13 October 2022
2 menit baca

Apa perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding?

2 menit baca

 

Perbedaan Securities Crowdfunding (SCF) dan Equity Crowdfunding (ECF)

Tanggal 4 Januari 2021 mendatang, Bizhare akan resmi bertransformasi menjadi Securities Crowdfunding. Securities Crowdfunding merupakan perluasan layanan skema pembiayaan alternatif penggalangan dana melalui pasar modal yang memungkinkan users penyelenggara dapat menikmati produk layanan investasi lainnya seperti Obligasi dan Sukuk. Jika sebelumnya pengguna hanya bisa berinvestasi untuk produk saham, maka kini Anda dapat mencoba produk Obligasi dan Sukuk.

 

Baik saham, Obligasi dan Sukuk tentunya memiliki keuntungan dan kriteria masing-masing. Maka kenali dulu preferensi Anda sebelum berinvestasi, dan tentukan produk investasi mana yang akan Anda pilih.

 

Baca juga: Investasi Equity Crowdfunding Membantu Anda Memulai Bisnis

 

Perbedaan antara Saham, Obligasi dan Sukuk

 

Bond (Obligasi)

Bond atau Obligasi adalah surat utang berjangka yang dapat diperjualbelikan. Obligasi berisi janji dari pihak yang menerbitkan efek untuk membayar imbalan bunga (kupon pada periode tertentu dan melunasi pokok hutang pada saat jatuh tempo. Sehingga Produk Obligasi ialah fasilitas pinjaman yang bertujuan untuk membiayai sebuah proyek maupun operasi bisnis sebuah perusahaan. Untuk saat ini di Bizhare sendiri, Bond atau Obligasi yang bisa dibuka di Bizhare, biasanya berupa Secured Bonds, dimana Penerbit akan memberikan Jaminan berupa Aset Tanah/Bangunan (Properti) atau  Invoice dari Pembeli yang sudah terpercaya dan terjamin kepastian pembayarannya (Jika tidak dilakukan rating oleh pihak ketiga) atau Bond Konvensional yang dilakukan pemeringkatan efek (rating) oleh pihak ketiga.

 

Sukuk

Obligasi syariah merupakan alat investasi atau transaksi dengan menerapkan sistem pembiayaan dan pendanaannya sesuai dengan hukum syariat islam yang berlaku. Surat – surat berharga jangka panjang yang berprinsip syariah dan dikeluarkan oleh emiten (penerbit) kepada pemegang surat obligasi berbentuk bagi hasil dan pembayaran kembali dana tersebut sesuai dengan jatuh tempo.

 

Baca juga: 8 Strategi Rahasia yang dilakukan oleh Warren Buffet saat Berinvestasi

 

Saham & Saham Syariah

Merupakan produk yang saat ini sudah ada di Bizhare. Namun, ada beberapa perbedaan terkait akad dan pernyataan kesesuaian syariah untuk efek syariah.

 

102 Reads
Author: Bizhare Editor
Tags: Fintech
21 Suka