25 August 2023
4 menit baca

Potensi Bisnis Kos sebagai Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan

4 menit baca

potensi bisnis kos

 

Bisnis kos sebagai investasi jangka panjang sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis bisnis yang menjanjikan, terutama di kota-kota besar. Kos-kosan masih menjadi alternatif para pekerja hingga mahasiswa untuk memenuhi kebutuhan primer mereka akan tempat tinggal di kota baru.

 

Melihat Potensi Bisnis Kos sebagai Investasi Jangka Panjang

 

Bisnis kos-kosan merupakan salah satu jenis usaha menggiurkan karena dipercaya memiliki potensi besar dalam menciptakan keuntungan jangka panjang. Apa saja? Simak penjelasannya berikut.

 

  • Tingginya Permintaan

Bisnis kos-kosan di kota besar padat penduduk, dapat berpotensi menjadi ladang uang dan investasi bagi pemilik kos. Sebab, kota besar merupakan tujuan utama para perantau dari luar kota untuk bekerja atau menyelesaikan pendidikan. Tidak heran, Permintaan akan tempat tinggal yang nyaman dengan akses dan biaya terjangkau menjadi tinggi. Bisnis kos adalah jawaban dalam memenuhi kebutuhan pasar ini. 

 

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang dan Tips Memulainya

 

  • Pendapatan Stabil 

Dalam bisnis kos, pendapatan biasanya diperoleh dari biaya sewa bulanan dengan jumlah tetap per bulannya. Semakin banyak kamar dan ruangan yang disewakan, semakin tinggi pula pendapatan Anda sebagai pemilik kos setiap bulan. Ini berarti, Anda dapat memiliki pendapatan yang stabil tanpa terlalu banyak fluktuasi.

 

  • Diversifikasi Portofolio Investasi

Investasi dalam bisnis kos dapat menjadi cara yang baik untuk diversifikasi portofolio investasi Anda. Selain saham dan obligasi, memiliki properti seperti kepemilikan bangunan yang disewakan seperti kos dapat memberikan perlindungan terhadap fluktuasi pasar yang mungkin terjadi di sektor lain.

 

  • Potensi Kenaikan Nilai Properti

Nilai properti cenderung meningkat seiring berjalannya waktu. Di masa depan, akan selalu ada potensi kenaikan yang terbilang signifikan untuk properti yang Anda miliki. Terutama jika kos-kosan Anda dibangun di lokasi yang strategis dan berkembang. Anda pun dapat menaikkan atau menyesuaikan harga sewa karena pertimbangan lokasi tersebut.

 

Baca Juga: Keuntungan Investasi di Bisnis Properti

 

  • Pengelolaan Relatif Mudah 

Meskipun bisnis kos memerlukan manajemen yang baik dan perawatan rutin, namun dengan sistem yang tepat dan tim yang kompeten, pengelolaan terkait bisnis ini dapat dijalankan dengan relatif mudah. Bisnis kos-kosan cenderung bisa dikelola sendiri atau bersama keluarga. Selain itu, Anda juga dapat mempekerjakan orang terpercaya untuk membantu mengelola operasional sehari-hari.

 

  • Potensi Pengembangan 

Permintaan yang terus naik, membuat para pelaku bisnis mempertimbangkan penambahan jumlah produk untuk meraih peningkatan keuntungan. Nah, jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda juga dapat mengembangkan bisnis kos dengan menambah jumlah kamar atau membangun gedung baru. Ini dapat meningkatkan potensi pendapatan dan nilai properti.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbisnis Indekos

 

Penting untuk melakukan beberapa hal berikut sebelum Anda memutuskan untuk menginvestasikan dana pada pengelolaan gedung kos. riset pasar yang teliti sebelum memulai bisnis kos. Perhatikan faktor-faktor seperti lokasi, permintaan pasar, dan persaingan sebelum menginvestasikan dana.

 

  • Riset Pasar

Pelajari permintaan dan persaingan di daerah yang ingin kamu buka kos-kosan. Apakah para penyewa nantinya berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa atau para pekerja. Hal ini penting untuk menentukan fasilitas dan harga yang tepat untuk kos-kosan yang akan Anda bangun.

 

  • Lokasi Strategis

Pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus atau pusat bisnis. Pastikan pula lokasi tersebut mudah diakses dengan berbagai layanan dan moda transportasi. Lokasi adalah salah satu syarat penting dalam menarik minat calon penyewa.

 

  • Mengurus Perizinan 

Sebelum memulai bisnis kos, wajib untuk memahami cara mengurus izin usahanya terlebih dahulu. Tanpa izin usaha, bisnis kos yang dikelola dapat terjebak masalah hukum seperti sanksi pidana, denda, dan penyegelan. Beberapa dokumen yang harus ada adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Peruntukan Penggunaan Tanah (IPPT), izin lingkungan, Sertifikat Laik Fungsi (SLF), izin operasional, dan memiliki site plan. 

 

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Legalitas dan Perizinan Usaha, Cermati Alurnya!

 

  • Layanan, Fasilitas, dan Perawatan

Berikan fasilitas yang nyaman dengan keamanan terjamin bagi para penghuni dengan melakukan renovasi dan perawatan rutin. Buatlah ruangan yang bersih dilengkapi dengan fasilitas seperti Wi-Fi, CCTV, atau AC untuk meningkatkan nilai tambah bisnis Anda dan menarik calon penyewa. 

 

  • Manajemen Keuangan

Buat rencana keuangan yang jelas dan lakukan pemantauan secara berkala. Rencana keuangan yang jelas dan rinci akan membantu Anda dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mengelola bisnis kos. 

 

  • Pemasaran

Seperti jenis bisnis lainnya, bisnis kos pun juga butuh pemasaran yang efektif untuk dapat menemukan calon penyewa. Gunakan strategi pemasaran yang efektif seperti media sosial, kerjasama dan partnership dengan kampus, atau aplikasi manajemen kos untuk memudahkan pelayanan dan pengelolaan bisnis Anda.

 

Potensi Keuntungan Bisnis Kos sebagai Investasi

 

Bisnis kos yang dikelola dengan baik, dapat memiliki proyeksi keuntungan besar, terutama setelah beberapa tahun dikelola. Tidak heran jika banyak orang yang bermimpi untuk mengelola bisnis kos-kosan sebagai investasi atau sumber passive income yang menjanjikan.

 

Namun, besaran keuntungan tersebut sangat bergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, harga sewa, biaya operasional, jumlah kamar yang disewakan, dan para pekerja yang harus Anda gaji setiap bulan.

 

Angka pasti mengenai keuntungan yang dapat diperoleh bagi pemilik kos setiap bulannya dapat bervariasi. Hal tersebut sangat bergantung pada faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas. Namun, secara umum, pemilik bisnis bisa memperoleh keuntungan bersih sebesar 30-50% setiap bulannya. Cukup tinggi, ya?

 

Baca Juga: Strategi Ampuh Jadi Investor Properti Sukses!

 

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis kos-kosan dan menjadikannya sumber passive income di masa depan atau investasi jangka panjang? Jangan lupa untuk selalu melakukan riset pasar dengan teliti sebelum memulai investasi dana pada jenis bisnis ini, ya!

 

Selain itu, penting untuk memperhatikan dan menyiapkan setiap detail keperluan bisnis agar dapat berkembang maksimal. Seperti pengelolaan keuangan, hingga perizinan usaha dan legalitas. 

 

Jangan sampai Anda menyepelekan hal tersebut dan menjadi penghambat bisnis Anda untuk berkembang. Saatnya tingkatkan performa bisnis bersama MBN Consulting! 

 

Anda bisa mendapatkan bantuan layanan terkait legalitas dan perizinan, penyusunan laporan keuangan perusahaan, strategi pemasaran, performa bisnis, hingga sektor kualitas kinerja.

 

MBN Consulting telah bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, dalam membantu memberikan bantuan layanan yang berkesinambungan terhadap peningkatan kualitas bisnis dan UKM di Indonesia. 

 

Tertarik untuk mengetahui layanan yang kami tawarkan? Silakan klik tombol di bawah untuk informasi lebih lanjut.

 

MBN Consulting

999 Reads
Author: Bizhare Contributor
242 Suka