yang luar biasa, namun kita juga dapat belajar dari mereka. 

 

Kesuksesan mereka tidak didapatkan dengan mudah, melainkan melalui kerja keras, disiplin, keberanian mengambil risiko, inovasi, kreativitas, dan kesediaan untuk terus belajar dan berkembang.

 

Namun, kita tidak boleh melupakan fakta bahwa kekayaan yang berlebih juga bisa digunakan untuk membantu orang lain yang kurang beruntung dan memperbaiki dunia ini. 

 

Semoga Teman Bizharian yang membaca artikel ini bisa mencapai cita-cita dan tujuan hidupnya dalam mencapai kekayaan dan kesejahteraan.

13857 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
551 Suka