20 December 2023
4 menit baca

10 Daftar Nama Orang Terkaya di Indonesia tahun 2023, Hartanya Capai Triliunan Rupiah!

4 menit baca

 

Indonesia memiliki banyak orang kaya yang sukses di berbagai bidang seperti bisnis, properti, dan industri kreatif. Ada banyak faktor yang berkontribusi pada kesuksesan mereka, seperti kerja keras, dedikasi, keberuntungan, dan juga kemampuan untuk mengambil risiko yang tepat. Berikut daftar nama orang terkaya di Indonesia versi Forbes. 

 

  • Robert Budi Hartono (Rp359,3 triliun)

 

Robert Budi Hartono, seorang pengusaha sukses asal Indonesia, kembali menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di Indonesia menurut daftar terbaru dari Forbes. Total kekayaannya diperkirakan mencapai 23,1 miliar USD atau setara dengan Rp359,3 triliun.

 

Kekayaan Budi Hartono berasal dari berbagai sumber, termasuk PT. Global Digital Niaga Tbk dan bisnis rokok miliknya, Djarum. Selain itu, ia juga merupakan salah satu pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA) dan pemilik merek elektronik Polytron.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

  • Michael Bambang Hartono (Rp345,4 triliun)

 

Bambang Hartono, kakak dari Budi Hartono, diketahui memiliki jumlah kekayaan senilai 22,2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 345,4 triliun. Prestasi ini menjadikan Bambang Hartono sebagai orang kedua terkaya di Indonesia. 

 

Seperti halnya dengan saudaranya, kekayaan Bambang Hartono juga berasal dari kepemilikan saham di beberapa perusahaan besar, antara lain BCA, Djarum, dan Polytron.

 

Selain itu, Bambang Hartono juga dikenal sebagai seorang filantropis yang gemar melakukan kegiatan sosial dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

  • Low Tuck Kwong (Rp150,8 triliun)

 

Low Tuck Kwong, pemilik Bayan Resources yang bergerak di bidang batu bara, memiliki aset kekayaan senilai 9,7 miliar USD atau setara dengan Rp150,8 triliun. Data menunjukkan bahwa kekayaan Tuck Kwong meningkat hampir lima kali lipat dibandingkan dengan tahun 2021, di mana ia hanya memiliki aset senilai 2,55 miliar dolar AS atau Rp 188,76 triliun.

 

Prestasi Tuck Kwong dalam mengembangkan bisnisnya dan meraih kesuksesan di bidang batu bara patut diacungi jempol. Ia telah berhasil memimpin perusahaan Bayan Resources hingga menjadi salah satu perusahaan batu bara terbesar di Indonesia.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2023

 

  • Sri Prakash Lohia (Rp91,7 triliun)

 

Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan senilai 5,9 miliar USD atau setara dengan Rp91,7 triliun, sehingga menempatkannya pada posisi keempat dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaannya berasal dari Indorama Corporation, perusahaan yang didirikannya bersama-sama dengan istrinya, Rita.

 

Indorama Corporation merupakan salah satu produsen bahan baku terbesar di dunia. Perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, termasuk tekstil, petrokimia, dan energi terbarukan. Berkat kepemimpinan yang tangguh dari Prakash Lohia, Indorama Corporation berhasil memperluas jangkauannya hingga ke pasar global dan meraih kesuksesan yang luar biasa.

 

  • Prajogo Pangestu (Rp80,8 triliun)

 

Prajogo Pangestu menempati urutan kelima dalam daftar orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan mencapai 5,2 miliar USD atau setara dengan Rp80,8 triliun. Kekayaannya berasal dari PT. Barito Pacific Tbk (BRPT), sebuah perusahaan yang didirikannya pada tahun 1979.

 

BRPT adalah perusahaan yang bergerak di bidang energi dan petrokimia. Perusahaan ini telah berkembang pesat sejak didirikan dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Prajogo Pangestu memimpin BRPT dengan penuh dedikasi dan telah memperluas jangkauan bisnisnya hingga ke luar negeri.

 

  • Chairul Tanjung (Rp80,8 triliun)

 

Pada tahun 2022, Chairul Tanjung berhasil meraih peringkat ke enam sebagai orang terkaya di Indonesia. Ia adalah pemilik dari CT Corp yang kini memiliki kekayaan mencapai 5,2 miliar USD atau setara dengan Rp80,8 triliun.

 

Chairul Tanjung merupakan seorang pengusaha yang telah berkiprah di berbagai sektor bisnis di Indonesia. Selain sebagai bos dari CT Corp, ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian pada tahun 2011 hingga 2014 di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

 

  • Djoko Susanto (Rp62,2 triliun)

 

Di peringkat ketujuh terdapat seorang tokoh bisnis sukses Indonesia bernama Djoko Susanto dengan kekayaan mencapai 4 miliar USD atau setara dengan Rp62,2 triliun. Kekayaan tersebut berasal dari perusahaannya yang bernama Alfamart.

 

Djoko Susanto adalah pemilik dari Alfamart, sebuah jaringan minimarket yang terkenal di Indonesia. Alfamart memiliki ribuan gerai di seluruh Indonesia dan terus berkembang pesat. Kesuksesan Alfamart dalam bisnis ritel tentu tak lepas dari visi dan strategi bisnis yang diterapkan oleh Djoko Susanto.

 

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Kos-kosan di Tahun 2023, Langsung Cuan!

 

  • Wijono dan Hermanto Tanoko (3,7 miliar USD)

 

Wijono dan Hermanto Tanoko adalah dua tokoh bisnis Indonesia yang dikenal sebagai pemilik merek cat terkenal Avia Avian. Keduanya telah berhasil meraih posisi sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 3,4 miliar USD atau setara dengan Rp52,8 triliun.

 

Avia Avian sendiri merupakan merek cat yang sudah dikenal luas di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Produk-produk dari Avia Avian terkenal akan kualitasnya yang baik dan memiliki berbagai macam warna yang menarik. 

 

  • Theodore Rachmat (Rp49,7 triliun)

 

Theodore Rachmat adalah seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai pemilik Triputra Group. Ia telah berhasil meraih posisi sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia dengan memiliki aset kekayaan mencapai 3,2 miliar USD atau setara dengan Rp49,7 triliun.

 

Triputra Group sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di berbagai sektor bisnis seperti otomotif, agribisnis, pertambangan, dan lain-lain. Kesuksesan Triputra Group dalam bisnis tentu tak lepas dari strategi bisnis yang cerdas dan inovatif yang diterapkan oleh Theodore Rachmat.

 

  • Sukanto Tanoto (3,2 miliar USD)

 

Sukanto Tanoto, pemilik grup usaha Royal Golden Eagle International (RGEI) berhasil meraih peringkat 10 urutan orang terkaya di Indonesia dengan memiliki aset kekayaan mencapai 2,8 miliar USD atau setara dengan Rp43,6 triliun.

 

Grup usaha Royal Golden Eagle International sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di berbagai sektor bisnis seperti kertas, pulp, energi, dan lain-lain. 

 

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise di Bawah Rp5 Juta, Auto Cuan!

 

Daftar orang terkaya di Indonesia selalu menarik perhatian publik karena mereka memiliki kekayaan yang fantastis. Selain itu, mereka memiliki pengaruh besar dalam segala aspek bernegara dan bermasyarakat.

 

Meskipun sumber kekayaan yang didapat beragam, namun mereka sama-sama memiliki faktor kesuksesan yang signifikan, seperti kepemimpinan yang baik, inovasi, kerja keras, dan networking. Dengan memiliki jaringan bisnis yang kuat, mereka mampu memperluas bisnis dan mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih maju.

9557 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
552 Suka