13 April 2023
3 menit baca

Rekening Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Syarat Pembuatan

3 menit baca

 

Apakah Anda sedang menjalankan suatu bisnis? Jika iya, maka pengelolaan keuangan bisnis adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuka rekening bisnis. Berikut pembahasan mengenai apa itu rekening bisnis, manfaatnya, cara membuka, serta tips dalam mengelolanya.

 

Apa Itu Rekening Bisnis?

 

Rekening bisnis adalah jenis rekening bank yang digunakan untuk keperluan bisnis. Biasanya, rekening dibuka atas nama perusahaan atau nama usaha. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. 

 

Dengan demikian, pemilik bisnis dapat melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis secara terpisah dan mempermudah proses akuntansi. Selain itu, pengelolaan finansial juga bisa terlaksana dengan mudah, rinci, dan jelas.

 

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula

 

Manfaat Rekening Bisnis

 

Rekening ini menawarkan sejumlah manfaat yang dapat membantu meningkatkan efisiensi keuangan perusahaan Anda. Berikut beberapa manfaatnya!

 

  • Mempermudah Pelacakan Keuangan

Dengan memiliki rekening khusus perusahaan, Anda dapat memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Hal ini memudahkan Anda dalam melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis secara terpisah.

 

  • Meningkatkan Profesionalisme

Membuka rekening khusus perusahaan juga dapat meningkatkan profesionalisme bisnis Anda. Rekening ini menunjukkan bahwa bisnis Anda terpisah dari keuangan pribadi Anda dan dapat memberikan kepercayaan kepada pelanggan dan klien.

 

  • Mempermudah Penerimaan Pembayaran

Dengan memiliki rekening ini, Anda dapat memudahkan pelanggan atau klien dalam melakukan pembayaran. Pelanggan atau klien dapat langsung mentransfer pembayaran ke rekening perusahaan Anda.

 

  • Mempermudah Proses Pemberian Kredit

Jika Anda berniat memberikan kredit kepada pelanggan, rekening perusahaan juga dapat membantu dalam mempermudah prosesnya. Apalagi dengan adanya rekening ini, Anda dapat melihat riwayat pembayaran pelanggan, lalu menentukan apakah pelanggan tersebut dapat dipercaya atau tidak.

 

Persyaratan Membuka Rekening Bisnis

 

Untuk membuka rekening perusahaan, Anda perlu memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan bank terkait. Meskipun kebijakan antar bank berbeda satu sama lain, namun secara garis besar, berikut persyaratan dokumen yang harus disiapkan untuk membuka rekening bisnis.

 

  1. Identitas bisnis: Nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.
  2. Identitas pemilik bisnis: Nama lengkap, alamat, dan nomor telepon.
  3. Dokumen pendukung: Sertifikat pendirian bisnis, surat izin usaha, atau dokumen hukum lainnya.

 

Baca Juga: Kredit Investasi: Pengertian, Syarat, dan Contohnya

 

Cara Membuka Rekening Bisnis

 

Berikut adalah langkah-langkah umum yang perlu Anda ikuti untuk membuka rekening perusahaan!

 

  • Pilih bank yang tepat

Pilih bank yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki reputasi yang baik.

 

  • Siapkan dokumen yang diperlukan

Siapkan dokumen yang diperlukan untuk membuka rekening, seperti identitas bisnis, identitas pemilik bisnis, dan dokumen pendukung.

 

  • Hubungi bank

Hubungi bank dan buat janji temu untuk membuka rekening bisnis.

 

  • Hadir ke bank

Hadir ke kantor bank dan bawa semua dokumen yang diperlukan. Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi dan menyerahkan dokumen-dokumen tersebut.

 

  • Tunggu persetujuan

Setelah Anda mengajukan permohonan, bank akan memeriksa dan mengevaluasi dokumen Anda. Jika semuanya sesuai, rekening bisnis Anda akan disetujui.

 

  • Aktivasi rekening

Setelah rekening Anda disetujui, bank akan memberikan kartu ATM dan instruksi penggunaan rekening bisnis.

 

Tips dalam Mengelola Keuangan Bisnis

 

Setelah membuka rekening bisnis, ada beberapa tips dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Berikut ulasannya!

 

  • Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Pastikan Anda selalu memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Hal ini membantu dalam melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis secara terpisah dan mempermudah proses akuntansi.

 

  • Lakukan Pencatatan Keuangan

Lakukan pencatatan keuangan secara teratur. Catat semua pemasukan dan pengeluaran bisnis. Hal ini membantu Anda dalam mengontrol keuangan bisnis Anda.

 

  • Buat Rencana Keuangan

Buatlah rencana keuangan untuk bisnis Anda. Rencana keuangan ini harus meliputi proyeksi pemasukan dan pengeluaran bisnis. Dengan membuat rencana keuangan, Anda dapat mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih baik.

 

  • Tetapkan Anggaran

Tetapkan anggaran untuk bisnis. Anggaran ini harus meliputi semua pengeluaran yang dibutuhkan untuk bisnis Anda. Dengan menetapkan anggaran, Anda dapat mengontrol pengeluaran bisnis dengan lebih baik.

 

  • Gunakan Layanan Online Banking

Gunakan layanan online banking untuk memantau rekening bisnis. Dengan layanan online banking, Anda dapat dengan mudah memantau transaksi yang masuk dan keluar dari rekening perusahaan.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi

 

Rekening bisnis adalah bagian penting dari manajemen finansial perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memisahkan uang pribadi dari uang bisnis, memudahkan pencatatan transaksi, dan meningkatkan efisiensi keuangan secara keseluruhan. 

 

Jika Anda ingin membuka rekening khusus perusahaan, pastikan untuk memilih bank yang tepat dan memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Dengan rekening bisnis, Anda dapat mengelola keuangan perusahaan Anda dengan lebih baik dan menghindari kesalahan akuntansi yang sering terjadi saat mencampurkan uang pribadi dan perusahaan.

1218 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
279 Suka