15 August 2023
4 menit baca

Ketahui Perbedaan Securities Crowdfunding & Equity Crowdfunding

4 menit baca

 

Dalam dunia investasi, terdapat dua istilah yang sering digunakan yaitu securities crowdfunding dan equity crowdfunding. Meskipun kedua istilah ini terdengar serupa, namun terdapat perbedaan signifikan antara keduanya. Berikut ulasan lengkapnya!

 

Apa Perbedaan Securities Crowdfunding dan Equity Crowdfunding?

 

Secara garis besar, perbedaan securities crowdfunding dan equity crowdfunding terletak pada beberapa aspek penting, mulai dari instrumen investasi dan target pendanaan. 

 

  • Perbedaan dari Instrumen Investasi

Securities crowdfunding dan equity crowdfunding adalah dua bentuk investasi yang berbeda dengan karakteristik unik masing-masing. Salah satu perbedaan utama antara keduanya terletak pada instrumen investasi yang ditawarkan. 

 

Dalam securities crowdfunding, investor memperoleh sebagian kepemilikan saham dalam suatu perusahaan atau proyek. Sementara itu, dalam equity crowdfunding, investor juga membeli saham, tetapi fokusnya lebih pada pembiayaan awal untuk startup atau bisnis kecil.

 

Baca Juga: Mengenal Equity Crowdfunding, Kelebihan dan Kelemahannya

 

  • Perbedaan dari Target Pendanaan

Salah satu perbedaan penting lainnya adalah target pendanaan dari kedua jenis crowdfunding ini. Securities crowdfunding cenderung ditujukan untuk proyek-proyek yang lebih besar dan lebih mapan secara finansial. Biasanya, perusahaan besar atau proyek infrastruktur yang membutuhkan pendanaan besar memilih untuk menggunakan securities crowdfunding

 

Di sisi lain, equity crowdfunding lebih banyak digunakan oleh startup dan bisnis kecil yang membutuhkan pendanaan awal untuk mengembangkan atau meluncurkan produk atau layanan baru.

 

Baca Juga: Securities Crowdfunding: Arti, Sistem Kerja, & Potensi Keuntungannya

 

Tips Berinvestasi di Securities Crowdfunding

 

Investasi dalam securities crowdfunding dapat memberikan peluang keuntungan yang menarik, namun juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam berinvestasi di sana.

 

  • Memahami Sistem Investasi Bisnis dalam Securities Crowdfunding

Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami sistem investasi bisnis yang terlibat dalam securities crowdfunding. Pelajari dengan baik bagaimana mekanisme investasi tersebut bekerja, termasuk proses pembelian sekuritas, pembagian keuntungan, dan prosedur penarikan investasi.

 

  • Analisis Prospek Bisnis dalam Jangka Panjang

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan atau proyek, lakukan analisis mendalam terhadap prospek bisnis dalam jangka panjang. Tinjau keuangan perusahaan, strategi bisnis, dan tren pasar yang mungkin mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut. Pahami risiko dan potensi keuntungan dari investasi yang akan Anda lakukan.

 

  • Menemukan UMKM yang “Berkualitas”

Dalam securities crowdfunding, Anda dapat berinvestasi dalam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, sebelum berinvestasi, pastikan Anda menemukan UMKM yang memiliki potensi pertumbuhan dan manajemen yang solid. Teliti profil perusahaan, produk atau layanan yang ditawarkan, serta rencana pengembangan bisnis.

 

  • Memperhatikan Profil Penyelenggara Securities Crowdfunding

Selain melihat proyek yang ditawarkan, perhatikan juga profil penyelenggara securities crowdfunding. Pilihlah penyelenggara yang memiliki reputasi baik dan telah terdaftar secara legal. Tinjau kualifikasi tim manajemen, pengalaman dalam industri, dan track record proyek-proyek sebelumnya.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Tips Berinvestasi dalam Equity Crowdfunding

 

Investasi dalam equity crowdfunding dapat memberikan peluang keuntungan yang menarik, namun juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam berinvestasi di sana.

 

  • Memahami Bisnis Startup yang Ditawarkan

Sebelum Anda berinvestasi dalam equity crowdfunding, penting untuk memahami bisnis startup yang ditawarkan. Pelajari dengan seksama model bisnisnya, produk atau layanan yang ditawarkan, serta potensi pertumbuhan dan skalabilitas bisnis tersebut. Pahami juga risiko yang terkait dengan bisnis startup dan langkah-langkah yang diambil untuk mengurangi risiko tersebut.

 

  • Tinjau Profil Tim Manajemen

Tim manajemen yang kuat dan berpengalaman merupakan faktor penting dalam keberhasilan sebuah bisnis startup. Saat berinvestasi dalam equity crowdfunding, tinjau profil tim manajemen perusahaan startup tersebut. 

 

Teliti pengalaman, kualifikasi, dan rekam jejak tim dalam industri terkait. Tim yang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang relevan akan lebih mampu mengelola bisnis dan mencapai tujuan yang ditetapkan.

 

  • Lakukan Analisis Pasar

Selain memahami bisnis startup secara internal, lakukan juga analisis pasar yang komprehensif. Tinjau ukuran pasar, tren industri, dan pesaing dalam industri yang relevan dengan bisnis startup tersebut. Pahami peluang dan tantangan yang mungkin dihadapi bisnis tersebut dalam pasar yang bersangkutan.

 

  • Diversifikasi Portofolio Investasi

Seperti dalam bentuk investasi lainnya, diversifikasi portofolio juga penting dalam equity crowdfunding. Jangan menginvestasikan seluruh dana Anda dalam satu bisnis startup saja. 

 

Sebaliknya, alokasikan dana Anda ke beberapa bisnis startup yang berbeda. Diversifikasi dapat membantu mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan dalam jangka panjang.

 

  • Lakukan Penelitian Mendalam

Sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam equity crowdfunding, lakukan penelitian mendalam tentang platform yang akan Anda gunakan. Pastikan platform tersebut telah terdaftar secara legal dan memiliki reputasi yang baik. 

 

Tak hanya itu, baca ulasan pengguna, cari informasi tentang keberhasilan kampanye sebelumnya, dan tinjau kebijakan dan prosedur investasi yang ditetapkan oleh platform tersebut.

 

Keuntungan Investasi Equity Crowdfunding

 

Investasi dalam equity crowdfunding memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

 

  1. Peluang untuk berinvestasi dalam bisnis startup yang potensial dan inovatif.
  2. Aksesibilitas yang lebih baik, karena Anda dapat berinvestasi dengan jumlah yang lebih terjangkau dibandingkan dengan investasi tradisional di pasar modal.
  3. Potensi keuntungan yang tinggi jika bisnis startup berhasil tumbuh dan berkembang.
  4. Kesempatan untuk menjadi bagian dari perkembangan dan kesuksesan bisnis startup.

 

Keuntungan Investasi Securities Crowdfunding

 

Investasi dalam securities crowdfunding juga memiliki keuntungan-keuntungan berikut:

 

  1. Kepemilikan langsung atas sekuritas atau surat berharga perusahaan atau proyek yang diinvestasikan.
  2. Peluang untuk berinvestasi dalam proyek-proyek besar dengan pendanaan yang signifikan.
  3. Potensi keuntungan yang berasal dari kinerja bisnis atau proyek yang diinvestasikan.
  4. Diversifikasi portofolio investasi dengan berinvestasi dalam berbagai jenis sekuritas.

 

Securities crowdfunding dan equity crowdfunding adalah dua konsep investasi yang berbeda dalam hal instrumen investasi dan target pendanaan. Keduanya memiliki potensi keuntungan yang menarik, namun juga memiliki risiko yang perlu diperhatikan. 

 

Sebelum Anda berinvestasi, pastikan untuk memahami bisnis yang ditawarkan, tinjau profil tim manajemen, lakukan analisis pasar, diversifikasi portofolio investasi, dan lakukan penelitian mendalam tentang platform crowdfunding yang akan Anda gunakan.

2398 Reads
Author: Bizhare Editor
549 Suka