03 May 2024
5 menit baca

10 Cara Meningkatkan Keamanan HP, Bebas Phising!

5 menit baca

Cara Meningkatkan Keamanan HP

 

Keamanan HP menjadi semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat. Semua informasi pribadi dan sensitif kita, mulai dari kontak hingga data finansial, tersimpan di dalamnya. Oleh karena itu, menjaga keamanan HP adalah hal yang tak boleh diabaikan. Di dalam artikel ini, kita akan membahas sederet cara efektif untuk meningkatkan keamanan HP Anda, mulai dari pengaturan PIN yang kuat hingga penggunaan aplikasi anti-malware.

 

  • Gunakan Kode PIN atau Pola Pengaman yang Kuat

 

Pengaturan kode PIN atau pola pengaman yang kuat adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan HP Anda. Pastikan kode atau pola yang Anda gunakan sulit ditebak, hindari menggunakan tanggal lahir atau kombinasi yang terlalu sederhana. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan kombinasi angka dan huruf.

 

Mengapa ini penting? Kode PIN atau pola pengaman yang lemah dapat membuat HP Anda rentan terhadap akses yang tidak sah. Dengan menggunakan kode atau pola yang kuat, Anda dapat meminimalkan risiko akses yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: 10 Tips Belanja Online yang Aman dan Nyaman

 

  • Aktifkan Sidik Jari atau Pengenalan Wajah

 

Memasang sidik jari atau pengenalan wajah pada HP Anda dapat meningkatkan keamanan secara signifikan. Fitur ini membuat HP hanya dapat diakses oleh Anda atau orang yang memiliki sidik jari atau wajah yang terdaftar.

 

Bagaimana cara kerjanya? Ketika Anda mengaktifkan fitur ini, HP akan menyimpan data sidik jari atau gambar wajah Anda yang nantinya akan digunakan untuk mengidentifikasi pemilik HP. Ini membuat HP Anda lebih aman dari akses yang tidak sah.

 

  • Perbarui Sistem Operasi secara Berkala

 

Perangkat lunak HP Anda perlu diperbarui secara teratur untuk mendapatkan perlindungan keamanan terbaru dari pihak pengembang. Perbarui sistem operasi HP Anda secara rutin agar terhindar dari kerentanan keamanan yang dapat dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pastikan juga untuk mengaktifkan pembaruan otomatis agar Anda tidak melewatkan pembaruan yang penting.

 

Mengapa penting untuk memperbarui sistem operasi? Pembaruan sistem operasi tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga memperbaiki kerentanan keamanan yang ada. Dengan memperbarui sistem operasi secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa HP Anda dilindungi dari ancaman keamanan yang terbaru.

 

  • Pasang Aplikasi Anti-Malware

 

Aplikasi anti-malware adalah salah satu langkah penting dalam meningkatkan keamanan HP Anda. Aplikasi ini dapat membantu melindungi HP dari serangan virus, malware, dan aplikasi berbahaya lainnya yang dapat merusak sistem atau mencuri data penting Anda. Pilihlah aplikasi anti-malware yang terpercaya dan perbarui secara rutin agar tetap efektif dalam melindungi HP Anda.

 

Selain itu, lakukanlah pemindaian secara berkala dengan aplikasi anti-malware untuk memastikan bahwa HP Anda bebas dari ancaman yang mungkin ada. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya atau mencurigakan, karena hal ini dapat meningkatkan risiko serangan malware.

 

  • Matikan Koneksi Bluetooth dan WiFi Saat Tidak Digunakan

 

Koneksi Bluetooth dan WiFi yang selalu aktif dapat menjadi celah bagi serangan jaringan yang tidak diinginkan. Matikan koneksi Bluetooth dan WiFi saat tidak digunakan untuk mengurangi risiko akses yang tidak sah ke HP Anda. Selain itu, hindari mengaktifkan fitur pencarian atau terdeteksi secara otomatis oleh perangkat lain di sekitar Anda.

 

Jika Anda menggunakan fitur WiFi, pastikan Anda terhubung ke jaringan yang aman dan terpercaya. Hindari mengakses informasi sensitif atau melakukan transaksi keuangan melalui jaringan WiFi publik, karena data Anda dapat dengan mudah disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Baca Juga: Daftar Jenis & Ciri-ciri Penipuan Online yang Terjadi di Indonesia

 

  • Hindari Menggunakan Jaringan WiFi Publik

 

Jaringan WiFi publik rentan terhadap serangan jaringan yang dapat membahayakan keamanan HP Anda. Serangan seperti Man-in-the-Middle (MITM) dapat digunakan oleh penyerang untuk mencuri informasi pribadi Anda seperti username, password, dan data finansial. Oleh karena itu, hindari menggunakan jaringan WiFi publik untuk kegiatan yang membutuhkan keamanan data yang tinggi.

 

Jika Anda harus menggunakan jaringan WiFi publik, pastikan untuk menggunakan VPN (Virtual Private Network) yang dapat melindungi data Anda dengan cara mengenkripsi lalu lintas internet Anda. Dengan menggunakan VPN, data Anda akan tetap aman meskipun Anda terhubung ke jaringan WiFi publik yang rentan.

 

  • Batasi Izin Aplikasi

 

Penting untuk memeriksa dan mengatur izin aplikasi secara cermat pada HP Anda. Setiap kali mengunduh atau menginstal aplikasi baru, pastikan untuk membaca izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Batasi izin aplikasi sesuai kebutuhan dan hindari memberikan izin yang tidak perlu. 

 

Misalnya, jika aplikasi ponsel game meminta akses ke kontak Anda, pertimbangkan dengan seksama apakah aplikasi tersebut benar-benar membutuhkan akses tersebut. Dengan membatasi izin aplikasi, Anda dapat mengurangi risiko akses yang tidak sah atau penyalahgunaan data pribadi Anda.

 

Baca Juga: Cyber Threat: Pengertian, Jenis Ancaman, & Cara Mengatasinya

 

  • Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

 

Hapus aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan dari HP Anda. Aplikasi yang tidak aktif dapat menjadi celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data Anda. 

 

Selain itu, aplikasi yang tidak terpakai juga dapat membebani kinerja HP Anda. Pastikan untuk secara rutin meninjau aplikasi yang terinstal di HP Anda dan menghapus yang tidak diperlukan.

 

  • Backup Data Secara Berkala

 

Melakukan backup data secara berkala adalah langkah penting untuk mengamankan data penting Anda. Gunakan fitur backup yang disediakan oleh HP Anda atau simpan data Anda di cloud seperti Google Drive atau iCloud. Dengan melakukan backup data secara berkala, Anda dapat menghindari kehilangan data yang tidak terduga akibat kerusakan HP atau serangan malware.

 

  • Hati-hati dengan Pesan atau Email yang Mencurigakan

 

Hindari mengklik tautan atau lampiran dari pesan atau email yang mencurigakan. Pesan phishing dan email spam sering digunakan oleh penyerang untuk mencuri informasi pribadi atau menginstal malware pada HP Anda. 

 

Jika Anda menerima pesan atau email yang mencurigakan, abaikan atau laporkan sebagai spam. Selalu verifikasi sumber pesan sebelum mengambil tindakan apapun, dan pastikan untuk tidak memberikan informasi pribadi atau sensitif melalui pesan atau email yang tidak diketahui.

 

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kebocoran Pribadi, Amankan Data Anda!

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam aneka bisnis franchise dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang terverifikasi dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Baca Lengkap: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Transparan & Aman!

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

125 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
31 Suka