09 September 2023
6 menit baca

12 Tips Memulai Bisnis FnB yang Sukses Memenangkan Pelanggan

6 menit baca

tips memulai bisnis fnb

 

Membangun bisnis di bidang food and beverage atau FnB memang terlihat menjanjikan karena bergerak di industri kebutuhan primer. Namun, menurut CEO dan Co-Founder Eten Technologies, Debbie Winardi yang dikutip dari laman IDXChannel, sebanyak 80 persen bisnis FnB gagal kurang dari lima tahun karena sistem operasional yang rumit. Nah, berikut beberapa tips memulai bisnis FnB yang bisa membantu Anda melangkah membangun bisnis di bidang ini secara lebih terarah. 

 

Tantangan Memulai Bisnis FnB

 

Membangun bisnis di industri makanan dan minuman  atau FnB memiliki tantangan yang unik. Berikut beberapa tantangan yang muncul saat membangun bisnis ini.

 

  • Banyak pesaing

Salah satu tantangan dalam membangun bisnis FnB adalah banyaknya kompetitor yang membuat persaingan cukup ketat. Di industri ini, kompetitor bisa muncul dengan konsep, menu, hingga harga yang serupa, sehingga kamu perlu memiliki keunikan dan keunggulan yang membedakan bisnismu.

 

  • Pengelolaan Bahan Baku

Tantangan berikutnya di industri bisnis FnB adalah manajemen persediaan dan biaya. Anda harus mampu memastikan bahwa persediaan bahan baku selalu tercukupi, fresh atau baru, tetapi tidak dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu, Anda juga harus mengelola biaya operasional untuk efisiensi biaya anggaran.

 

  • Membangun Jaringan Pelanggan

Selain itu, membangun jaringan pelanggan setia juga merupakan tantangan yang susah-susah gampang. Kamu perlu memikirkan strategi pemasaran dan promosi yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Sementara itu, dari segi kualitas pelayanan dan produk penting untuk dijaga demi mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

 

  • Menjaga Kualitas dan Konsistensi

Seperti penjelasan di atas, pelanggan setia akan bertahan jika kualitas dan konsistensi produk tetap terjaga. Mereka mengharapkan rasa dan pengalaman yang konsisten setiap kali mereka berkunjung. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa semua karyawan terlatih dengan baik dan mematuhi standar operasional yang ditetapkan.

 

Tips Memulai Bisnis FnB yang Wajib Kamu Perhatikan

 

Bisnis FnB bisa dibilang memiliki banyak pesaing. Untuk itu, Anda bisa perhatikan tips berikut sebelum mulai menjalankannya.

 

  • Menentukan Konsep Bisnis 

Konsep bisnis adalah salah satu hal dasar yang perlu ditentukan sebelum memulai. Pada bisnis FnB, Anda bisa menentukan jenis kuliner apa yang akan dijual, seperti apa kira-kira menu yang akan dihidangkan, bagaimana konsep tempat, hingga penyajiannya. Termasuk menentukan apakan Anda ingin bisnis dengan konsep franchise, auto-pilot, atau mengelolanya sendiri. Anda bisa mengumpulkan semua ide yang muncul, lalu disimpulkan ke dalam sebuah konsep bisnis yang lebih konkrit.

 

Konsep bisnis ini dituangkan ke dalam business plan yang akan menjadi pedoman kamu dalam menjalankan bisnis. Business plan juga berfungsi sebagai acuan bagi investor untuk mengukur prospek bisnis sebelum mereka menyatakan bersedia memberikan suntikan dana. Jadi, penting untuk menyusun business plan dengan serius.

 

  • Melakukan Riset Pasar

Sebelum memulai, penting bagi Anda untuk melakukan riset pasar untuk mengenal pelanggan. Apa yang kira-kira mereka butuhkan, berapa harga yang cocok untuk mereka, dan bagaimana metode promosi yang tepat jika sasaran bisnis kamu adalah mereka.

 

Selain target pasar, Anda juga harus melakukan riset kompetitor. Misalnya, apa produk yang dibutuhkan pelanggan, namun belum dijual kompetitor. Kamu bisa mengambil peluang bisnis di sinis. Cari tahu pula mengenai harga yang mereka tetapkan dan inovasi-inovasi yang bisa dikembangkan dari produk yang sudah ada pada kompetitor.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Langkah-Langkahnya

 

  • Memulai dari Skala Kecil

Jika Anda masih ingin melihat potensi bisnis yang akan dijalankan, atau mungkin memiliki modal dan waktu yang terbatas untuk memulai bisnis, tidak ada salahnya untuk memulai dari skala kecil terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya secara bertahap, misalnya dengan menawarkannya pada keluarga dan teman. 

 

Jika ingin lebih menekan modal, Anda juga bisa membuat sistem pre-order di mana pesanan akan dibuat sejumlah yang dipesan pelanggan. Sistem pre-order juga membantu menghindari makanan atau minuman yang bersisa jika tidak habis terjual.

 

  • Mencari Lokasi Strategis

Memilih lokasi yang strategis sangat penting terutama bagi bisnis kuliner atau FnB. Terlebih jika Anda berencana membuka restoran atau kafe dalam skala menengah hingga besar. Carilah lokasi yang dapat diakses dengan mudah oleh pelanggan potensial.

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi untuk bisnis kuliner adalah; akses dan keterjangkauan, area parkir, ukuran tempat, dan yang terpenting adalah fasilitas bangunan seperti ketersediaan toilet dan luasnya dapur. Selain itu, Anda juga wajib mempertimbangkan lingkungan di sekitar lokasi apakah sepi atau ramai, dan siapa saja kompetitor di sekitar lokasi tersebut.

 

  • Menghitung Biaya Produksi

Sebelum membeli bahan baku dan memulai operasional bisnis, Anda harus mengetahui secara jelas berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut. Tidak hanya menghitung bahan baku pembuatan, namun juga menghitung peralatan, kemasan, hingga tenaga kerja. 

 

Catat setiap detailnya untuk menghindari kerugian. Melalui pencatatan ini, Anda akan mengetahui berapa banyak modal yang dikeluarkan dan potensi keuntungan yang bisa dikantongi. Sehingga, bisnis Anda di bidang FnB bisa bertahan lama berkat profit yang stabil dan cenderung naik.

 

  • Membuat Anggaran Belanja

Setelah menghitung banyaknya biaya produksi yang dibutuhkan, Anda bisa langsung merancang anggaran belanja. Lakukan listing untuk semua pengeluaran, termasuk biaya bahan baku, tagihan dan sewa, promosi dan iklan, hingga biaya pegawai. Daftar sederhana ini bisa membantu kamu dalam tahap awal pendirian bisnis kuliner.

 

Meski pembuatan anggaran ini cukup menjadi momok bagi sebagian orang, namun anggaran belanja merupakan hal krusial. Sehingga, jika Anda merasa belum mampu melakukannya sendiri, terlebih untuk bisnis skala kecil dan menengah, kamu bisa meminta bantuan pihak ketiga seperti akuntan. Namun, jika Anda memiliki bisnis FnB skala mikro, ada baiknya Anda tetap membuat dan menyusun anggaran sendiri untuk mengetahui detail hitungannya.

 

Baca Juga: Budgeting: Tips dan Trik Mengelola Uang dengan Baik

 

  • Memilih Pemasok Bahan Baku Terpercaya

Memilih supplier atau pemasok bahan baku terpercaya dengan kualitas tinggi memang tidak mudah. Untuk langkah awal, Anda mungkin bisa bertanya pada rekan bisnis jika mereka memiliki rekomendasi supplier. Pengalaman mereka selama bertransaksi dengan supplier dapat menjadi informasi berharga.

 

Selain itu, Anda juga bisa menghadiri pameran di industri makanan dan minuman atau bergabung dengan grup komunitas bisnis kuliner untuk mengumpulkan informasi terkait daftar pemasok terpercaya.

 

  • Merancang Pilihan Menu

Pilihan menu bisa menjadi salah satu alasan pelanggan datang padamu. Namun, sebelum merancang pilihan menu, Anda wajib mengenal pelanggan dengan cara melakukan riset pelanggan. Kenali kebutuhan mereka, apakah pelanggan Anda mungkin membutuhkan variasi menu untuk diet atau opsi menu untuk vegan dan vegetarian.

 

Sebelum menjual menu, lakukan uji coba menu dengan beberapa pelanggan yang bisa dipilih secara acak. Lalu, minta penilaian dan ulasan dari mereka terkait menu yang sudah dicoba. Anda juga bisa memberikan promo menarik bagi pelanggan untuk beberapa varian menu. Perbarui juga menu sesuai dengan tren atau perubahan selera pelanggan

 

  • Memiliki SOP yang Jelas

SOP atau Standar Operasional Prosedur merupakan indikator penting dalam mendirikan sebuah bisnis FnB atau kuliner. SOP berfungsi memberikan panduan yang jelas dan terstruktur dalam membuat atau memproses suatu tugas. 

 

Panduan dari SOP akan berguna untuk menjaga konsistensi, efisiensi, dan kualitas produk atau layanan dalam bisnis. Sehingga, SOP harus dibuat dengan detail dan menyeluruh untuk dapat digunakan secara efektif. 

 

Peran SOP sebagai pedoman terutama bagi pegawai dalam menjalankan tugas dan pekerjaanya, dapat berisi instruksi teknis. Misalnya teknis operasional toko dan menyiapkan produk, bahan apa saja yang dipakai, dan cara penyajiannya. Ada pula SOP dalam melayani pelanggan, membersihkan peralatan dan toko secara keseluruhan, hingga SOP pengadaan dan distribusi produk.

 

  • Menyusun Strategi Promosi dan Pemasaran

Promosi dan pemasaran berguna untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada publik. Tanpa strategi promosi yang baik, orang-orang akan ragu untuk datang membeli karena merasa tidak yakin dengan produk dan layanan. Maka, penting bagi Anda untuk menyusun strategi marketing yang baik dan dirasa cocok dengan model dan konsep bisnis Anda.

 

Usaha promosi ini bisa dilakukan di berbagai media dan platform. Bisa juga dengan memasang iklan di media sosial dan membuat konten yang menarik dan informatif. Kamu juga bisa mengadakan promo atau diskon untuk menarik minat pelanggan.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Franchise

 

  • Merekrut dan Melatih SDM 

Merekrut pegawai sepertinya terlihat mudah, namun jika diperhatikan lagi, merekrut pegawai tetap punya tantangan tersendiri. Bukan perkara untuk mendapatkan SDM dan pegawai yang bisa dipercaya. Tanpa disadari, proses rekrutmen juga akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. 

 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merekrut SDM adalah membuat detail SOP yang akan diikuti oleh pegawai nantinya. Jabarkan pula deskripsi pekerjaan beserta syarat-syaratnya agar mendapatkan pegawai yang sesuai dengan kriteria. Lalu, siapkan waktu untuk training dan melatih pegawai baru sampai mereka mampu melakukan pekerjaannya sendiri.

 

  • Mengurus Perizinan dan Sertifikasi

Berhubung bisnis yang akan Anda mulai merupakan industri makanan dan minuman di Indonesia, maka penting agar Anda memiliki sertifikasi halal dan BPOM atau pun izin produksi resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Izin dan sertifikasi tersebut berguna untuk meraih kepercayaan konsumen sehingga bisnis dapat bersaing di pasaran. Selain itu, izin dan sertifikasi juga berguna sebagai penjamin keamanan produksi  yang dilakukan sesuai standar.

 

Meski begitu, banyak dari pelaku bisnis yang menyepelekan terkait perizinan dan legalitas usaha. Mereka beranggapan bahwa hal ini terlalu merepotkan, sehingga sering diabaikan. Padahal, selain meraih kepercayaan dan meraih peluang mengungguli kompetitor, dengan legalitas dan izin produksi, bisnis kamu juga berkesempatan didanai oleh investor.

 

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Legalitas dan Perizinan Usaha, Cermati Alurnya!

 

Demikian informasi mengenai tips memulai bisnis FnB dan kuliner. Potensi bisnis di Industri FnB masih sangat tinggi dan mendominasi tren pasar. Namun, potensi ini berbanding lurus dengan tingkat kompetisi. Sehingga, untuk bisa bersaing di industri ini, Anda membutuhkan persiapan yang matang sebelum memulai. 

 

Untuk itu, jangan sampai kamu melewatkan banyak kesempatan baik yang berpotensi mendorong kemajuan bisnis kuliner ini. Kamu bisa mendapatkan bantuan layanan terbaik terkait legalitas dan perizinan, penyusunan laporan keuangan perusahaan, hingga sistem operasional bersama MBN Consulting.

 

MBN Consulting telah berpengalaman menangani berbagai klien dan mitra kerja, terutama di bidang kuliner dan FnB. Sebut saja Holycow! Group dan Sour Sally Group yang sudah terlebih dahulu mempercayakan penanganan operasional bisnis mereka bersama MBN Consulting. 

 

Tertarik untuk mengetahui layanan lainnya dari kami? Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

562 Reads
Author: Bizhare Contributor
87 Suka