17 March 2024
4 menit baca

Minimum Order Quantity (MOQ): Jenis & Manfaatnya

4 menit baca

Minimum Order Quantity

 

Dalam dunia bisnis, Minimum Order Quantity (MOQ) atau Jumlah Pesanan Minimum adalah faktor penting yang dapat mempengaruhi keseimbangan antara efisiensi produksi, biaya, dan keuntungan. MOQ adalah jumlah terendah produk yang harus dibeli oleh pembeli dari suatu produsen atau supplier. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang konsep MOQ, mengapa penting untuk bisnis Anda, serta strategi untuk mengelola dan mengatasi tantangan yang terkait dengan MOQ.

 

Pengertian Minimum Order Quantity (MOQ)

 

Minimum Order Quantity (MOQ) adalah jumlah minimum produk yang harus dibeli oleh pembeli dalam satu pesanan agar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan harga atau persyaratan tertentu dari produsen atau distributor. 

 

MOQ biasanya diterapkan untuk menjaga efisiensi dalam proses produksi atau distribusi. Dengan menerapkan MOQ, produsen dapat memastikan bahwa pesanan yang diterima mencapai tingkat produksi minimum yang diperlukan untuk menjaga biaya produksi tetap efisien.

 

Selain itu, MOQ juga dapat membantu produsen atau distributor dalam merencanakan produksi atau persediaan mereka. Dengan mengetahui bahwa akan ada permintaan minimum untuk produk tertentu, mereka dapat merencanakan produksi mereka dengan lebih baik untuk menghindari overproduction atau kekurangan stok.

 

Bagi pembeli, MOQ bisa menjadi tantangan terutama bagi bisnis kecil atau startup yang tidak memiliki kapasitas untuk membeli dalam jumlah besar. Namun, MOQ juga bisa menjadi peluang untuk bernegosiasi dengan produsen atau distributor untuk mencapai kesepakatan yang lebih menguntungkan, seperti harga diskon atau persyaratan lainnya.

 

Baca Juga: Holding Company: Pengertian dan Contohnya di Indonesia

 

Jenis-Jenis Minimum Order Quantity (MOQ)

 

MOQ adalah representasi dari kendala ekonomi bagi pemasok yang terkait dengan pemrosesan pesanan. Ini melibatkan biaya bahan, mesin, dan biaya lainnya untuk memproduksi pesanan, termasuk biaya pengiriman. Kendala ini juga dapat bersifat administratif, seperti pembukuan dan penagihan. Berikut adalah beberapa jenis MOQ yang perlu Anda ketahui.

 

  • Simple Minimum Order Quantity (MOQ)

Simple MOQ adalah jenis MOQ yang paling umum digunakan oleh perusahaan. Dalam Simple MOQ, terdapat pembatasan berupa pembelanjaan minimum atau jumlah minimum yang harus dipesan. Misalnya, untuk pesanan printer buku, kemungkinan akan menguntungkan jika ada pesanan minimum dengan jumlah yang dapat memberikan margin keuntungan yang lebih besar.

 

  • Complex Minimum Order Quantity (MOQ)

Complex MOQ, di sisi lain, memiliki dua atau lebih persyaratan untuk pesanan. Misalnya, produsen pakaian selain menerapkan batasan minimum jumlah pesanan, juga menerapkan persyaratan lain seperti panjang minimum kain per warna dan jenis kain. 

 

Untuk melakukan pemesanan, pembeli harus memenuhi semua persyaratan ini. Menyiapkan Complex MOQ bagi pemasok tidaklah selalu sederhana, karena melibatkan banyak informasi yang harus dimasukkan ke dalam perhitungan. Sebagai pemasok, Anda perlu memahami informasi biaya terperinci dari setiap bagian komponen, serta biaya tenaga kerja dan administrasi pesanan.

 

Baca Juga: 10 Cara Mengelola Keuangan Bisnis atau Perusahaan agar Tetap Stabil

 

Manfaat Minimum Order Quantity (MOQ)

 

Minimum Order Quantity (MOQ) memiliki berbagai manfaat bagi pemasok dan pembeli, di antaranya:

 

  • Efisiensi Produksi

Dengan adanya MOQ, pemasok dapat meningkatkan efisiensi produksi karena mereka dapat mengatur proses produksi dalam jumlah yang lebih besar.

 

  • Biaya Produksi yang Lebih Rendah

Pesanan dalam jumlah besar cenderung memiliki biaya produksi per unit yang lebih rendah, karena biaya tetap seperti biaya bahan baku dan tenaga kerja dapat dibagi dengan lebih banyak unit.

 

  • Harga yang Lebih Kompetitif

Dengan biaya produksi yang lebih rendah, pemasok dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif kepada pembeli.

 

  • Stabilitas Keuntungan

MOQ membantu pemasok menjaga keuntungan yang stabil karena mereka dapat menghindari produksi dalam jumlah kecil yang mungkin tidak menguntungkan.

 

  • Kualitas Produk yang Lebih Baik

Dalam banyak kasus, pemesanan dalam jumlah besar memungkinkan pemasok untuk menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas atau proses produksi yang lebih canggih, yang dapat meningkatkan kualitas produk.

 

  • Hubungan Jangka Panjang

Dengan adanya MOQ yang stabil, pemasok dan pembeli dapat membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

 

Baca Juga: Budgeting: Tips dan Trik untuk Mengelola Uang dengan Baik

 

Cara Menyusun Minimum Order Quantity (MOQ) 

 

Menyusun Minimum Order Quantity (MOQ) yang tepat adalah kunci untuk memaksimalkan manfaat bagi pemasok dan pembeli. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti dalam menyusun MOQ yang efektif.

 

  • Analisis Biaya 

Lakukan analisis biaya yang cermat untuk menentukan biaya produksi per unit. Ini termasuk biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik, dan biaya lainnya.

 

  • Perhitungan Keuntungan

Tentukan margin keuntungan yang diinginkan untuk setiap unit produk. Ini dapat menjadi persentase tertentu dari biaya produksi atau harga jual.

 

  • Penentuan Jumlah Minimum

Berdasarkan analisis biaya dan perhitungan keuntungan, tentukan jumlah minimum unit yang harus dipesan untuk mencapai titik impas atau mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

 

  • Pertimbangkan Permintaan Pasar

Perhatikan permintaan pasar dan kebutuhan pelanggan. Pastikan MOQ yang ditetapkan dapat memenuhi permintaan pasar tanpa menghasilkan persediaan yang tidak terjual.

 

  • Komitmen Jangka Panjang

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menawarkan diskon atau insentif lainnya kepada pembeli yang bersedia melakukan komitmen jangka panjang dengan MOQ yang lebih tinggi.

 

  • Fleksibilitas

Sediakan beberapa pilihan MOQ yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis pelanggan. Misalnya, Anda dapat menawarkan MOQ yang lebih rendah untuk pelanggan baru atau untuk produk yang kurang populer.

 

  • Evaluasi dan Penyesuaian

Secara teratur evaluasi dan sesuaikan MOQ Anda berdasarkan umpan balik pelanggan, perubahan dalam biaya produksi, dan kondisi pasar lainnya.

 

MOQ adalah faktor penting dalam bisnis yang dapat mempengaruhi persediaan, keuntungan, dan pilihan produk Anda. Dengan memahami konsep MOQ dan mengambil langkah-langkah yang tepat, Anda dapat mengelola dampaknya pada bisnis Anda dan memastikan kelangsungan bisnis yang sukses.

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam proyek-proyek properti yang menjanjikan dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang aman dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

86 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
21 Suka