14 May 2024
5 menit baca

35 Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

5 menit baca

Perlengkapan Bayi Baru Lahir

 

Ketika menanti kelahiran si kecil, persiapan perlengkapan bayi baru lahir menjadi hal yang sangat penting. Sebagai orang tua, pastikan bahwa Anda memiliki semua barang yang diperlukan untuk kenyamanan dan keamanan bayi Anda. Berikut adalah list perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibeli beserta jumlahnya.

 

  • Baju lengan pendek (7 buah)

 

Baju lengan pendek sangat penting untuk menjaga bayi tetap nyaman saat cuaca sedang hangat maupun dingin. Pilihlah bahan yang lembut seperti katun agar tidak mengiritasi kulit sensitif bayi. Baju jenis ini juga harus mudah diganti jika kotor.

 

  • Baju lengan panjang (7 buah)

 

Baju lengan panjang penting untuk melindungi bayi dari udara dingin atau sinar matahari langsung. Pilihlah bahan yang ringan namun tetap dapat menjaga suhu tubuh bayi.

 

Baca Juga: 17 Rekomendasi Ide Kado Pernikahan yang Bermanfaat dan Unik

 

  • Jumper pendek (4 buah)

 

Jumper pendek adalah pakaian yang nyaman untuk bayi saat berada di dalam ruangan atau saat cuaca sedang hangat. Pilihlah jumper dengan desain yang mudah dibuka jika perlu mengganti popok.

 

  • Jumper panjang (4 buah)

 

Jumper panjang cocok digunakan saat malam hari atau saat cuaca sedang dingin untuk menjaga bayi tetap hangat. Pastikan jumper tersebut memiliki kancing atau resleting yang mudah dibuka saat mengganti popok.

 

  • Celana pop (6 buah)

 

Celana pop warna warni sangat praktis untuk bayi saat beraktivitas. Pilihlah celana dengan karet pinggang yang elastis agar tidak terlalu ketat namun tetap nyaman dipakai bayi.

 

  • Celana tutup kaki (6 buah)

 

Celana tutup kaki penting untuk melindungi kaki bayi dari dingin dan juga sebagai perlindungan tambahan saat bayi sedang bermain. Pilihlah celana yang tidak terlalu panjang agar tidak mengganggu pergerakan bayi.

 

  • Kaos dalam singlet (12 buah)

 

Kaos dalam berfungsi sebagai pakaian dalam yang dapat menyerap keringat dan menjaga kebersihan bayi. Pilihlah kaos dalam dengan bahan yang lembut dan tidak menyebabkan alergi.

 

  • Jaket rajut (2 buah)

 

Jaket rajut cocok digunakan saat cuaca sedang dingin untuk menjaga bayi tetap hangat dan nyaman. Pilihlah jaket yang tidak terlalu tebal agar bayi tetap bisa bergerak dengan leluasa.

 

  • Selimut (3 buah)

 

Selimut berfungsi sebagai penutup saat bayi tidur untuk menjaga suhu tubuhnya tetap stabil. Pilihlah selimut yang tidak terlalu tebal agar bayi tidak merasa gerah namun tetap hangat.

 

Baca Juga: 20 Ide Kado Ulang Tahun Untuk Sahabat atau Pacar, Ada Saham!

 

  • Bedong (15 buah)

 

Bedong, lampin, embat, atau bebat membantu bayi merasa nyaman dan aman seperti di dalam kandungan. Pilihlah bedong yang terbuat dari bahan yang tidak terlalu tebal agar bayi tetap bisa bernapas dengan baik.

 

  • Topi bayi (4 buah)

 

Topi bayi melindungi kepala bayi dari sinar matahari langsung atau dingin yang berlebihan. Pilihlah topi yang memiliki tali pengikat agar tidak mudah lepas dan aman bagi bayi.

 

  • Sarung tangan (3 pasang)

 

Sarung tangan melindungi tangan bayi dari cakaran atau untuk menghindari bayi menggaruk wajahnya. Pilihlah sarung tangan yang tidak terlalu ketat namun tetap bisa menutupi seluruh jari bayi.

 

  • Kaus kaki (6 pasang)

 

Kaus kaki membantu menjaga kaki bayi tetap hangat, terutama saat cuaca sedang dingin. Pilihlah kaus kaki yang tidak terlalu tebal agar tidak mengganggu peredaran darah di kaki bayi.

 

  • Bantal anti peyang (2 buah) 

 

Bantal anti peyang membantu mencegah kepala bayi menjadi peyang atau tidak simetris. Pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi agar tidak memberikan tekanan berlebih pada leher bayi.

 

  • Bantal dan guling bayi (1 set)

 

Bantal dan guling bayi membantu memberikan kenyamanan saat bayi tidur dan juga sebagai penyangga saat bayi belajar duduk. Pilihlah bantal yang empuk namun tetap memberikan dukungan yang cukup untuk leher bayi.

 

  • Selimut (2 buah)

 

Selimut tambahan berguna saat selimut utama sedang dicuci atau untuk situasi darurat. Pilihlah selimut yang lembut dan tidak terlalu tebal agar tetap nyaman bagi bayi.

 

  • Baby nest (1 buah)

 

Baby nest adalah tempat tidur portabel yang cocok untuk bayi tidur bersama orang tua. Baby nest memberikan kenyamanan dan keamanan bagi bayi saat tidur.

 

  • Ranjang bayi (1 buah)

 

Ranjang bayi diperlukan jika bayi tidur terpisah dari orang tua. Pilihlah ranjang bayi yang kokoh dan aman, serta sesuai dengan standar keselamatan bayi.

 

  • Perlak (1 buah)

 

Perlak berfungsi melindungi tempat tidur bayi dari kotoran atau tumpahan susu. Pilihlah perlak yang mudah dicuci dan tidak mudah sobek.

 

  • Bak mandi (1 buah)

 

Bak mandi khusus bayi membantu memandikan bayi dengan aman dan nyaman. Pastikan bak mandi memiliki bahan yang tidak licin dan aman bagi kulit bayi.

 

  • Sabun bayi (3 buah)

 

Sabun bayi harus dipilih yang memiliki kandungan ringan dan tidak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi.

 

  • Sampo bayi (2 buah)

 

Shampo bayi juga harus dipilih yang memiliki kandungan ringan dan tidak menyebabkan iritasi pada mata bayi.

 

  • Minyak telon (1 buah)

 

Minyak telon digunakan untuk menghangatkan tubuh bayi dan juga dapat memberikan efek relaksasi sehingga bayi lebih mudah tidur.

 

  • Lotion bayi (1 buah)

 

Lotion bayi berguna untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Pilihlah lotion yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia yang berbahaya.

 

  • Kasa steril (1 kotak)

 

Kasa steril digunakan untuk membersihkan luka atau untuk menutup luka bayi. Pastikan kasa steril tersedia dalam kondisi steril.

 

  • Cotton bud (1 pak)

 

Cotton bud digunakan untuk membersihkan telinga bayi. Gunakan cotton bud dengan hati-hati dan jangan masukkan terlalu dalam ke dalam telinga.

 

  • Potongan kuku (1 set)

 

Potongan kuku digunakan untuk memotong kuku bayi yang sudah panjang. Potonglah kuku bayi dengan hati-hati untuk menghindari luka.

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Keluarga dengan Bijak dan Efektif

 

  • Sisir berbulu lembut (1 buah)

 

Sisir berbulu lembut digunakan untuk menyisir rambut bayi yang lembut dan halus.

 

  • Handuk (2 buah) 

 

Handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Pilihlah handuk yang lembut dan menyerap air dengan baik.

 

  • Waslap (2 buah)

 

Waslap digunakan untuk membersihkan wajah bayi atau membersihkan tubuh bayi saat tidak mandi. Pastikan waslap selalu dalam keadaan bersih.

 

  • Popok kain (12 buah)

 

Popok kain digunakan sebagai alternatif popok sekali pakai. Pilihlah popok kain yang terbuat dari bahan yang lembut dan mudah dicuci. Popok kain juga ramah lingkungan.

 

  • Kelambu (2 buah)

 

Kelambu digunakan untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk saat tidur. Pilihlah kelambu yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak mudah robek.

 

  • Pompa ASI (1 buah)

 

Pompa ASI digunakan untuk menyimpan ASI agar bisa diberikan kepada bayi saat Bunda tidak ada di rumah. Pilihlah pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan dan nyaman digunakan.

 

  • Tas bayi (1 buah)

 

Tas bayi digunakan untuk membawa perlengkapan bayi saat bepergian. Pilihlah tas bayi yang memiliki banyak kantong dan mudah dibawa.

 

  • Mainan bayi (3-4 buah)

 

Mainan bayi membantu merangsang perkembangan motorik dan sensorik bayi. Pilihlah mainan yang aman dan tidak mudah pecah untuk menghindari risiko tersedak.

 

Baca Juga: Cara Menyusun Rencana Masa Depan & Contohnya

 

Cari Promo dan Diskon Menarik? Investasi di Bizhare, Yuk! 

 

Manfaatkan promo dan diskon yang tersedia untuk menghemat pengeluaran belanja bulanan. Anda dapat mencari promo dan diskon di supermarket, restoran, atau warung makan terdekat. Sebelum berbelanja, pastikan untuk membandingkan harga dan kualitas produk agar Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda.

 

Selain itu, Anda juga dapat mencari promo dan diskon untuk pembayaran tagihan, transportasi, atau kebutuhan lainnya yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Salah satunya, jika Anda sering berinvestasi di Bizhare, Anda bisa memanfaatkan Poin Bizhare untuk redeem aneka promo dan voucher yang ada di aplikasi Bizhare. Mulai dari voucher facial, skincare, bahkan GarudaMiles, semua bisa didapatkan di sini. Keren, bukan?

 

Baca Lengkap: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Investasi di Bizhare, #AmankanPoinMu, Tukar Poin dengan Ribuan Voucher Menarik

 

Khusus Anda yang sudah sering berinvestasi di Bizhare, pasti sudah familiar dengan Poin Bizhare. Nah, tahukah Anda bahwa poin-poin tersebut bisa ditukarkan ke berbagai voucher spesial?

 

Yap! Dengan cara ini, Anda dapat menikmati keuntungan tambahan tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastikan untuk memantau Poin Bizhare yang Anda miliki.  Tak hanya itu, manfaatkan penawaran khusus yang dapat membantu mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

 

Bersama platform securities crowdfunding pertama Indonesia Bizhare, amankan masa depan Anda dengan kemerdekaan finansial seutuhnya. Jika Anda adalah salah satu orang yang ingin masa depannya cerah, silakan klik button di bawah ini.

 

#AmankanPoinMu Sekarang

64 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
13 Suka