14 July 2023
3 menit baca

Rekapitulasi Pasar Sekunder Bizhare 1 2023

3 menit baca

pasar sekunder bizhare

 

Pasar Sekunder Bizhare 1 telah berlangsung dari tanggal 26 Juni 2023 dan resmi berakhir pada tanggal 12 Juli 2023. Dalam periode ini, terdapat beberapa data penting yang mencerminkan aktivitas permintaan dan penawaran saham secara signifikan. Artikel ini akan merangkum rekapitulasi pasar sekunder berdasarkan data-data yang tersedia.

 

Tentang Pasar Sekunder Bizhare 1 2023

 

Pasar Sekunder Bizhare merupakan event rutin di mana investor bisa melakukan transaksi permintaan (bid) dan penawaran (offer) saham yang ada di Bizhare dengan aman dan nyaman. Periode pertama sudah berlangsung dari tanggal 26 Juni hingga 12 Juli 2023.

 

Sebagai informasi, Pasar Sekunder Bizhare dibuka untuk bisnis penerbit yang sudah berjalan selama minimal 1 tahun. Selain itu, bisnis tersebut sudah terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

 

Untuk legalitas kepemilikan sahamnya, Bizhare telah bekerjasama dengan KSEI sebagai lembaga resmi penyimpanan saham kolektif investor secara scripless. Dengan demikian, event ini sudah terjamin aman dan sah secara hukum.

 

Baca Juga: Panduan Lengkap Pasar Sekunder Bizhare 1 2023

 

Rekapitulasi Pasar Sekunder Bizhare 1 2023

 

Di bawah ini adalah hasil rekapitulasi Pasar Sekunder Bizhare 1 yang berlangsung dari tanggal 26 Juni sampai 12 Juli 2023. Pasar sekunder sendiri dilaksanakan pada hari Senin sampai Jumat pk. 09.00–16.00 WIB, di mana pada hari Rabu, 28 Juni sampai Jumat, 30 Juni 2023, pasar sekunder libur.

 

Pada tanggal 26 Juni 2023, Pasar Sekunder Bizhare 2023 periode pertama yang dibuka di platform Bizhare, berhasil memecahkan rekor baru di industri crowdfunding, dengan jumlah transaksi yang mencapai 101.548 dan menghasilkan volume transaksi sebesar Rp5.076.636.450.

 

Menariknya, kenaikan volume transaksi Pasar Sekunder periode pertama 2023 ini bertumbuh lebih dari 593% dibandingkan dengan Pasar Sekunder tahun sebelumnya pada periode yang sama.

 

Selain itu, pada Pasar Sekunder Bizhare periode pertama di tahun 2023 ini terdapat beberapa saham yang mengalami kenaikan valuasi tertinggi (top gainer). Pertama, bisnis dengan kenaikan harga saham sebesar 200% adalah PT Gerai Kota Pahlawan dengan  bisnis Alfamidi KH Mansyur Surabaya.

 

Penerbit kedua dengan nilai kenaikan valuasi saham tertinggi adalah PT Usaha Besar Bersama dengan bisnis Salsa Grosir dan Ritel di Banyumas dengan kenaikan harga saham sebesar 92%.

 

Selanjutnya bisnis dengan kenaikan valuasi saham tertinggi di urutan ketiga adalah PT Djakarta Mulia Sentosa dengan bisnis Djakarta Streetfood and BarberJek Holding dengan kenaikan nilai saham sebesar 72,8%.

 

Pasar Sekunder Bizhare periode pertama secara resmi ditutup pada tanggal 12 Juli 2023 dengan total 524.229 transaksi dan volume transaksi sebesar Rp 25.433.822.850 dari 28 saham penerbit yang diperdagangkan. Sementara itu, jumlah investor yang ikut berpartisipasi pada layanan Pasar Sekunder Bizhare periode pertama 2023 ini melesat naik sebesar 132% dari periode Pasar Sekunder Bizhare tahun sebelumnya. 

 

Bukti Diminati Masyarakat

 

Founder dan CEO Bizhare, Heinrich Vincent menyampaikan “Pergerakan harga saham di Pasar Sekunder Bizhare kali ini sejalan dengan fundamental dari perusahaan dan performa historikal dari bisnis yang sudah berjalan. Tentunya, para investor bisa mendapatkan capital gain dari pergerakan harga saham tersebut, selain dari dividen yang sudah diterima dalam 1 tahun terakhir.” ungkapnya.

 

Selain itu, Vincent juga menyampaikan bahwa peningkatan likuiditas dari transaksi saham pasar sekunder di Bizhare ini semakin menggairahkan industri securities crowdfunding dan terbukti dapat menjadi pasar yang diminati oleh masyarakat.

 

Ia juga berharap bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat terus mendukung perkembangan dari industri SCF ini, khususnya dengan memperbanyak jendela (window) atau frekuensi Pasar Sekunder dari 2 kali setahun menjadi 4 kali setahun atau menambah durasi perdagangan pasar sekunder agar dapat lebih 10 hari kerja. Tujuannya agar dapat memberikan ruang bagi para pemodal untuk dapat bertransaksi secara lebih mudah dan likuid.  

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Pasar Sekunder Bizhare 1 2023 menunjukkan aktivitas yang cukup signifikan. Total transaksi mencapai angka yang tinggi, menandakan minat investor terhadap saham-saham yang ditawarkan. 

 

Selain itu, terdapat pula beberapa saham yang berhasil mencatatkan kenaikan harga yang signifikan, serta saham-saham yang mengalami penurunan harga. Hal ini menunjukkan fluktuasi pasar yang menjadi peluang dan tantangan bagi para investor.

807 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
167 Suka