11 June 2024
5 menit baca

Apa itu Safe Deposit Box? Simak Biaya Sewa, Keuntungan, dan Kelemahan SDB di Sini!

5 menit baca

safe deposit box

 

Safe deposit box merupakan salah satu opsi yang populer untuk menyimpan barang-barang berharga dengan aman. Dengan menggunakannya, Anda dapat menjaga keamanan dan privasi aset berharga, seperti perhiasan, dokumen penting, atau barang berharga lainnya. 

 

Apa itu Safe Deposit Box?

 

Safe deposit box (SDB) adalah sebuah layanan penyimpanan yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan tertentu. SDB biasanya berupa kotak keamanan yang terbuat dari logam dan dirancang untuk menyimpan barang berharga, dokumen penting, dan aset berharga lainnya dengan aman. 

 

SDB disimpan di dalam brankas bank yang kokoh dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminal seperti perampokan maupun force majeure lainnya.

 

Baca Juga: Rekening Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Syarat Pembuatan

 

Manfaat Safe Deposit Box

 

Ada banyak manfaat yang ditawarkan safe deposit box, Beberapa di antaranya bisa Anda baca di bawah ini.

 

  • Keamanan Barang Berharga

Salah satu manfaat utama dari safe deposit box adalah memberikan keamanan ekstra bagi barang-barang berharga Anda. SDB biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat, seperti pengawasan 24 jam, akses terbatas, dan perlindungan terhadap kebakaran dan bencana alam. 

 

  • Perlindungan terhadap Pencurian

Safe deposit box juga memberikan perlindungan terhadap risiko pencurian. Dengan menyimpan barang berharga di dalam SDB, Anda mengurangi kemungkinan bahwa barang-barang berharga Anda akan menjadi sasaran pencuri. SDB biasanya terletak di area yang aman di dalam bank, yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat, seperti kamera pengawas dan keamanan yang terlatih.

 

  • Privasi dan Kerahasiaan

Keuntungan lain dari safe deposit box adalah privasi dan kerahasiaan. Anda sebagai pemilik SDB adalah satu-satunya orang yang memiliki akses ke kotak tersebut, kecuali Anda memberikan izin khusus kepada pihak lain. Hal ini memberikan tingkat privasi dan kerahasiaan yang tinggi dalam menjaga kerahasiaan dokumen atau barang berharga yang Anda simpan di dalamnya.

 

  • Proteksi dari Bencana Alam

Safe deposit box juga memberikan perlindungan terhadap bencana alam, seperti kebakaran atau banjir. SDB biasanya dibangun dengan bahan yang tahan terhadap api dan bencana alam lainnya. Jadi, jika terjadi kebakaran atau bencana lain di luar, barang-barang berharga Anda yang disimpan di dalam SDB akan tetap aman dan terlindungi.

 

Baca Juga: Perbedaan Giro dan Tabungan, Mana yang Paling Menguntungkan?

 

Kelemahan Safe Deposit Box

 

Meskipun menawarkan berbagai kelebihan menarik, safe deposit box ternyata juga menyimpan beberapa kelemahan. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya!

 

  • Keterbatasan Akses

Salah satu kelemahan safe deposit box adalah keterbatasan akses. Anda hanya dapat mengakses SDB saat bank atau lembaga keuangan tersebut beroperasi. 

 

Jika Anda membutuhkan akses mendadak ke barang berharga yang disimpan di dalam SDB di luar jam operasional bank, Anda harus menunggu hingga bank dibuka. Ini bisa menjadi kendala jika Anda membutuhkan akses segera dalam situasi darurat.

 

  • Biaya Sewa

Kelemahan lain dari safe deposit box adalah biaya sewa yang harus dibayarkan secara berkala. Bank atau lembaga keuangan biasanya mengenakan biaya sewa bulanan atau tahunan untuk menggunakan SDB. 

 

Biaya ini bervariasi tergantung pada ukuran kotak, lokasi bank, dan fasilitas keamanan yang disediakan. Bagi beberapa orang, biaya sewa ini mungkin menjadi beban tambahan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakan layanan SDB.

 

  • Risiko Kehilangan Akses

Ada risiko kehilangan akses terhadap safe deposit box jika Anda kehilangan kunci atau kartu akses. Jika hal ini terjadi, Anda harus melaporkan kehilangan tersebut kepada bank atau lembaga keuangan dan mengikuti prosedur yang ditentukan untuk mendapatkan akses kembali. 

 

Tentu saja, proses ini mungkin memakan waktu dan mengganggu akses langsung ke barang-barang berharga yang disimpan di dalam SDB. Itu sebabnya, SDB sangat tidak tepat jika digunakan untuk menaruh benda-benda yang sering diakses.

 

Cara Membuka Safe Deposit Box beserta Syaratnya

 

Untuk membuka safe deposit box, Anda perlu mengikuti langkah-langkah diberikan bank terkait, misal BCA, BNI, atau Mandiri. Secara garis besar, berikut panduannya.

 

  1. Pilih bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan safe deposit box.
  2. Hubungi bank atau lembaga keuangan tersebut untuk mengetahui ketersediaan dan biaya sewa SDB.
  3. Persiapkan dokumen yang diperlukan, seperti KTP, NPWP, dan bukti kepemilikan aset.
  4. Kunjungi kantor bank dan mintalah formulir aplikasi SDB.
  5. Isi formulir aplikasi dengan lengkap dan jujur, dan serahkan ke bank.
  6. Bayar biaya sewa dan biaya administrasi yang ditentukan oleh bank.
  7. Setelah proses aplikasi selesai, bank akan memberikan Anda kontrak penyewaan dan kunci SDB.
  8. Ikuti instruksi bank untuk mengakses dan menggunakan SDB dengan aman.

 

Biaya Sewa Safe Deposit Box

 

Biaya sewa safe deposit box bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran kotak, lokasi bank, dan fasilitas keamanan yang disediakan. 

 

Sebagai referensi, biaya sewa SDB umumnya berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp200 juta per tahun. Namun, pastikan untuk menghubungi bank atau lembaga keuangan tertentu untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai biaya sewa SDB.

 

Tips Memilih Penyedia Safe Deposit Box

 

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih penyedia safe deposit box yang tepat:

 

  1. Cari tahu reputasi bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan SDB. Pilihlah yang terpercaya dan memiliki catatan keamanan yang baik.
  2. Perhatikan fasilitas keamanan yang disediakan oleh penyedia SDB, seperti pengawasan 24 jam, sistem keamanan yang canggih, dan perlindungan terhadap bencana alam.
  3. Pertimbangkan lokasi bank atau lembaga keuangan. Pilihlah yang mudah diakses dan aman.
  4. Bandingkan biaya sewa SDB dari beberapa penyedia yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran Anda.
  5. Perhatikan persyaratan dan ketentuan penggunaan SDB, termasuk waktu operasional dan kebijakan privasi.

 

Apakah Safe Deposit Box di Bank Aman?

 

Safe deposit box di bank umumnya dianggap sebagai salah satu cara teraman untuk menyimpan barang-barang berharga. Bank biasanya dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat, termasuk pengawasan 24 jam, pengamanan fisik, dan perlindungan terhadap bencana alam. 

 

Namun, tetap penting untuk memilih bank yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam hal keamanan. Selalu periksa kebijakan dan persyaratan penyimpanan safe deposit box dari bank tertentu sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut.

 

Baca Juga: 10 Urutan Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Urutan Berapa?

 

Bagaimana Cara Mengakses atau Membuka Safe Deposit Box?

 

Untuk mengakses atau membuka safe deposit box, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

 

  1. Kunjungi bank atau lembaga keuangan yang menyediakan layanan SDB.
  2. Bawa kartu akses atau kunci SDB yang Anda terima saat melakukan sewa.
  3. Identifikasi diri Anda kepada petugas bank dan ikuti prosedur keamanan yang ditentukan.
  4. Petugas bank akan membantu Anda membuka SDB dengan menggunakan kunci yang sesuai.
  5. Setelah SDB terbuka, Anda dapat mengakses barang-barang berharga yang disimpan di dalamnya.

 

Bank Apa Saja yang Menyediakan Safe Deposit Box?

 

Beberapa bank yang umumnya menyediakan layanan safe deposit box di Indonesia antara lain:

 

  1. Bank Mandiri
  2. Bank Central Asia (BCA)
  3. Bank Negara Indonesia (BNI)
  4. Bank CIMB Niaga
  5. Bank Danamon

 

Namun, daftar ini mungkin tidak lengkap dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Untuk informasi yang lebih akurat dan terkini, sebaiknya Anda menghubungi bank atau lembaga keuangan secara langsung untuk mengetahui apakah mereka menyediakan layanan SDB.

 

Baca Juga: 6 Safe Deposit Box Terbaik dan Harganya Tahun 2024

 

Kesimpulannya, safe deposit box (SDB) adalah solusi yang aman dan terpercaya untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Dengan menggunakan layanan SDB, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran karena barang-barang berharga disimpan dengan baik dan terlindungi. 

 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan SDB, pastikan untuk memilih penyedia yang terpercaya, memahami syarat dan ketentuan, serta mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjaga barang-barang berharga Anda dengan aman dan tenang.

4733 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
458 Suka