02 May 2024
3 menit baca

10 Urutan Mata Uang Tertinggi di Dunia, Ada Rupiah?

3 menit baca

mata uang tertinggi di dunia

 

Apakah Anda penasaran dengan mata uang mana yang memiliki nilai tertinggi di dunia tahun 2024? Dalam artikel ini, kita akan melihat urutan mata uang dari paling rendah hingga tertinggi. Apakah Rupiah masuk dalam daftar ini? Mari kita cari tahu!

 

  • Dinar Kuwait (KWD)

 

Dinar Kuwait merupakan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia. Setiap 1 Dinar Kuwait memiliki nilai sekitar 3,30 USD. Mengapa nilai Dinar Kuwait begitu tinggi? Salah satu faktor utamanya adalah kekayaan sumber daya alam negara ini, terutama minyak. 

 

Kuwait adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Pendapatan yang tinggi dari industri minyak ini memberikan stabilitas ekonomi dan kekuatan pada mata uang Kuwait. Tidak heran, mata uang Dinar Kuwait menjadi mata uang tertinggi di dunia di tahun 2024.

 

Baca Juga: Peluang Resesi Ekonomi Tahun Ini dan Solusinya, Indonesia Aman?

 

  • Dinar Bahrain (BHD)

 

Dinar Bahrain juga memiliki nilai yang sangat tinggi, sekitar 2,65 USD per 1 Dinar Bahrain. Alasannya pun tak jauh berbeda dengan Kuwait. Bahrain adalah negara dengan kebijakan ekonomi yang kondusif dan stabilitas politik yang kuat. 

 

Selain itu, Bahrain juga memiliki sumber daya minyak dan gas alam yang signifikan. Faktor-faktor ini berkontribusi pada kekuatan nilai Dinar Bahrain.

 

  • Dinar Yordania (JOD)

 

Dinar Yordania memiliki nilai sekitar 1,41 USD per 1 Dinar Yordania. Mata uang ini memiliki nilai yang stabil dan terus meningkat. Salah satu faktor utamanya adalah stabilitas politik yang relatif terjaga di Yordania. Selain itu, Yordania juga memiliki kekuatan ekonomi yang cukup baik, terutama dalam sektor pariwisata dan layanan keuangan.

 

  • Rial Oman (OMR)

 

Rial Oman memiliki nilai tukar sekitar 2,60 USD per 1 Rial Oman. Mata uang ini memiliki nilai yang tinggi dan stabil. Salah satu faktor yang mempengaruhi kekuatan Rial Oman adalah kekayaan alamnya, terutama sumber daya minyak. Pendapatan yang tinggi dari sektor minyak dan gas alam memberikan kontribusi besar pada stabilitas ekonomi Oman dan nilai mata uangnya.

 

  • Dolar Brunei (BND)

 

Dolar Brunei memiliki nilai tukar sekitar 0,74 USD per 1 Dolar Brunei. Mata uang ini memiliki nilai yang cukup tinggi, mengingat ukuran dan populasi negara Brunei yang relatif kecil. 

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi kekuatan Dolar Brunei adalah sumber daya alam yang melimpah di negara ini, terutama minyak dan gas alam. Brunei telah berhasil mengelola sumber daya alamnya dengan baik, yang memberikan kontribusi signifikan pada stabilitas ekonomi dan nilai mata uangnya.

 

  • Dolar Singapura (SGD)

 

Dolar Singapura memiliki nilai sekitar 0,74 USD per 1 Dolar Singapura. Mata uang ini digunakan di Singapura, salah satu negara dengan ekonomi yang kuat di Asia Tenggara. Mengapa Dolar Singapura memiliki nilai yang tinggi? 

 

Alasannya, Singapura telah berhasil menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif dan kebijakan yang stabil, yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kekuatan mata uangnya. Selain itu, Singapura juga merupakan pusat keuangan regional yang penting.

 

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta Dalam 3 Bulan, Pasti Tercapai!

 

  • Dolar Brunai (BYR)

 

Dolar Brunai memiliki nilai tukar sekitar 0,74 USD per 1 Dolar Brunai. Brunai Darussalam adalah negara kecil yang kaya akan sumber daya alam, terutama minyak dan gas alam. Pendapatan yang tinggi dari sektor minyak dan gas alam memberikan kontribusi signifikan pada stabilitas ekonomi dan nilai mata uang Brunai.

 

  • Euro (EUR)

 

Euro memiliki nilai tukar sekitar 1,12 USD per 1 Euro. Euro digunakan di sebagian besar negara-negara Uni Eropa dan merupakan mata uang bersama bagi negara-negara tersebut. 

 

Kekuatan ekonomi Uni Eropa dan stabilitas politiknya berkontribusi pada kekuatan nilai Euro. Euro juga merupakan salah satu mata uang yang paling diperdagangkan di pasar global.

 

  • Dolar Amerika Serikat (USD)

 

Dolar Amerika Serikat adalah mata uang dominan dalam perdagangan internasional. Setiap 1 USD memiliki nilai yang sama dengan 1 USD. Mengapa Dolar Amerika Serikat memiliki peran yang kuat dalam pasar keuangan global? 

 

Alasannya, Amerika Serikat adalah negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia. Stabilitas politiknya, pasar keuangan yang canggih, dan statusnya sebagai mata uang cadangan dunia berkontribusi pada kekuatan nilai Dolar Amerika Serikat.

 

  • Pound Inggris (GBP)

 

Pound Inggris memiliki nilai tukar sekitar 1,40 USD per 1 Pound Inggris. Mata uang ini telah lama menjadi salah satu mata uang yang paling berpengaruh di dunia. Apalagi, Inggris memiliki sejarah panjang sebagai pusat keuangan global. 

 

London, ibu kota Inggris, merupakan salah satu pusat keuangan terbesar di dunia. Kekuatan ekonomi dan stabilitas politik Inggris berkontribusi pada kekuatan nilai Pound Inggris.

 

Baca Juga: 10 Urutan Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Urutan Berapa?

 

Dalam daftar 10 mata uang tertinggi di dunia tahun 2024 ini, terdapat mata uang dengan nilai yang sangat tinggi. Faktor-faktor seperti kekayaan sumber daya alam, stabilitas politik, kekuatan ekonomi, dan status sebagai pusat keuangan global dapat mempengaruhi nilai mata uang suatu negara. Meskipun Rupiah tidak termasuk dalam daftar ini, Rupiah tetap menjadi mata uang yang penting dalam perdagangan dan perekonomian Indonesia.

194518 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
878 Suka