08 November 2023
4 menit baca

10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Tahun 2023

4 menit baca

 

Jika Anda ingin memulai bisnis tetapi memiliki modal yang terbatas, jangan khawatir. Ada banyak contoh usaha modal kecil yang dapat memberikan untung besar. Beberapa di antaranya bisa Anda cek pada daftar di bawah ini.

 

  1. Usaha Makanan Ringan

 

Usaha makanan ringan bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda memiliki keahlian dalam memasak atau membuat jajanan ringan. Bisnis ini bisa dimulai dari rumah dengan memanfaatkan dapur pribadi sebagai tempat produksi. 

 

Untuk meningkatkan penjualan, Anda dapat memasarkan produk secara online melalui media sosial atau platform e-commerce. Perlu diingat, bisnis ini sangat mudah berubah karena mengikuti tren. Jadi, carilah makanan ringan yang sifatnya evergreen seperti keripik pisang atau telur gulung.

 

Baca Juga: Potensi Industri FnB di Indonesia

 

  1. Usaha Minuman Kekinian

 

Anda suka meracik minuman dan berkreasi dengan apapun yang berbau beverages? Nah, ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis minuman kekinian. Secara khusus, karena konsepnya adalah homemade, Anda bisa memberi embel-embel produk Anda menyehatkan dan berasal dari bahan-bahan organik.

 

Modal yang harus dikeluarkan tidak besar. Berdasarkan beberapa sumber, bisnis mini beverages semacam ini membutuhkan biaya kurang dari Rp1 juta. Akan semakin murah jika Anda memiliki kebun buah atau teh sendiri sehingga biaya bahan baku semakin murah. 

 

  1. Usaha Frozen Food

 

Contoh usaha modal kecil yang berpotensi untung besar adalah frozen food. Alasannya, bisnis ini masih minim pesaing. Padahal, demand pasar makanan beku terbilang besar di Indonesia. Apalagi saat pandemi, banyak orang yang membutuhkan makanan praktis dan dapat disimpan dalam waktu yang lama di dalam kulkas

 

Produk-produk yang bisa Anda sediakan secara beku antara lain sosis, nugget, french fries, dan lain sebagainya. Modal yang Anda siapkan pun terbilang kecil, yakni antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta, tergantung dari jenis frozen food yang Anda sediakan serta banyaknya freezer penyimpanan makanan yang dimiliki.

 

  1. Usaha Dropship

 

Pernah mendengar bisnis dropship? Belakangan, usaha ini menjadi semakin populer di Indonesia. Alasannya, Anda bisa berjualan produk tanpa modal sama sekali. Anda hanya perlu memasarkan produk tersebut dari orang lain dan mengambil komisi dari penjualan. 

 

Satu-satunya tantangan dari usaha ini adalah tren dan demand yang berubah-ubah. Tidak hanya mencari supplier dan brand yang terpercaya, Anda juga harus membaca minat pasar, jangan sampai flop.

 

  1. Usaha Affiliate Marketing

 

Contoh usaha minim atau tanpa modal yang berpotensi untung besar adalah bisnis afiliasi. Singkatnya dalam usaha ini, Anda bekerja sama dengan perusahaan atau penjual untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. 

 

Sekilas, bisnis affiliate mirip seperti dropshipper. Namun, Anda tidak diberi kebebasan untuk menentukan harga dan pasar seperti yang dilakukan para dropshipper. Yang bisa Anda lakukan hanya memasarkan produk client sebanyak-banyaknya dan mengajak mereka membeli lewat tautan yang dibagikan.

 

Baca Juga: Bisnis Afiliasi: Cara Mudah Mendapatkan Penghasilan dari Internet

 

  1. Usaha Fashion

 

Jika Anda memiliki minat dalam dunia fashion, Anda bisa memulai bisnis dalam bidang ini. Produk-produk yang dijual pun beragam, mulai dari baju, celana, jaket, bahkan hingga aksesoris kekinian.

 

Nantinya, Anda bisa toko kecil di area yang strategis. Tak hanya itu, Anda dapat menjual produk fashion dari produsen lokal atau membelinya dari luar negeri. Jangan lupa, promosikan produk Anda di aneka media sosial dan platform e-commerce.

 

  1. Usaha Online Course

 

Jika Anda memiliki pengetahuan atau keahlian yang spesifik, Anda bisa membagikannya melalui kursus online. Misalkan saja, Anda membuka kursus privat Matematika atau Fisika. Anda dapat membuat video tutorial mengerjakan rumus dan menjualnya secara online. 

 

Usaha kursus online bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan. Alasannya karena Anda hanya perlu membuat konten sekali dan dapat menjualnya berulang kali. Selain itu, usaha ini bisa mengasah kembali ilmu dan skill yang pernah Anda dapat waktu sekolah atau kuliah.

 

  1. Usaha Fotografi

 

Suka memotret dan mendokumentasikan event? Pas sekali, cobalah membuka bisnis fotografi! Nantinya, Anda memotret acara pernikahan, acara keluarga, atau produk bisnis. Tentu saja, agar usaha ini lancar, dibutuhkan keterampilan fotografi yang baik dan peralatan yang memadai.

 

Selain itu, Anda perlu membuat portofolio hasil fotografi di akun media sosial, baik Instagram, Shutterstock, ataupun platform sejenis. Hal ini akan membuka peluang tawaran job sebesar-besarnya dan memperlebar karier Anda di dunia fotografi.

 

  1. Usaha Peternakan

 

Salah satu bisnis modal kecil yang jarang disorot adalah usaha peternakan dan budidaya hewan. Padahal, jika mau ditekuni, bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan besar. Kesempatan bagus jika Anda tinggal di daerah pedesaan atau lahan kosong.

 

Anda bisa mulai memelihara ayam, bebek, atau sapi, lalu menjual produknya seperti daging dan telur. Anda juga bisa memulai budidaya ikan lele. Jangan salah, omzetnya bisa mencapai puluhan juta Rupiah dalam sekali panen, loh!

 

  1. Investasi Franchise Modal 1 Juta di Bizhare

 

Membuka usaha franchise bisa menjadi pilihan yang tepat jika ingin memulai bisnis dengan cepat. Anda tidak perlu membuat merek sendiri karena sudah menggunakan merek yang sudah dikenal. Namun, perhatikan biaya franchise dan persyaratan yang diperlukan untuk membuka bisnis tersebut.

 

Meskipun ada beberapa brand yang menawarkan pembukaan franchise di bawah Rp5 juta, nyatanya hampir semua bisnis waralaba membutuhkan modal yang besar, bahkan hingga ratusan juta Rupiah.

 

Untungnya, Anda bisa memiliki franchise impian dengan modal mulai dari Rp1 juta saja. Caranya adalah berinvestasi melalui platform securities crowdfunding Bizhare. Crowdfunding merupakan sistem di mana para investor dapat memberikan dukungan keuangan untuk sebuah proyek atau bisnis melalui internet secara patungan. 

 

Tercatat sudah ratusan bisnis dengan total investasi lebih dari Rp100 miliar telah didanai melalui Bizhare. Tak heran, Bizhare berhasil mendapat sederet penghargaan prestisius, mulai dari #1 Indonesia Top Crowdfunding Platform 2019 by Top 10 Asia (Top10Asia.org), Top Innovation Choice Award 2021 by Infobrand.id, hingga Startup Terbaik Pilihan TEMPO 2017

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera investasikan dana di bisnis franchise pilihan Anda mulai dari Rp1 Juta. Cek daftar lengkapnya di tautan ini.  

 

Baca Juga: Panduan Berinvestasi di Bizhare

 

Demikianlah contoh usaha modal kecil yang dapat memberikan untung besar. Pilihlah usaha yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Jangan lupa, perhatikan tren pasar yang sedang naik agar tidak flop.

 

Selain itu, Anda juga perlu melakukan riset yang cukup dan membangun strategi pemasaran yang efektif. Dengan demikian, keberhasilan bisnis bisa Anda raih dalam waktu dekat. Selamat mencoba!

6242 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
380 Suka