17 February 2023
5 menit baca

7 Tips Memulai Bisnis Kos-kosan di Tahun 2023, Langsung Cuan!

5 menit baca

 

Tertarik memulai bisnis kos-kosan? Ini adalah saat yang tepat! Di tahun 2023, bisnis penyewaan properti seperti indekos sedang menggeliat, khususnya di kota-kota besar, di mana banyak sekali perantau yang hendak bekerja atau kuliah. Berikut tips dan strategi usaha kos-kosan agar cepat balik modal dan menghasilkan keuntungan besar.

 

Strategi Usaha Bisnis Kos-kosan

 

Membuka usaha kos-kosan bisa membuat Anda memperoleh passive income dari para penyewa kamar indekos Anda. Namun sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan strategi dan tips investasi kos-kosan yang Bizhare sajikan di bawah ini.

 

Baca Juga: Keuntungan Investasi di Bisnis Properti

 

Memilih Bangunan yang Tepat

Sebelum mengubah properti menjadi indekos, Anda harus mengenali dan memperhatikan setiap detail bangunan tersebut. Anda harus memastikan bahwa bangunan tersebut layak huni, dan jika direnovasi sekalipun tidak mengeluarkan banyak biaya.

 

Jika Anda membeli properti tersebut dari orang lain, baik perorangan ataupun developer, pastikan Anda cek legalitas dan administrasi bangunan. Jangan sampai Anda membeli properti sengketa karena hal tersebut bakal merugikan Anda.

 

Mengenal Jenis Properti

Properti yang ideal untuk bisnis kos-kosan harus memenuhi beberapa persyaratan utama, mulai dari memiliki banyak kamar ukuran standar hingga berlokasi di kawasan strategis. 

 

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengecek properti yang hendak Anda jadikan indekos, apakah sudah memenuhi persyaratan tersebut atau belum? Jika belum, berapa budget yang harus dikeluarkan untuk merenovasi bangunan tersebut? Semua harus dipikirkan matang-matang. 

 

Bangun dengan Desain Kekinian

Salah satu strategi agar usaha bisnis kos-kosan Anda sukses adalah membangun indekos dengan desain yang menarik dan estetik. Terbukti, banyak sekali indekos kekinian di kota-kota besar yang selalu full.

 

Bizhare sarankan Anda menerapkan desain hunian dengan konsep industrial dan minimalis. Tapi jangan lupa, lengkapi indekos Anda dengan berbagai fasilitas penunjang seperti dispenser dan dapur agar penghuni makin nyaman.

 

Pilih Lokasi Strategis

Tips bisnis kos-kosan yang wajib Anda terapkan adalah memilih lokasi strategis. Hal ini erat kaitannya dengan fungsi utama indekos sebagai tempat tinggal sementara penghuni yang dekat dengan tempat kerja atau kampus mereka.

 

Indekos juga bisa dikatakan strategis jika berlokasi sangat dekat dengan akses transportasi umum seperti halte bus, stasiun KRL atau MRT. Ingat, semakin strategis lokasi Anda, maka semakin banyak calon penghuni mengincarnya. 

 

Tampak Terawat dan Bersih

Tidak hanya lokasi strategis dan desain estetik, usaha kos-kosan juga dinyatakan berhasil jika Anda mampu memperhatikan manajemennya secara detail. Salah satunya, Anda harus menjaga kebersihan indekos secara optimal. Tentu saja, tidak ada yang mau tinggal di tempat kumuh, bukan?

 

Anda wajib memperhatikan sisi kebersihan dan perawatan di dalam properti. Calon penghuni cenderung lebih menyukai indekos yang bersih, rindang, serta terawat. Akan lebih bagus jika Anda menyediakan layanan pembersihan kamar setiap seminggu atau dua minggu sekali.

 

Memiliki Fasilitas yang Sesuai dengan Harga 

Biasanya, harga indekos dibanderol sesuai dengan fasilitas yang tersedia. Fasilitas standar yang sudah pasti ada seperti kasur, lemari pakaian, meja dan kursi, serta kamar mandi. 

 

Nah, pastikan fasilitas yang diberikan sudah worth it alias sesuai dengan harga sewa kamar. Jika menghendaki fasilitas yang lebih lengkap seperti AC, water heater, hingga Wi-Fi, Anda berhak mematok harga yang sedikit lebih mahal. 

 

Harga Sewa Sesuai dengan Pasar

Agar investasi kos-kosan Anda sukses, Anda harus menetapkan harga sewa yang sesuai dengan pasar. Itu sebabnya, sebelum Anda mematok harga fix, Anda bisa melakukan riset pada indekos kompetitor terlebih dulu. Riset ini meliputi fasilitas, kondisi bangunan, hingga lokasi.

 

Jika bangunan Anda memiliki fasilitas lebih lengkap, maka Anda bisa mematok harga lebih tinggi. Meskipun begitu, tetap sesuaikan dengan harga sewa di sekitar lokasi Anda. Jika salah riset, bisa-bisa indekos Anda tidak laku karena terlalu mahal.

 

Perhitungan Biaya Bisnis Kos-kosan

 

Pasti Anda pernah bertanya-tanya, berapa biaya perhitungan bisnis kos-kosan? Nah, cara menghitung modal yang dibutuhkan adalah mengombinasikan harga tanah dengan biaya pembangunan kamar kos. Agar lebih jelas, simak contoh perhitungan bisnis kos-kosan berikut ini.

 

Dengan luas tanah sebesar 30 meter persegi seharga Rp2 juta per meter, Anda ingin membangun indekos berisikan 10 kamar. Masing-masing kamar memiliki luas 4×4 meter persegi. Maka biaya yang dibutuhkan bisa dihitung sebagai berikut.

 

Harga tanah x Total luas tanah

 

Rp2 juta x 30 meter persegi = Rp60 juta

 

Selanjutnya, biaya yang dibutuhkan untuk membangun tiap kamar kos adalah Rp3 juta per meter persegi.

 

Kamar Kost = 4×4 = 16 meter persegi

 

Indekos 10 pintu = 10 x 16 meter persegi = 160 meter persegi

 

Cara Menghitung Modal Bisnis Indekos

 

Luas 1 kamar kos x Harga x Jumlah total kamar

 

16 meter persegi x Rp3 juta x 10 kamar  = Rp480 juta

 

Jadi, biaya yang harus Anda siapkan untuk membangun bisnis kos-kosan mulai dari tanah hingga pembangunan kamar setidaknya adalah Rp480 juta.

 

Sebenarnya, Anda bisa saja memulai bisnis kos-kosan tanpa modal. Caranya seperti mengajukan proposal kerja sama dengan vendor atau brand terkait. Sayangnya, cara ini tidak berlaku jika Anda ingin sekaligus berinvestasi secara full di sana.

 

Keuntungan Usaha Kos-kosan

 

Bisnis kos-kosan memiliki berbagai macam keuntungan, apalagi jika Anda mampu memaksimalkan potensinya dengan lokasi dan fasilitas yang menjanjikan. Berikut penjelasannya. 

 

Selalu Ramai Peminat

Mayoritas pekerja dan mahasiswa yang tersebar di Indonesia adalah perantau yang berasal dari daerah lain. Tentu saja, mereka pasti membutuhkan tempat tinggal yang layak di tanah rantau. Itu sebabnya keberadaan indekos selalu krusial dan laris manis.

 

Capital Gain Tinggi

Dalam dunia properti, capital gain berarti bangunan tersebut berpotensi mengalami kenaikan harga tiap tahun. Besar kecilnya kenaikan ini sangat bergantung dari lokasi dan fasilitas pendukung. Beruntungnya, bisnis indekos memiliki capital gain yang jauh lebih tinggi dari properti lain.

 

Capital Rate yang Menjanjikan

Dibandingkan bisnis sewa rumah atau tanah kosong, usaha kos-kosan memiliki capital rate yang lebih tinggi hingga mencapai 5-7%. Tentu saja, capital rate ini harus didukung dengan fasilitas penunjang yang lengkap dan worth it dengan harga sewa yang diterapkan.

 

Kekurangan Usaha Kos-kosan

 

Meskipun memiliki banyak keuntungan, usaha indekos memiliki beberapa kekurangan yang harus diantisipasi. Berikut kelemahan usaha kos-kosan yang harus jadi perhatian bersama.

 

Harus Punya Strategi Manajemen yang Baik

Anda harus menyusun strategi manajemen usaha kos-kosan secara detail. Berbeda dengan investasi obligasi atau saham yang bisa ditinggal, bisnis indekos wajib diawasi dengan ketat. Tujuannya agar tidak terjadi kelalaian yang berakibat fatal. Bisa dikatakan, Anda tidak bisa fleksibel jika memiliki usaha indekos.

 

Risiko Telat Bayar Sewa

Telat bayar sewa adalah faktor kelemahan usaha kos-kosan yang tidak bisa dihindari. Faktornya pun beragam, mulai dari masalah ekonomi orang tua atau terkena layoff pekerjaan. Biarpun Anda bisa memberikan toleransi untuk faktor ini, namun situasi tersebut berdampak pada terhambatnya perputaran uang.

 

Tidak Laku dan Sepi Penghuni

Seperti yang Bizhare jelaskan sebelumnya, saat membangun properti indekos, Anda harus mempertimbangkan lokasi dan fasilitas yang tersedia. Jika tidak, maka risikonya cukup fatal, yakni sepi penghuni. Tentu orang tidak akan mau menempati properti Anda jika tidak strategis, tidak bersih, atau sulit dijangkau dari jalan utama.

 

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tips dan strategi memulai usaha kos-kosan di tahun 2023. Semoga artikel ini membantu Teman Bizharian dalam menyusun strategi berinvestasi di tahun baru. Selamat mencoba!

 

6439 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
341 Suka