02 September 2023
3 menit baca

Strategi Pemasaran Decoy Effect: Cara Cerdas Tingkatkan Penjualan

3 menit baca

 

Rumitnya menentukan harga jual sebuah produk, membuat produsen menetapkan strategi marketing decoy effect. Tujuannya untuk memengaruhi keputusan pelanggan, sekaligus meningkatkan angka penjualan produk. Lantas, apa itu decoy effect dan bagaimana cara kerjanya? Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut!

 

Apa Itu Decoy Effect?

 

Decoy effect adalah strategi pemasaran yang terbilang cerdik dengan menetapkan opsi ketiga sebagai umpan untuk memengaruhi persepsi konsumen tentang pilihan pertama. Oleh sebab itu, strategi pemasaran decoy effect juga dikenal sebagai strategi umpan.

 

Saat menggunakan strategi ini, penjual akan menghadirkan opsi produk tambahan yang sebenarnya tidak begitu diminati atau kurang menguntungkan bagi konsumen. Namun, produk tersebut tetap ditawarkan untuk membuat pilihan utama terlihat lebih menarik. 

 

Tujuan utama dari decoy effect adalah untuk membantu konsumen membuat keputusan yang lebih baik dengan memberikan perbandingan yang jelas antara pilihan yang tersedia. Selain itu, cara ini juga digunakan untuk kepentingan penjual dalam meningkatkan penjualan 

 

Penerapan decoy effect sebetulnya sudah sangat familiar bagi kebanyakan konsumen. Penjual menghadirkan opsi ketiga sebagai umpan di antara satu atau dua produk utama yang ingin dipromosikan. Opsi ketiga cenderung tidak seimbang dengan dua opsi lainnya dari segi harga. 

 

Nah, opsi ketiga inilah yang digunakan sebagai umpan untuk membuat persepsi konsumen berubah karena melihat harga opsi utama terlihat lebih menguntungkan. Strategi ini sering digunakan oleh restoran atau kafe yang menawarkan berbagai varian ukuran menu dengan memainkan selisih harga antar produk.

 

Baca Juga: Green Marketing, Penerapan Pemasaran Berkelanjutan dalam Bisnis

 

Bagaimana Cara Kerja Decoy Effect?

 

Cara kerja decoy effect adalah dengan menawarkan opsi harga yang berbeda untuk produk yang sama dengan kuantitas yang berbeda. Penawaran ini biasanya juga akan diikuti oleh bujuk rayu untuk mendorong konsumen membeli opsi produk yang ditawarkan.

 

Contohnya adalah penjualan tiket bioskop yang tersedia dalam dua pilihan jenis tiket:

 

  1. Tiket reguler seharga Rp50.000.
  2. Tiket premium (gratis popcorn) seharga Rp100.000.

 

Melihat perbedaan harga dan benefit yang cukup jauh, maka pelanggan cenderung lebih memilih tiket reguler dengan harga yang jauh lebih murah, sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Jika perusahaan memutuskan untuk menggunakan decoy effect demi mempengaruhi pilihan pelanggan, maka jenis tiket bioskop yang ditawarkan akan seperti ini:

 

  1. Tiket reguler seharga Rp50.000.
  2. Tiket premium (tanpa popcorn) Rp75.000.
  3. Tiket premium (gratis popcorn) Rp100.000.

 

Pilihan kedua dimasukkan sebagai umpan agar konsumen berpikir bahwa pilihan kedua adalah opsi tanggung. Opsi ketiga, yaitu tiket dengan popcorn tiba-tiba terlihat lebih menguntungkan. Kebanyakan orang akan memilih tiket premium dengan popcorn gratis karena mereka merasa mendapatkan nilai lebih dengan selisih harga yang tidak begitu jauh.

 

Jadi, decoy effect bekerja dengan memanipulasi persepsi nilai dan mempengaruhi pemikiran konsumen. Pada dunia pemasaran, strategi ini sering digunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan tertentu dengan mengarahkan konsumen ke pilihan yang diinginkan.

 

Baca Juga: Menerapkan Metode SMART untuk Mencapai Tujuan Bisnis yang Efektif

 

Bagaimana Cara Menerapkan Strategi Decoy Effect?

 

Menerapkan strategi pemasaran cerdik yang satu ini dapat dilakukan dalam beberapa langkah berikut.

 

  • Identifikasi Produk atau Layanan 

Kenali jenis produk atau layanan yang ingin Anda promosikan atau tingkatkan penjualannya. Pilihlah produk atau layanan yang memiliki beberapa opsi yang bisa dipilih konsumen agar mereka dapat membandingkan sendiri mana yang lebih menarik dan menguntungkan.

 

  • Buat Pilihan Decoy yang Tidak Menarik 

Opsi yang akan dijadikan umpan haruslah menjadi pilihan yang kurang menarik atau kurang menguntungkan dibanding dengan pilihan utama yang ingin Anda promosikan. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan paket A dengan harga Rp. 50.000, buatlah umpan dengan paket B yang memiliki fitur yang kurang menarik, namun dengan harga yang berbeda tipis atau bahkan sama.

 

  • Fokuskan Perhatian pada Pilihan Utama

Cara menerapkan decoy effect selanjutnya adalah dengan memberikan penekanan pada pilihan utama yang ingin dipromosikan. Berikan informasi yang jelas dan berikan perbandingan dengan menonjolkan opsi utama sehingga terlihat lebih menarik. Konsumen pun akan turut merasa terbantu karena mengira bahwa penjual telah memudahkan mereka membuat keputusan pembelian.

 

  • Amati Hasilnya

Setelah menerapkan decoy effect, perhatikan bagaimana reaksi pelanggan terhadap pilihan yang ditawarkan. Apakah ada peningkatan dalam pembelian atau minat terhadap pilihan utama yang Anda promosikan atau justru daya beli konsumen tidak sesuai harapan. Kemudian, evaluasi hasil tersebut untuk mengetahui apakah metode ini cocok diterapkan dalam bisnis Anda.

 

Perlu diingat bahwa decoy effect harus digunakan dengan etika dan transparansi. Disarankan untuk tidak memunculkan opsi decoy yang berpotensi menipu konsumen. Penerapan decoy effect dengan bijak, akan dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan meningkatkan penjualan produk atau layanan pada bisnis.

 

Baca Juga: 20 Prinsip Dasar Bisnis yang Wajib Anda Terapkan, Dijamin Sukses!

 

Strategi pemasaran yang tepat, tidak hanya akan meningkatkan penjualan produk, namun juga kepuasan pelanggan. Untuk mengetahui strategi apa yang kira-kira cocok untuk bisnis, Anda dapat melibatkan pihak ketiga seperti konsultan bisnis untuk mengurangi risiko kesalahan dan meningkatkan keberhasilan strategi bisnis.

 

Anda bisa mengonsultasikan berbagai kendala dan permasalahan bisnis bersama MBN Consulting. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kemudahan lain dalam mengelola bisnis dengan adanya layanan jasa laporan keuangan, pajak, dan legalitas untuk meningkatkan efektivitas bisnis dan mempercepat transisi bisnis yang substansial dan berkelanjutan.

Untuk melihat layanan lainnya yang kami tawarkan, silakan klik tombol berikut untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

1436 Reads
Author: Bizhare Contributor
167 Suka