06 February 2023
3 menit baca

Mengenal Equity Crowdfunding, Kelebihan dan Kelemahannya

3 menit baca

 

Equity crowdfunding adalah salah satu bentuk inovasi terbaru di bidang teknologi keuangan (fintech). Layanan urun dana melalui penawaran saham secara online ini menjadi pilihan banyak calon investor. Selain mudah dan aman, harganya pun jauh lebih murah dibanding instrumen investasi lainnya.

 

Pengertian Equity Crowdfunding 

 

Equity crowdfunding adalah skema pendanaan untuk bisnis kecil seperti UMKM atau Perseroan Terbatas (PT) dengan modal kurang dari Rp30 miliar dengan cara patungan oleh masyarakat luas dalam bentuk kepemilikan saham. 

 

Sekilas, crowdfunding ini memang hampir sama dengan investasi di pasar modal. Namun, penawaran saham di sini dilakukan langsung kepada pemodal melalui sistem elektronik secara online. Nanti, return yang akan didapatkan berupa capital gain dan dividen.

 

Baca Juga: Apa itu Crowdfunding, Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

 

Cara Kerja Equity Crowdfunding

 

Adapun skema pelaksanaan equity crowdfunding tersebut melibatkan tiga pihak, yakni bisnis yang membutuhkan pendanaan (penerbit), platform online penyelenggara, dan investor.

 

Nantinya, pihak penerbit harus mengajukan proposal berisi informasi bisnis, proyek yang akan dijalankan, dan prospek usaha ke depannya, ke platform penyedia layanan tersebut lebih dahulu. Setelahnya, platform penyedia layanan akan melakukan listing saham atau pencatatan kepada publik secara online.

 

Tujuannya tidak lain adalah untuk menarik investor yang sedang mencari proyek untuk didanai. Selanjutnya, investor yang tertarik dengan penawaran tersebut pun akan membeli sejumlah saham terkait.

 

Jika hendak diurutkan, berikut cara kerja equity crowdfunding:

 

  • Ajukan proposal yang berisi informasi bisnis, proyek yang akan dijalankan, serta prospek usaha ke depannya.
  • Platform penyedia layanan akan melakukan listing saham atau pencatatan kepada publik secara online.
  • Lakukan pendaftaran pada platform crowdfunding.
  • Pantau perkembangan dari proposal usaha yang diajukan.

Kelebihan Equity Crowdfunding 

 

Dibandingkan instrumen investasi lainnya, crowdfunding jenis ini menawarkan berbagai macam kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para investor. Tak hanya itu, investasi jenis ini membuka pintu bagi calon pendana pemula yang masih awam di dunia bisnis. Berikut informasi selengkapnya.

 

Menghemat Waktu dan Uang

Kelebihan equity crowdfunding pertama adalah menghemat waktu dan uang. Tak hanya  memudahkan UMKM dan perusahaan kecil dalam memperoleh dana pengembangan bisnis, sistem ini juga memudahkan investor untuk berinvestasi dengan modal kecil namun menguntungkan.

 

Hal itu terjadi karena equity equity crowdfunding menggunakan sistem urun dana, sehingga dana yang dikeluarkan investor jauh lebih sedikit dibanding investasi menggunakan saham atau instrumen sejenis.

 

Memberi Akses Investor ke Modal Utama

Anda sangat membutuhkan modal? Crowdfunding jenis ini dapat mempermudah urusan Anda dengan menyediakan crowd yang berpotensi menjadi investor usaha Anda. Anda tidak perlu takut dengan bunga pinjaman karena dalam sistem iniAnda memberikan sebagian saham perusahaan Anda sebagai imbalan.

 

Membantu Mengatur Strategi Pemasaran Anda

Dalam proses meyakinkan orang lain untuk menginvestasikan uang di proyek Anda, Anda perlu mempromosikan startup atau gagasan Anda di berbagai platform crowdfunding. Melalui platform-platform ini, mungkin Anda akan menemukan investor idaman Anda.

 

Cocok untuk Milenial

Equity crowdfunding sangat cocok untuk generasi milenial. Di umur yang produktif serta gaya hidup dinamis, equity crowdfunding merupakan instrumen investasi yang tepat. Bervariasinya proyek dengan modal terjangkau sangat disukai oleh para milenial. Apalagi, urun dana yang disetor masih sesuai dengan budget kaum muda.

 

Kekurangan Equity Crowdfunding

 

Meskipun menawarkan berbagai macam kelebihan menarik, para investor harus berhati-hati terhadap risiko yang mungkin bisa ditimbulkan dari crowdfunding jenis ini. Berikut beberapa kelemahannya.

 

Tidak Mendanai Kebutuhan Modal Besar

Ada keterbatasan modal yang bisa didanai melalui platform crowdfunding. Secara khusus, Anda mungkin tidak mendapatkan sejumlah besar dana dari satu platform, mengingat sifatnya yang berupa urun dana.

 

Mengikuti Pendekatan All-or-Nothing

Biasanya, para investor akan melakukan suatu survei untuk menentukan apakah perusahaan tersebut layak mendapat suntikan dana atau tidak. Proses ini disebut sebagai pendekatan all-or-nothing. Survei ini bisa berpengaruh terhadap proses urun dana dalam equity crowdfunding.

 

Membuat Proyek Anda Tidak Fleksibel

 

Setelah syarat dan ketentuan diputuskan, Anda tidak dapat membuat perubahan besar terhadap ketentuan-ketentuan tersebut. Proyek menjadi tidak fleksibel karena harus patuh terhadap segala jenis peraturan yang ada.

 

Dari informasi di atas, bisa disimpulkan bahwa equity crowdfunding merupakan sistem urun dana yang akan tumbuh pesat di masa yang akan datang. Apalagi, pertumbuhan UMKM saat ini sedang sangat tinggi, di mana para pelaku usaha membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya. 

 

Anda bisa memulai investasi ini dengan legal dan aman melalui platform Bizhare. Dengan segala kelebihan dan keuntungannya, dijamin Anda akan panen cuan besar!

3662 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
503 Suka