10 September 2023
3 menit baca

Mengenal Strategi Word of Mouth (WOM) dalam Marketing

3 menit baca

word of mouth

 

Word of Mouth (WOM) adalah strategi pemasaran yang sangat kuat dan efektif. Metode marketing yang satu ini mengandalkan rekomendasi lisan dari konsumen yang puas kepada orang lain. Berikut ulasan lengkap mengenai apa itu word of mouth dan strateginya!

 

Pengertian Word of Mouth Marketing

 

Word of mouth (WOM) adalah bentuk promosi yang alami dan gratis, di mana konsumen yang senang dengan produk atau layanan Anda berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.

 

Istilah “word of mouth” berasal dari bahasa Inggris yang berarti “dari mulut ke mulut.” Ini WOM bisa muncul dalam percakapan sehari-hari, pertemuan sosial, media sosial, atau platform ulasan online.

 

WOM menjadi semakin penting dalam era digital ini. Alasannya, konsumen cenderung lebih percaya pada rekomendasi dari orang lain daripada iklan tradisional.

 

Baca Juga: 21 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Cepat Cuan!

 

Keunggulan Strategi Marketing Word of Mouth

 

Word of mouth adalah senjata ampuh yang mengandalkan kepercayaan, kejujuran, dan kesan positif dari orang-orang nyata yang telah merasakan manfaat produk atau layanan Anda. Berikut keunggulannya!

 

  • Meningkatkan Popularitas Brand Anda

WOM memiliki daya jangkau yang luas, terutama ketika informasi dibagikan melalui platform media sosial. Ketika seseorang merekomendasikan produk atau merek kepada teman-temannya, potensi untuk menjangkau audiens baru menjadi sangat besar. Semakin banyak orang yang membicarakan brand Anda secara positif, semakin dikenal dan populer brand Anda.

 

  • Tidak Memerlukan Biaya yang Besar

Salah satu keunggulan WOM adalah biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya. Anda tidak perlu mengeluarkan anggaran besar untuk iklan yang mahal. Cukup memberikan pengalaman yang memuaskan kepada konsumen, dan mereka akan secara sukarela membagikan hal tersebut kepada orang lain.

 

  • Meningkatkan Kepercayaan Konsumen terhadap Brand

Ketika seseorang mendengar rekomendasi dari teman atau keluarga, mereka cenderung lebih percaya dan merasa lebih nyaman untuk mencoba produk atau layanan tersebut. Kepercayaan konsumen yang tinggi adalah kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

 

  • Meningkatkan Penjualan

WOM memiliki pengaruh yang besar terhadap keputusan pembelian konsumen. Jika konsumen merasa puas dengan produk atau layanan Anda, mereka akan berbagi pengalaman positif tersebut dengan orang lain, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk Anda.

 

Baca Juga: 7 Cara Menarik Konsumen Baru untuk Naikkan Omset Penjualan Anda

 

Strategi Menggunakan Word of Mouth

 

Untuk menerapkan strategi WOM secara efektif, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

 

  • Pentingnya Memberikan Pengalaman Terbaik bagi Pelanggan

Pengalaman pelanggan adalah kunci utama untuk memulai WOM. Pastikan bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan memuaskan dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan. Jika pelanggan merasa senang dan puas, mereka akan dengan senang hati berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.

 

  • Minta Konsumen Memberi Testimoni atau Review

Aktif meminta pelanggan untuk memberikan testimonial atau review positif dapat menjadi pemicu WOM yang efektif. Testimoni dan review ini dapat dijadikan sebagai bukti nyata kepuasan pelanggan dan dapat meyakinkan orang lain untuk mencoba produk atau layanan Anda.

 

  • Terima Saran Perbaikan dari Konsumen

Selain meminta testimoni, berikan kesempatan kepada pelanggan untuk memberikan masukan dan saran perbaikan. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga meningkatkan kepercayaan mereka terhadap brand Anda.

 

  • Bangun Interaksi dengan Konsumen di Medsos

Gunakan media sosial sebagai sarana untuk berinteraksi dengan pelanggan. Beri tanggapan dengan cepat terhadap pertanyaan dan komentar pelanggan. Aktif berkomunikasi dengan pelanggan akan membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan mendukung penyebaran WOM.

 

  • Gunakan Strategi Key Opinion Leader (KOL)

Libatkan para key opinion leader (KOL) atau pengaruh online yang relevan dengan industri atau niche Anda. Kolaborasi dengan KOL dapat meningkatkan daya jangkau kampanye WOM Anda dan meningkatkan kredibilitas brand di kalangan audiens yang lebih luas.

 

Baca Juga: Apa Itu Buzzer dan Manfaatnya dalam Kegiatan Promosi Marketing

 

  • Sediakan Konten untuk Konsumen Bagikan

Buat konten yang menarik dan dapat dibagikan oleh konsumen. Misalnya, konten yang informatif, lucu, atau inspiratif akan lebih cenderung dibagikan oleh orang-orang kepada teman-teman mereka.

 

  • Berikan Hadiah Kejutan untuk Konsumen Terbaik

Berikan hadiah kejutan atau reward kepada konsumen yang aktif berpartisipasi dalam menyebarkan WOM tentang brand Anda. Ini akan meningkatkan motivasi mereka untuk terus berbagi pengalaman positif tentang produk Anda.

 

Strategi word of mouth (WOM) merupakan alat yang ampuh untuk meningkatkan popularitas dan penjualan suatu produk atau merek. Keunggulan WOM antara lain biaya yang rendah, kepercayaan tinggi dari konsumen, dan daya jangkau yang luas melalui pengaruh media sosial. 

 

Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat menggunakan WOM sebagai senjata ampuh dalam kampanye pemasaran Anda. Ingatlah untuk selalu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, dan bangun interaksi yang positif dengan mereka melalui media sosial.

728 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
145 Suka