23 June 2023
5 menit baca

Ketahui Cara Mengembangkan Bisnis Bagi Pemula, Mulai dari Nol!

5 menit baca

cara mengembangkan bisnis

 

Memulai bisnis dan mengembangkannya mulai dari nol, memang bukan perkara mudah. Terlebih bagi pemula yang baru saja mulai menggeluti dunia bisnis. Perlu modal berupa semangat belajar yang kuat dan tekad yang besar untuk dapat meraih peluang kesuksesan dalam bisnis yang dijalankan. Sebelum sampai pada tahap tersebut, berikut cara memulai dan mengembangkan bisnis mulai dari nol.

 

  • Memiliki Growth Mindset 

 

Salah satu aspek penting dan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap pebisnis adalah pola pikir. Bagi seorang pebisnis, memiliki growth mindset yang baik adalah sebuah keharusan. 

 

Orang-orang dengan growth mindset percaya bahwa setiap proses yang dilalui adalah peluang untuk terus belajar dan berkembang. Maka, ketika menghadapi tantangan dan perubahan, mereka akan melihat hal ini sebagai sebuah media belajar.

 

Bahkan, ketika terjadi kegagalan, orang dengan pola pikir ini tidak akan mudah menyerah dan putus asa, sehingga mereka akan selalu memiliki peluang dan kesempatan lainnya dengan terus mencoba.

 

Baca Juga: Growth Mindset: Definisi, Manfaat, dan Cara Mengembangkannya

 

  • Pilih Bidang Usaha yang Dikuasai

 

Memulai bisnis dengan memilih bidang usaha yang dikuasai, tentu akan lebih mudah dilakukan oleh pemula. Paling tidak, Anda sudah paham dan memiliki pengetahuan yang cukup terkait bisnis yang akan dijalani. 

 

Belajar mengenai bidang usaha yang akan dirintis juga tidak harus melalui sekolah formal. Anda bisa memanfaatkan berbagai media belajar seperti platform media sosial, hingga buku panduan berbisnis agar Anda semakin paham mengenai medan yang akan dilalui ke depannya.

 

  • Membuat Konsep dan Rencana Bisnis

 

Setelah Anda tahu usaha atau bisnis apa yang ingin dirintis, saatnya Anda mulai mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda secara menyeluruh. 

 

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memahami jenis produk atau jasa yang ingin Anda jual. Identifikasi keunggulan dan keunikan produk, identifikasi pula persaingan dengan kompetitor jika ada.

 

Kemudian, lakukan penelitian dan riset pasar terkait produk tersebut. Produk yang memang dibutuhkan oleh konsumen tentu akan dicari dan berpeluang besar untuk laku di pasaran. 

 

Setelah itu, buatlah business plan sederhana yang terdiri dari visi misi, perkiraan modal, kondisi keuangan, sumber dana, hingga strategi pemasaran.

 

  • Membangun Relasi dengan Pengusaha

 

Modal berharga yang bisa Anda miliki saat mengembangkan bisnis salah satunya adalah relasi dan jaringan. Secara khusus, Anda bisa membangun relasi dengan sesama pebisnis atau pengusaha untuk mengetahui peluang baru hingga belajar dan berbagi ilmu. 

 

Beberapa peluang yang bisa saja datang berkat jaringan dan relasi ini misalnya adalah memperkuat modal dan mendapatkan suntikan dana, mempermudah ekspansi bisnis, hingga kemudahan dalam pengadaan dan suplai bahan baku.

 

  • Memiliki Strategi Promosi yang Efektif

 

Setelah konsep bisnis mulai terbentuk, saatnya mulai mengoperasikan usaha yang dijalankan. Langkah awal yang bisa ditempuh agar masyarakat mengenal produk dan jasa yang Anda tawarkan adalah dengan melakukan pemasaran dan promosi.

 

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis strategi promosi dan marketing dapat berhasil. Hal itu sangat bergantung pada metode apa yang digunakan, apakah relevan dengan produk, brand, hingga target market bisnis.

 

Pilih media promosi dan konten marketing yang sesuai dengan citra brand yang ingin Anda bangun. Cara ini bisa dilakukan secara online melalui media sosial dan e-commerce atau secara offline dengan ikut pameran, festival, hingga seminar, tergantung dari jenis bisnis dan target pasar. Untuk itulah, penting bagi Anda mengenali bisnis secara menyeluruh dan membuat rencana bisnis yang terstruktur.

 

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Paling Efektif dan Menguntungkan di Tahun 2023

 

  • Bangun Citra Positif Brand

 

Sebagai pebisnis pemula, brand atau merek yang Anda miliki tentu masih belum banyak yang mengetahui. Untuk dapat membangun hal ini, diperlukan komitmen untuk dapat menyajikan produk dan layanan yang berkualitas sehingga meraih kepercayaan konsumen.

 

Ketika kepercayaan konsumen sudah dibangun, citra merek pun akan semakin baik dan dinilai kredibel oleh masyarakat. Semakin bagus dan positif brand yang Anda bangun, peluang mendapat keuntungan besar akan semakin terbuka lebar.

 

Baca Juga: Apa itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

 

  • Terus Lakukan Inovasi dan Asah Kreativitas

 

Ketika bisnis sudah mulai berkembang, jangan berhenti untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan. Anda bisa mengakses berbagai sumber belajar dan meng-update perkembangan tren dan informasi terutama yang berkaitan dengan usaha Anda.

 

Hal tersebut akan membantu Anda untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan kreativitas dalam menjalankan bisnis. Inovasi dan pembaruan pada bisnis berguna untuk memberikan pilihan yang lebih banyak atau lebih baik kepada konsumen dengan tetap memperhatikan kualitas produk.

 

  • Mempertahankan Loyalitas Konsumen

 

Apabila Anda sudah memiliki target pasar tersendiri, Anda tentu ingin agar konsumen tersebut mempercayai produk dan layanan Anda. Mereka biasanya akan terus membeli atau melakukan transaksi berulang jika merasa puas dan cocok dengan suatu merek atau brand.

 

Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan tersebut, terkadang tidak cukup hanya dengan meningkatkan mutu dan kualitas produk. Sebab, akan selalu ada kompetitor dan produk sejenis yang sama baiknya.

 

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan dan jalin relasi yang baik dengan mereka. Anda tidak hanya memperlakukan konsumen sebagai pembeli yang bertransaksi, namun juga sebagai rekan yang kebutuhannya senantiasa Anda usahakan untuk dipenuhi. Jika relasi sudah terjalin, konsumen akan terus loyal menggunakan produk atau jasa Anda.

 

  • Terorganisir dan Teratur

 

Salah satu hal penting yang juga harus Anda perhatikan agar bisnis bisa berkembang dan sukses adalah adanya keteraturan, baik secara organisasi dan sistem manajerial, hingga sistem produksi dan pengadaan barang. 

 

Sebagai pemilik bisnis atau usaha, Anda perlu teratur dan cermat dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan. Atur keuangan dengan baik agar terhindar dari kerugian. 

 

Jika Anda memiliki beberapa orang sebagai tim pada bisnis tersebut, perkuat solidaritas dan rapikan sistem bisnis agar terorganisir dengan baik. Cara ini akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan bisnis, serta dapat menghindari kerugian.

 

  • Terbuka Terhadap Kritik dan Evaluasi

 

Lakukan evaluasi secara rutin terhadap bisnis Anda secara keseluruhan. Mulai dari laporan keuangan, kepuasan pelanggan terhadap layanan dan produk, hingga sistem organisasi dan manajerial di bisnis Anda. 

 

Mengidentifikasi setiap masalah dan kekurangan yang ada, akan membantu Anda mengambil langkah perbaikan yang tepat, sehingga akan mengurangi dampak buruk dan meminimalisir kerugian ke depannya.

 

  • Berkonsultasi ke Konsultan Bisnis

 

Mengembangkan bisnis dari nol memang membutuhkan modal berupa kemauan yang kuat, pola pikir terbuka, keinginan untuk terus belajar, dan semangat pantang menyerah yang tinggi. 

 

Oleh karena itu, sebagai pebisnis pemula, agar langkah awal Anda dalam membangun bisnis lebih matang, Anda dapat berkonsultasi bersama konsultan bisnis terpercaya dan berpengalaman untuk memperkuat konsep bisnis yang ingin Anda bangun. 

 

Anda dapat berkonsultasi terkait rencana pengembangan dan strategi bisnis mulai dari segi keuangan, legalitas, strategi pemasaran, performa bisnis, hingga sektor kualitas kinerja. 

 

Jika ada permasalahan atau pengembangan yang ingin dilakukan pada bisnis Anda, konsultasikan secara GRATIS bersama MBN Consulting dan temukan solusi terbaik untuk bisnis Anda.

 

MBN Consulting adalah agensi konsultan dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.

 

Klik untuk Info Lebih Lanjut

717 Reads
Author: Bizhare Contributor
170 Suka