26 February 2024
3 menit baca

Perbedaan Revenue dan Income, Mana yang Paling Cuan?

3 menit baca

perbedaan revenue dan income

 

Dalam dunia keuangan, dua istilah yang sering digunakan dan kerap kali menyebabkan kebingungan adalah “revenue” dan “income“. Kedua kata ini sering digunakan secara bergantian, tetapi sebenarnya memiliki makna yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara revenue dan income, serta pentingnya memahami kedua konsep ini untuk keberhasilan finansial.

 

Apa itu Revenue?

 

Revenue adalah jumlah uang atau pendapatan yang diterima oleh suatu perusahaan atau entitas dalam periode waktu tertentu. Pendapatan ini berasal dari penjualan produk atau jasa, investasi, atau sumber-sumber lain yang terkait dengan operasi bisnis. 

 

Revenue sering dianggap sebagai ukuran keberhasilan finansial suatu perusahaan karena mencerminkan seberapa baik perusahaan tersebut dapat menghasilkan pendapatan dari aktivitas operasionalnya. Dalam laporan keuangan, revenue biasanya ditemukan pada bagian atas, sebelum deduksi biaya dan pengeluaran lainnya untuk menghitung laba bersih.

 

Baca Juga: Penjelasan Obligasi, Jenis, dan Perbedaan dengan Saham

 

Apa itu Income?

 

Income adalah jumlah uang atau nilai ekonomi yang diterima oleh individu, keluarga, atau perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu. Pendapatan dapat berasal dari berbagai sumber, termasuk gaji, dividen dari investasi, bunga bank, hasil penjualan aset, atau bentuk pendapatan lainnya. Pendapatan sering digunakan untuk mengukur tingkat kemakmuran atau keberhasilan finansial suatu entitas.

 

Dalam konteks individu, pendapatan biasanya mencakup gaji atau upah dari pekerjaan, serta pendapatan tambahan seperti bonus, tunjangan, atau penghasilan dari sumber-sumber lain. Sementara itu, dalam konteks perusahaan, pendapatan mencakup hasil dari penjualan produk atau jasa, serta pendapatan lain yang terkait dengan kegiatan operasional perusahaan.

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

Perbedaan Revenue dan Income

 

Revenue dan income merupakan dua istilah keuangan yang sering digunakan dalam konteks bisnis. Revenue merujuk pada jumlah total uang atau penerimaan yang diterima oleh suatu perusahaan dari penjualan barang atau jasa mereka. Hal ini mencakup semua sumber penerimaan yang terkait dengan aktivitas operasional utama perusahaan, seperti penjualan produk, pendapatan iklan, dan penerimaan lainnya yang muncul dari kegiatan bisnis pokok. 

 

Di sisi lain, income adalah total laba atau keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan setelah mengurangkan semua biaya, beban, dan pajak dari pendapatan mereka. Income mencakup semua sumber keuntungan, baik yang berasal dari operasi inti maupun dari kegiatan investasi atau keuangan tambahan. 

 

Jadi, sementara revenue mencerminkan penerimaan dari aktivitas bisnis utama, income lebih bersifat holistik, mencakup seluruh dampak laba dan kerugian yang memengaruhi kondisi keuangan keseluruhan perusahaan.

 

Kesimpulannya, perbedaan mendasar antara renevue dan income terletak pada cakupan dan fokus. Revenue mencerminkan total penerimaan sebelum dikurangkan biaya, sementara income memberikan pandangan yang lebih terinci tentang keuntungan bersih setelah mempertimbangkan semua biaya terkait. 

 

Baca Juga: Apa itu Saham: Pengertian, Risiko, dan Cara Membelinya

 

Dalam Konteks Investasi, Lebih Untung Revenue atau Income?

 

Dalam konteks investasi, fokus pada mana yang lebih menguntungkan antara revenue dan income bergantung pada tujuan dan strategi investasi yang diinginkan oleh investor. Revenue dan income memiliki dampak yang berbeda tergantung pada jenis investasi yang dilakukan.

 

Jika tujuan investor adalah untuk mengukur seberapa besar pendapatan yang dihasilkan oleh suatu investasi sebelum mempertimbangkan biaya, maka revenue menjadi parameter yang relevan. Misalnya, jika seorang investor memiliki saham di perusahaan yang menghasilkan revenue yang terus meningkat dari penjualan produk atau jasa, itu dapat dianggap sebagai tanda positif terhadap pertumbuhan potensial perusahaan.

 

Di sisi lain, jika fokus investor lebih pada keuntungan bersih yang dapat diperoleh setelah mempertimbangkan semua biaya terkait, maka income menjadi lebih relevan. Income memberikan gambaran yang lebih akurat tentang profitabilitas sebenarnya dari investasi, karena mencerminkan hasil akhir setelah dikurangkan dengan semua biaya, termasuk pajak dan beban lainnya.

 

Penting untuk diingat bahwa investasi yang menghasilkan revenue tinggi tidak selalu berarti menghasilkan keuntungan bersih yang tinggi. Beberapa investasi mungkin menghasilkan pendapatan tinggi tetapi memiliki biaya operasional yang juga tinggi, sehingga dapat mempengaruhi keuntungan bersih yang sebenarnya.

 

Dalam pengambilan keputusan investasi, investor perlu mempertimbangkan keduanya, revenue dan income, untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang potensi keuntungan dan risiko investasi. Sebaiknya dilakukan analisis menyeluruh terkait dengan tujuan investasi dan kondisi pasar saat itu untuk membuat keputusan yang lebih informasional dan bijak.

 

Memahami perbedaan ini penting dalam menganalisis kesehatan finansial suatu perusahaan atau individu, karena revenue menunjukkan seberapa besar pendapatan yang diterima, sementara income memberikan gambaran yang lebih menyeluruh tentang keuntungan sebenarnya yang dapat diperoleh.

 

Investasi Sekarang dan #AmankanMasaDepanMu

 

Apabila Anda menginvestasikan uang pada saham, reksa dana, emas, berlian, atau bisnis franchise, Anda akan menghasilkan uang lewat passive income selama 24 jam, bahkan saat tidur sekalipun. 

 

Kesimpulannya, memiliki passive income adalah hal vital yang harus Anda lakukan mulai sekarang. Dengan demikian, masa depan Anda akan terjamin damai, tenang, dan bahagia. 

 

Bersama Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanMasaDepanMu Sekarang!

111 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
22 Suka