09 October 2023
4 menit baca

15 Tips Memilih Bisnis Franchise yang Menguntungkan

4 menit baca

memilih bisnis franchise

 

Franchise telah lama menjadi pilihan menarik bagi para calon pengusaha yang ingin meraih kesuksesan di dunia bisnis. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua bisnis franchise atau waralaba sama, dan ada beberapa faktor kunci yang perlu diperhatikan dengan cermat. Berikut tips yang dapat membantu Anda memilih bisnis franchise yang menguntungkan.

 

  • Pilih Bidang Franchise yang Anda Sukai

 

Saat memilih bisnis franchise, pertimbangkanlah bidang yang sesuai dengan minat dan passion Anda. Bisnis yang Anda nikmati akan memberikan Anda motivasi intrinsik yang tinggi, sehingga Anda akan lebih termotivasi untuk menghadapi tantangan dan menjalankan usaha dengan penuh semangat. 

 

Misalnya, jika Anda memiliki minat dalam industri makanan, mencari franchise di sektor ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa yang laris misalnya waralaba boba tea, yoghurt, hingga ayam goreng. Bisnis-bisnis ini juga bisa Anda temukan di platform securities crowdfunding Bizhare. Anda bisa mengeceknya di bawah ini.

 

Cek Detail Bisnis

 

  • Pilih Produk atau Jasa yang Dibutuhkan Banyak Konsumen

 

Salah satu kunci keberhasilan bisnis adalah memiliki produk atau jasa yang memiliki permintaan yang tinggi di pasar. Sebelum memilih bisnis franchise, lakukan riset pasar untuk memahami tren konsumen saat ini. 

 

Pilihlah bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang memiliki permintaan yang stabil atau bahkan meningkat. Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki pangsa pasar yang cukup besar untuk mendukung bisnis Anda.

 

  • Pilih Franchise yang Diminati Banyak Orang

 

Memilih franchise dengan merek yang sudah dikenal dan diminati banyak orang memberikan Anda keuntungan awal dalam hal membangun pelanggan. Merek yang memiliki reputasi baik akan lebih mudah diterima oleh calon pelanggan, sehingga Anda tidak perlu memulai dari nol dalam membangun kepercayaan.

 

  • Jangan Mudah Percaya Cerita Sukses Orang

 

Saat mencari informasi tentang bisnis franchise, Anda mungkin akan mendengar cerita sukses dari pemilik franchise lain. Meskipun inspiratif, penting untuk diingat bahwa setiap bisnis memiliki perjalanan yang unik. 

 

Bahkan, apa yang berhasil bagi orang lain belum tentu akan berhasil bagi Anda. Oleh karena itu, lakukan riset dan evaluasi mendalam tentang bisnis franchise yang Anda pertimbangkan.

 

Baca Juga: 10 Daftar Orang Terkaya di Dunia

 

  • Sesuaikan dengan Modal yang Kamu Punya

 

Bisnis franchise datang dengan biaya awal yang bervariasi tergantung pada merek dan industri. Sebelum Anda terjun ke dalam bisnis ini, tentukan berapa modal yang Anda miliki. 

 

Kemudian, pilihlah bisnis franchise yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Hindari memaksakan diri untuk memilih bisnis yang jauh melebihi kemampuan keuangan Anda, karena ini dapat berdampak negatif pada kesehatan finansial Anda di masa depan.

 

  • Cek Latar Belakang Franchise Pilihanmu

 

Sebelum Anda terlibat dalam bisnis franchise, lakukan riset menyeluruh tentang latar belakang dan sejarah franchise tersebut. Periksa apakah ada masalah hukum atau kontroversi yang melibatkan merek tersebut. Baca ulasan dari pemilik franchise lain dan cari tahu tentang pengalaman mereka. Informasi ini dapat membantu Anda menghindari potensi risiko di masa depan.

 

  • Pahami Proyeksi Keuangan yang Diberikan

 

Franchise umumnya memberikan proyeksi keuangan kepada calon franchisee. Proyeksi ini memberikan gambaran tentang potensi pendapatan dan pengeluaran dalam beberapa tahun pertama bisnis. 

 

Namun, jangan hanya mengandalkan proyeksi ini tanpa melakukan analisis lebih lanjut. Pastikan Anda memahami asumsi-asumsi di balik angka-angka tersebut dan bandingkan dengan realitas pasar lokal.

 

  • Baca Kontrak Kerja Sama dengan Teliti

 

Kontrak kerja sama adalah dokumen yang mengatur hubungan antara franchisor dan franchisee. Sebelum menandatangani kontrak, baca dengan cermat setiap klausa dan persyaratan yang tercantum. Jika perlu, mintalah nasihat dari seorang ahli hukum agar Anda memahami implikasi hukum dari setiap ketentuan dalam kontrak.

 

Baca Juga: Wanprestasi: Definisi, Contoh, Dampak Hukum, dan Cara Mengatasinya

 

  • Pastikan Jaminan Ada dalam Perjanjian

 

Dalam perjanjian franchise, pastikan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak dijelaskan dengan jelas. Jika franchisor menawarkan jaminan atau dukungan tertentu, pastikan semua hal ini tertulis secara rinci dalam perjanjian. Ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan apa yang dijanjikan.

 

  • Cari Lokasi yang Strategis

 

Lokasi bisnis franchise adalah faktor penting dalam kesuksesan usaha Anda. Pilihlah lokasi yang strategis, dekat dengan pasar target Anda. Lokasi yang mudah diakses dan terlihat oleh calon pelanggan akan meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Lakukan analisis pasar lokal untuk memastikan bahwa lokasi yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

  • Amati Kondisi Beberapa Cabang Franchise

 

Jika ada beberapa cabang franchise dari bisnis yang sama di daerah Anda, amati dengan cermat kinerja masing-masing cabang. Perhatikan faktor-faktor seperti jumlah pelanggan, omset penjualan, dan reputasi di masyarakat. Informasi ini dapat memberikan Anda gambaran tentang potensi kesuksesan bisnis franchise di lokasi Anda.

 

  • Bandingkan Kualitas Produk dari Beberapa Cabang Franchise

 

Pastikan bahwa kualitas produk atau jasa yang ditawarkan konsisten di semua cabang franchise. Kualitas yang baik adalah salah satu faktor penting yang akan membantu Anda mempertahankan pelanggan dan membangun reputasi yang positif di pasaran. Jika kualitas produk bervariasi di berbagai cabang, hal ini dapat merusak citra merek secara keseluruhan.

 

  • Bandingkan dengan 2-3 Kompetitor Produk atau Jasa Sejenis

 

Lakukan perbandingan antara bisnis franchise yang Anda pertimbangkan dengan 2-3 kompetitor yang menawarkan produk atau jasa serupa di daerah Anda. Identifikasi keunggulan kompetitif dari bisnis franchise Anda dan apa yang membedakan Anda dari pesaing. Keunggulan ini bisa menjadi nilai tambah yang menarik bagi calon pelanggan.

 

  • Pahami Hak dan Kewajiban Franchisor dan Franchisee, Pastikan Sama Menguntungkan

 

Ketika Anda memasuki perjanjian franchise, pastikan bahwa hak dan kewajiban dari kedua belah pihak dijelaskan dengan jelas dan adil. Franchisor dan franchisee memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dalam menjalankan bisnis ini. Pastikan bahwa perjanjian tersebut menguntungkan bagi kedua belah pihak dan tidak memberikan keuntungan yang tidak seimbang.

 

  • Analisis Kinerja Keuangan dari Tahun Sebelumnya

 

Memahami kinerja keuangan bisnis sebelumnya adalah langkah penting dalam mengevaluasi potensi keberhasilan bisnis franchise. Periksa laporan keuangan dari tahun sebelumnya untuk memahami tren pendapatan, biaya, dan laba bersih. Jika memungkinkan, minta informasi lebih lanjut dari franchisor tentang kinerja cabang franchise lain dalam jangka waktu yang sama.

 

Baca Juga: Laporan Keuangan Perusahaan: Manfaat, Jenis, dan Unsurnya

 

Dengan merujuk pada tips-tips di atas, Anda akan memiliki panduan yang lebih baik dalam memilih bisnis franchise yang sesuai dengan tujuan dan situasi finansial Anda. 

 

Meskipun kesuksesan tidak bisa dijamin, langkah-langkah ini dapat membantu Anda mengurangi risiko dan meningkatkan peluang Anda untuk meraih hasil yang menguntungkan dari bisnis franchise yang Anda pilih.

561 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
121 Suka