10 October 2023
4 menit baca

Daftar Saham Lo Kheng Hong Serta Nilainya di Tahun 2023

4 menit baca

Saham Lo Kheng Hong

 

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang populer di seluruh dunia. Bagi banyak orang, berinvestasi dalam saham merupakan cara yang potensial untuk membangun kekayaan jangka panjang. Salah satu nama besar dalam dunia investasi saham adalah Lo Kheng Hong. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar saham Lo Kheng Hong serta nilai-nilainya di tahun 2023.

 

Siapa Lo Kheng Hong?

 

Lo Kheng Hong adalah seorang investor value Indonesia jenis individu. Ia lahir pada tanggal 20 Februari 1959 di Jakarta. Keberhasilan dan ketenarannya sebagai seorang investor membuat namanya dikenal luas di seluruh negeri.

 

Lo Kheng Hong dikenal sebagai “Warren Buffett“-nya Indonesia karena gaya investasinya yang mirip dengan legenda investor dunia, Warren Buffett. Ia adalah seorang investor jangka panjang yang cenderung memegang saham-sahamnya dalam jangka waktu yang lama, mengikuti prinsip “beli dan tahan.” Pendekatan ini telah membantu Lo Kheng Hong membangun kekayaan yang mengesankan.

 

Selain pendekatan jangka panjangnya, Lo Kheng Hong juga terkenal dengan analisis fundamental yang mendalam terhadap perusahaan-perusahaan yang akan ia investasikan. Ia memperhatikan data fundamental seperti pendapatan, laba, hutang, dan prospek masa depan perusahaan sebelum membuat keputusan investasi.

 

Lo Kheng Hong juga seorang pendukung kuat investasi dalam perusahaan-perusahaan yang memiliki potensi pertumbuhan yang baik. Ia menganggap bahwa investasi saham adalah cara yang efektif untuk membangun kekayaan jangka panjang, dan ia terus berbagi pengetahuan dan wawasan investasinya kepada masyarakat Indonesia.

 

Saat ini, Lo Kheng Hong memiliki portofolio saham yang beragam, termasuk di sektor perbankan, telekomunikasi, otomotif, dan makanan. Ia telah berhasil membangun kekayaan melalui investasi yang bijak, dan banyak yang mengagumi strategi investasinya.

 

Namun, yang membuat Lo Kheng Hong semakin istimewa adalah kemauannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya dengan masyarakat. Ia sering kali memberikan ceramah dan tulisan tentang investasi saham, dan banyak orang yang mendapatkan inspirasi dari kesuksesannya.

 

Dalam dunia investasi saham di Indonesia, Lo Kheng Hong adalah sosok yang patut dicontoh. Ia adalah bukti bahwa dengan pengetahuan, disiplin, dan kesabaran, seseorang dapat mencapai kesuksesan dalam berinvestasi saham. Bagi banyak orang, Lo Kheng Hong adalah figur yang menginspirasi dan menjadi panutan dalam memahami dunia investasi saham.

 

Baca Juga: 10 Investor Saham Terkaya di Dunia, Tajir Melintir Berkat Investasi Saham!

 

Portofolio Saham Lo Kheng Hong

 

Dalam portofolio investasi Lo Kheng Hong, terdapat sejumlah saham yang menjadi perhatian utama. Berikut adalah saham-saham tersebut dan kepemilikan Lo Kheng Hong pada masing-masing saham:

 

  • PT Global Mediacom Tbk (BMTR)

Lo Kheng Hong memiliki kepemilikan sebesar 6,38 persen atau setara dengan 1.058.274.000 saham BMTR. BMTR adalah bagian dari MNC Group dan bergerak di sektor investasi. Kepemilikan ini tersebar dalam 6 rekening sekuritas yang berbeda.

 

  • PT Intiland Development Tbk (DILD) 

Dalam portofolio Lo Kheng Hong, ia memiliki 6,28 persen atau sekitar 651.416.700 saham DILD. DILD adalah perusahaan properti dengan proyek-proyek yang beragam, termasuk perumahan mewah, gedung perkantoran, ritel, kawasan industri, dan lainnya.

 

  • PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL)

Lo Kheng Hong memiliki kepemilikan sebesar 5,17 persen atau setara dengan 180.001.000 saham GJTL. GJTL adalah perusahaan yang memproduksi ban berkualitas tinggi untuk berbagai jenis kendaraan.

 

  • PT Clipan Finance Indonesia Tbk (CFIN)

CFIN masuk dalam portofolio Lo Kheng Hong dengan kepemilikan sebesar 5,12 persen atau setara dengan 203.944.700 saham. CFIN adalah anak perusahaan dari Panin Group yang bergerak di bidang pembiayaan dan anjak piutang.

 

Baca Juga: Daftar Saham Blue Chip 2023 LQ45 Terbaik di Indonesia

 

Strategi Investasi Saham Lo Kheng Hong

 

Lo Kheng Hong dikenal sebagai investor yang sangat berpengalaman dan memiliki strategi investasi yang cermat. Beberapa prinsip yang ia terapkan dalam berinvestasi saham antara lain:

 

  • Penerapan Value Investing

Seperti Warren Buffett, Lo Kheng Hong menerapkan strategi value investing. Artinya, ia mencari saham-saham yang diperdagangkan di bawah nilai intrinsik atau dianggap dihargai rendah oleh pasar. Beberapa saham dalam portofolionya memiliki nilai Price to Book Value (PBV) di bawah 1, yang menunjukkan bahwa saham-saham tersebut diperdagangkan di bawah nilai bukunya.

 

Lo Kheng Hong juga tertarik pada saham-saham dengan nilai Price to Earning Ratio (PER) yang rendah bahkan minus karena sedang mengalami kerugian. Namun, ia selalu melihat prospek masa depan dari saham-saham ini, mempertimbangkan bahwa saham-saham yang diperdagangkan dengan harga rendah dapat memiliki potensi pertumbuhan yang baik.

 

  • Investasi di Saat Krisis

Salah satu momen kunci dalam karier investasi Lo Kheng Hong adalah saat krisis ekonomi pada tahun 1998. Pada saat itu, ia memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya dan beralih sepenuhnya ke dunia investasi. Ia menyadari bahwa krisis ekonomi bisa memengaruhi penurunan harga saham-saham.

 

Lo Kheng Hong melakukan investasi cerdas dengan membeli saham PT United Tractor Tbk (UNTR) ketika harganya hanya Rp250 per lembar. Keputusan ini didasarkan pada keyakinannya bahwa UNTR memiliki prospek yang cerah, meskipun saat itu kondisi ekonomi buruk. Hasilnya, ia berhasil meraih keuntungan besar di masa mendatang.

 

  • Kesabaran dalam Membaca Laporan Keuangan

Lo Kheng Hong memberikan wejangan penting kepada para investor: bersabar dalam membaca laporan keuangan perusahaan. Baginya, investasi bukanlah sekadar “membeli kucing dalam karung.” Sebaliknya, ia menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam tentang saham yang akan dibeli.

 

Semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan investasi yang cerdas dapat ditemukan dalam laporan keuangan perusahaan. Dengan kesabaran dalam menganalisis laporan-laporan ini, investor dapat membuat keputusan yang lebih baik.

 

  • Berinvestasi dengan Nilai Yang Rendah

Saham-saham dalam portofolio Lo Kheng Hong saat ini memiliki valuasi yang rendah. Ia terus menerapkan strategi investasi value investing, yang mengutamakan saham-saham dengan valuasi murah. Salah satu contoh dari saham-saham yang ia pegang, DILD, baru-baru ini terlibat dalam masalah hukum.

 

Meskipun demikian, nilai investasi bagi Lo Kheng Hong tetap lebih penting daripada berita sensasional. Ia tetap fokus pada valuasi saham-saham tersebut, walaupun saham tersebut mungkin memiliki risiko yang terkait dengan masalah hukum.

 

Baca Juga: Pahami Analisis Fundamental Saham agar Anda Semakin Cuan

 

Jika Anda tertarik untuk mengadopsi strategi investasi seperti Lo Kheng Hong, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan Anda memiliki tujuan investasi yang jelas dan alasan kuat untuk membeli saham dengan harga tertentu. Selalu pertanyakan mengapa Anda yakin bahwa investasi tersebut merupakan pilihan yang bijak.

 

Selain itu, penting untuk memahami dengan baik laporan keuangan perusahaan sebelum melakukan investasi. Selalu gunakan dana yang tidak digunakan untuk kebutuhan penting, hindari menggunakan uang pinjaman, dan alokasikan dana investasi secara hati-hati.

15151 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
423 Suka