12 October 2023
3 menit baca

Memahami Konsep Ikigai & Cara Menerapkannya dalam Hidup

3 menit baca

konsep hidup ikigai adalah

 

Apakah Anda pernah merasa terjebak dalam rutinitas sehari-hari yang kurang bermakna? Apakah Anda mencari cara untuk meraih kebahagiaan dan tujuan hidup yang lebih dalam? Konsep Ikiga, yang berasal dari Jepang, mungkin bisa menjadi kunci untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam apa itu konsep Ikigai dan manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menerapkannya dalam hidup.

 

Apa itu Konsep Ikigai?

 

Ikigai adalah konsep yang berasal dari budaya Jepang. Secara harfiah, ikigai terdiri dari dua kata, yaitu “iki” yang berarti “hidup,” dan “gai” yang mengacu pada “nilai” atau “tujuan.” Lebih dari sekadar istilah, ikigai merujuk pada esensi dari keberadaan kita dan motivasi yang mendorong setiap tindakan dan pilihan yang kita buat dalam kehidupan sehari-hari.

 

Menggali lebih dalam, konsep ikigai mengajarkan kita bahwa kebahagiaan dan kepuasan hidup tidak hanya datang dari satu aspek tertentu, seperti karier atau kesuksesan finansial. 

 

Sebaliknya, ikigai merangkum empat dimensi penting yang saling berkaitan, yaitu apa yang Anda cintai, hal apa yang Anda jago dalam melakukannya, apa yang dibutuhkan oleh dunia, dan apa yang bisa menghasilkan penghasilan. Ketika empat dimensi ini berpadu secara harmonis, Anda menemukan ikigai Anda.

 

Pertama, “apa yang Anda cintai” mengacu pada passion dan hal-hal yang membuat Anda merasa hidup. Ini bisa termasuk hobi, aktivitas, atau topik yang memicu semangat dalam diri Anda. 

 

Kedua, “apa yang Anda jago dalam melakukannya” mengarah pada keahlian dan bakat yang Anda miliki. Ini adalah hal-hal yang telah Anda kuasai dan bisa Anda lakukan dengan keunggulan.

 

Ketiga, “apa yang dibutuhkan oleh dunia” mendorong Anda untuk melihat di luar diri sendiri dan mengidentifikasi bagaimana Anda bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat atau lingkungan sekitar Anda. Ini melibatkan pemikiran tentang bagaimana Anda bisa menjadikan dunia ini sedikit lebih baik karena keberadaan Anda. 

 

Terakhir, “apa yang bisa menghasilkan penghasilan” mencerminkan aspek ekonomi dan cara Anda dapat mengubah passion dan keahlian Anda menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan.

 

Baca Juga: Cara Membentuk Mindset Positif, Kunci Jadi Pengusaha Sukses!

 

Manfaat Menerapkan Konsep Ikigai dalam Hidup

 

Menerapkan konsep ikigai dalam hidup memiliki sejumlah manfaat yang signifikan. Berikut daftar lengkapnya!

 

  • Meningkatkan Kualitas Hidup

Memahami ikigai membantu seseorang mengidentifikasi tujuan hidup yang lebih dalam dan bermakna. Ini membantu meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan karena seseorang memiliki alasan yang kuat untuk bangun setiap pagi.

 

  • Mengurangi Stres dan Kecemasan

Dengan memiliki tujuan hidup yang jelas, seseorang dapat mengalami penurunan tingkat stres dan kecemasan. Ketika seseorang tahu apa yang mereka kejar dan mengapa, mereka cenderung lebih tenang dan fokus.

 

  • Meningkatkan Motivasi

Menjalani hidup dengan ikigai memberikan dorongan motivasi yang kuat. Saat menghadapi tantangan, seseorang memiliki dorongan internal untuk terus maju karena mereka tahu mengapa mereka melakukannya.

 

  • Memperpanjang Umur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki ikigai dapat berkontribusi pada umur yang lebih panjang. Ikigai membantu menjaga semangat hidup dan dorongan untuk tetap aktif.

 

  • Meningkatkan Kreativitas

Ketika seseorang mengikuti passion mereka dan menerapkan keahlian mereka, mereka cenderung lebih kreatif dalam mengatasi masalah dan mencari solusi.

 

  • Meningkatkan Kesejahteraan Emosional

Ikigai membantu menciptakan rasa kesejahteraan emosional. Saat seseorang merasa terhubung dengan tujuan hidupnya, mereka cenderung merasa lebih bahagia dan puas.

 

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Orang Sukses, Bisa Dimulai dari Usia Muda!

 

Cara Menerapkan Konsep Ikigai dalam Hidup

 

Menerapkan konsep ikigai dalam hidup memerlukan pemahaman yang mendalam tentang diri sendiri dan eksplorasi dalam beberapa aspek. Berikut adalah langkah-langkah untuk menerapkan konsep ikigai.

 

  • Kenali Diri Anda (What You Love

Identifikasi hal-hal yang Anda cintai dan gairahkan. Apa yang membuat Anda bersemangat dan merasa hidup? Apakah itu seni, olahraga, musik, atau hal lainnya?

 

  • Kenali Keahlian Anda (What You’re Good At)

Evaluasi keahlian dan bakat yang Anda miliki. Apa yang sudah Anda kuasai dan apa yang orang lain anggap Anda baik dalam melakukannya?

 

  • Temukan Kebutuhan Dunia (What the World Needs)

Pahami apa yang dibutuhkan oleh dunia di sekitar Anda. Apa masalah yang bisa Anda bantu selesaikan? Bagaimana Anda bisa berkontribusi pada masyarakat atau lingkungan?

 

  • Identifikasi Potensi Penghasilan (What You Can Be Paid For)

Pertimbangkan apakah kecintaan Anda dan keahlian Anda dapat menghasilkan pendapatan. Bagaimana Anda bisa mengubah passion dan keahlian Anda menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi?

 

  • Temukan Titik Tengah (Finding the Sweet Spot)

Analisis semua elemen di atas dan cari titik pertemuan di antara mereka. Itulah tempat di mana ikigai Anda berada – di antara apa yang Anda cintai, apa yang Anda baik dalam melakukannya, apa yang dibutuhkan dunia, dan apa yang bisa menghasilkan penghasilan.

 

  • Terus Mengasah Diri (Continuously Refine)

Sifat ikigai tidak statis. Selama hidup Anda, prioritas dan situasi dapat berubah. Teruslah mengeksplorasi dan menyesuaikan ikigai Anda seiring perubahan kehidupan.

 

Baca Juga: Slow Living: Pengertian, Manfaat, & Cara Melakukannya

 

Menerapkan konsep ikigai dalam hidup dapat memberikan arah yang jelas, kebahagiaan, dan makna yang mendalam. Dengan mengidentifikasi alasan hidup yang kuat dan mengintegrasikan passion, keahlian, kontribusi sosial, dan aspek ekonomi, seseorang dapat mencapai kepuasan yang lebih besar dalam hidup. 

 

Penting untuk diingat bahwa mencapai ikigai adalah perjalanan yang berkelanjutan, dan dengan eksplorasi dan refleksi yang terus-menerus, Anda dapat menciptakan kehidupan yang bermakna dan memuaskan.

828 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
143 Suka