23 July 2023
4 menit baca

Peran dan Fungsi Konsultan Pajak untuk Bisnis Anda

4 menit baca

konsultan pajak

 

Membayar pajak adalah kewajiban rakyat Indonesia, baik pajak pribadi maupun badan usaha. Namun, seringkali orang-orang tidak tahu cara menghitung ataupun membayar pajak dengan benar. Untuk itulah, Anda bisa mengandalkan peran seorang konsultan pajak. Berikut ulasan selengkapnya!

 

Apa Itu Profesi Konsultan Pajak?


Konsultan pajak adalah profesi yang memberikan pelayanan dan bantuan untuk menyelesaikan permasalahan perpajakan. Profesi ini hadir karena adanya kebutuhan para wajib pajak, baik individu maupun badan usaha, untuk melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai peraturan perundang-undangan di Indonesia. 

 

Konsultan pajak memiliki kredibilitas dalam menjalankan layanannya. Hal ini diakui melalui sertifikasi konsultan pajak dari Panitia Penyelenggaraan Sertifikasi Konsultan pajak di bawah Kementerian Keuangan. 

 

Mereka juga harus terdaftar sebagai anggota dari salah satu asosiasi konsultan pajak yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak seperti Ikatan Konsultan Pajak Indonesia atau Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia. 

 

Konsultan pajak akan bekerja dengan melaksanakan kewajiban dan peran berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan. Mereka membantu memudahkan proses perhitungan hingga pembayaran pajak beserta hal-hal lainnya yang berhubungan dengannya. 

 

Tak hanya itu, konsultan pajak akan membantu memberikan strategi, saran, dan sebagai media konsultasi guna meminimalisir kesalahan dalam perhitungan pajak.

 

Baca Juga: Peran Konsultan Bisnis untuk Pengembangan Bisnis

 

Fungsi dan Peran Konsultan Pajak dalam Bisnis

 

Konsultan pajak memang berperan menyelesaikan berbagai permasalahan pajak, baik perorangan maupun bisnis atau badan usaha. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut beberapa uraian terkait peran dan fungsi konsultan pajak untuk bisnis Anda.

 

  • Layanan Konsultasi Pajak

Sebagai konsultan pajak, layanan utama yang ditawarkan tentu saja adalah layanan konsultasi seputar permasalahan pajak. Beberapa hal bisa ditanyakan, seperti akuntansi perpajakan, audit pajak, hingga Undang-Undang Perpajakan. Selama hal tersebut berhubungan dengan penyelesaian permasalahan pajak, konsultan pajak dapat mengambil perannya dalam hal tersebut.

 

  • Kepatuhan Pajak

Konsultan pajak akan membantu klien mengurusi hal-hal terkait kepatuhan pajak. Dalam hal ini adalah kepentingan untuk menghitung, membayar, hingga melaporkan pajak. Layanan ini juga meliputi perhitungan estimasi pembayaran pajak, koreksi fiskal, dan layanan terkait lainnya.

 

  • Perencanaan Pajak

Perencanaan pajak diperlukan untuk membantu klien memperkirakan perhitungan pajak sehingga dapat mengoptimalkan keuntungan. Saran-saran dan arahan dari konsultan pajak akan membantu klien menghitung estimasi pajak sekaligus potensi keuntungan.

 

  • Pemeriksaan Laporan Pajak

Konsultan pajak akan memeriksa dan melakukan evaluasi terkait data dan perhitungan pajak. Mereka akan melihat apakah ada data yang salah satu merugikan klien seperti munculnya beban pajak yang tidak seharusnya, hingga memilih strategi yang menekan biaya pajak tanpa melanggar peraturan dan Undang-Undang.

 

  • Pendampingan Pajak

Peran dan fungsi konsultan pajak berikutnya adalah mendampingi klien saat adanya pemeriksaan pajak. Beberapa klien terkadang masih kurang memahami terkait permasalahan pajak, sehingga konsultan pajak dibutuhkan untuk mendampingi mereka menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan.

 

  • Restitusi Pajak

Saat klien mengalami permasalahan seperti kelebihan pembayaran pajak, maka konsultan pajak akan membantu mereka menyiapkan data, pemeriksaan dan evaluasi, sampai pada proses akhir hingga selesai.

 

  • Menyelesaikan Sengketa Pajak

Sengketa pajak dapat berupa pengajuan banding, gugatan, keberatan, dan peninjauan kembali. Peran dan fungsi konsultan pajak dalam hal ini akan membantu mendampingi klien dalam semua prosesnya.

 

Peran dan fungsi konsultan pajak akan berpusat pada permasalahan pajak dan solusi-solusi penyelesaiannya, meminimalisir kesalahan untuk menghindari kerugian, hingga menekan biaya untuk mengoptimalkan keuntungan.

 

Baca Juga: Lapor Pajak Dividen Kini Jadi Tanggung Jawab Siapa?

 

Alasan Menggunakan Jasa Konsultan Pajak

 

Berdasarkan peran dan fungsi konsultan pajak tersebut, Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan berikut terutama bagi kebutuhan bisnis.

 

  • Meningkatkan Efisiensi

Menggunakan jasa konsultan pajak akan memudahkan perusahaan dalam melewati semua proses yang berhubungan dengan pajak. Langkah ini akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya, dan minim risiko, sehingga akan meningkatkan efisiensi. Perusahaan pun dapat fokus untuk melakukan banyak hal lain untuk mengembangkan bisnis.

 

  • Terbebas dari Beban Administrasi

Urusan perpajakan memang terkadang melelahkan, terutama bagi Anda yang kurang memahaminya. Menyerahkan tanggung jawab ini pada profesi yang lebih ahli akan sangat membantu dalam proses pelaporan pajak beserta urusan administratifnya.

 

  • Permasalahan Pajak Diatasi Ahli

Bisnis atau perusahaan Anda akan mendapatkan pelayanan dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait pajak. Sudah menjadi peran dan tanggung jawab mereka untuk mengatasi berbagai persoalan dan hambatan yang Anda temui dalam urusan perpajakan. Hal ini pun akan menghemat waktu dan tenaga para pimpinan perusahaan.

 

  • Menciptakan Rasa Aman

Perusahaan akan merasa lebih aman dan nyaman ketika menemui kendala atau ketika harus menjalani pemeriksaan pajak. Perusahaan akan mendapatkan pendampingan untuk mengantisipasi berbagai risiko atau kesalahan.

 

  • Perencanaan Pajak

Klien akan mendapatkan layanan terkait perencanaan pajak atau tax planning. Hal ini akan membantu perhitungan dan estimasi pajak untuk meminimalisir risiko dan dapat mengoptimalkan keuntungan perusahaan.

 

Baca Juga: 5 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan yang Wajib Diketahui

 

Setelah mengetahui fungsi dan peran konsultan pajak di atas, apakah Anda mulai mempertimbangkan menggunakan jasa mereka? Sebelum itu, Anda dapat memperkirakan terlebih dahulu kebutuhan perusahaan dan sumber daya manusia di dalamnya, sehingga semua permasalahan pajak dapat teratasi dengan efektif.

 

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang ingin memiliki kemudahan dalam membuat laporan keuangan berstandar akuntansi keuangan (PSAK), perpajakan, legalitas, hingga membutuhkan solusi dan pengembangan terkait bisnis, segera konsultasikan secara GRATIS dengan MBN Consulting.

 

MBN Consulting adalah konsultan bisnis dengan berbagai layanan konsultasi dan perencanaan bisnis terpercaya. Telah berpengalaman dalam membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis dan kualitas kinerja. MBN Consulting memiliki misi untuk dapat memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia.

 

Tertarik untuk mengetahui layanan lainnya yang kami tawarkan dan memulai konsultasi? Silakan klik tombol di bawah ini.

 

MBN Consulting

782 Reads
Author: Bizhare Contributor
194 Suka