24 October 2023
3 menit baca

Loyalty Program: Pahami Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

3 menit baca

loyalty program bizhare

 

Loyalty program, atau yang dikenal sebagai program loyalitas, adalah strategi bisnis yang telah menjadi elemen penting dalam dunia pemasaran. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi konsep dasar loyalty program, manfaatnya bagi bisnis Anda, serta berbagai jenisnya beserta contohnya.

 

Apa Itu Loyalty Program?

 

Loyalty program adalah strategi bisnis yang dirancang khusus untuk membangun dan mempertahankan hubungan positif antara perusahaan dan pelanggan atau klien. Program ini menekankan pada pemberian insentif kepada pelanggan yang secara teratur menggunakan produk atau jasa perusahaan.

 

Dalam konteks yang lebih mendalam, loyalty program mengacu pada serangkaian kebijakan, insentif, dan penghargaan yang diberikan kepada pelanggan sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan mereka terhadap bisnis. 

 

Program ini bertujuan untuk merangsang pelanggan agar tetap berinteraksi dengan bisnis Anda, menghindari beralih ke pesaing, dan tetap setia dalam jangka panjang.

 

Loyalty program dapat beragam dalam bentuknya, tetapi tujuannya selalu sama, yaitu meningkatkan loyalitas pelanggan. Ini dapat mencakup insentif seperti diskon, poin loyalitas, hadiah, akses ke penawaran eksklusif, atau bahkan keanggotaan premium.

 

Salah satu fitur kunci dari loyalty program adalah kemampuannya untuk mengumpulkan data pelanggan. Dengan memantau aktivitas pelanggan melalui program ini, bisnis dapat memahami preferensi dan kebiasaan mereka dengan lebih baik. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan menghasilkan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

 

Loyalty program bukan hanya tentang memberikan insentif finansial kepada pelanggan, tetapi juga tentang membangun hubungan yang lebih dalam dan saling menguntungkan antara bisnis dan pelanggan. Dengan menawarkan nilai tambah melalui program ini, pelanggan cenderung merasa lebih dihargai dan terhubung secara emosional dengan merek Anda.

 

Dalam bisnis modern yang kompetitif, loyalty program telah menjadi elemen kunci dalam strategi pemasaran. Elemen ini membantu bisnis mempertahankan pangsa pasar, meningkatkan retensi pelanggan, dan meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan. Oleh karena itu, memahami konsep dasar dari loyalty program adalah langkah penting dalam membangun dan mengelola bisnis yang sukses.

 

Baca Juga: Mengapa Investasi Penting? Berikut 10 Alasannya!

 

Manfaat Loyalty Program

 

Loyalty program memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan bisnis Anda:

 

  • Mempertahankan Customer/Client Lama

Dengan menawarkan insentif kepada pelanggan setia, Anda dapat memastikan bahwa mereka akan tetap memilih produk atau layanan Anda daripada bersaing dengan pesaing.

 

  • Membangun Hubungan dengan Customer/Client Lebih Baik

Program ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara teratur dengan pelanggan Anda, sehingga Anda dapat memahami kebutuhan mereka lebih baik.

 

  • Reward bagi Customer/Client

Memberikan penghargaan kepada pelanggan untuk pembelian atau tindakan tertentu adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kepuasan mereka.

 

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan meningkatkan loyalitas pelanggan, Anda juga akan melihat peningkatan dalam penjualan karena pelanggan cenderung membeli lebih sering.

 

  • Meningkatkan Repeat Order

Pelanggan yang merasa dihargai akan kembali lagi dan lagi, yang akan meningkatkan tingkat ulang pesanan.

 

  • Menarik Customer/Client Baru

Program loyalitas yang efektif dapat menjadi daya tarik bagi pelanggan baru yang mencari nilai tambah. Dengan demikian, mereka bisa tertarik untuk bertahan dengan merek Anda.

 

Tips Membuat Loyalty Program

 

Membuat loyalty program yang sukses memerlukan beberapa pertimbangan penting. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Pelajari pelanggan

Anda harus memahami siapa pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan dari program ini. Ini akan membantu Anda merancang insentif yang sesuai.

 

  • Tentukan budget

Tentukan anggaran yang dapat Anda alokasikan untuk program ini. Pastikan bahwa manfaat yang Anda tawarkan masih menguntungkan bisnis Anda.

 

  • Tentukan pelanggan yang ingin dimasukkan dalam program

Anda mungkin ingin memfokuskan program ini pada pelanggan yang paling berharga atau yang memiliki potensi untuk meningkatkan bisnis Anda.

 

Jenis dan Contoh Loyalty Program

 

Ada berbagai jenis loyalty program, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri:

 

  • Point-based loyalty

Dalam program ini, pelanggan mendapatkan poin setiap kali mereka melakukan pembelian. Poin ini dapat ditukarkan dengan produk atau layanan gratis. Contoh: Program poin undian di supermarket.

 

  • Tiered loyalty

Program ini memiliki beberapa tingkatan, di mana pelanggan dapat naik ke tingkat yang lebih tinggi dengan pembelian yang lebih banyak. Setiap tingkat memiliki insentif yang lebih baik. Contoh: Program tingkatan di perusahaan penerbangan.

 

  • Paid loyalty

Dalam program ini, pelanggan membayar biaya langganan untuk mendapatkan akses ke insentif dan penawaran eksklusif. Contoh: Amazon Prime.

 

  • Value loyalty

Program ini menawarkan insentif berdasarkan nilai total pembelian pelanggan selama periode waktu tertentu. Contoh: Diskon bulanan berdasarkan total pembelian.

 

Baca Juga: Tukar Poin Bizhare & Dapatkan Voucher Spesial di Lebih dari 100 Merchant!

 

Mengenal Bizhare Loyalty Program

 

Bizhare Loyalty Program atau BLP adalah program loyalitas khusus untuk pengguna Bizhare. Di sini, Anda akan mendapatkan berbagai reward dan privilege eksklusif, caranya dengan menyelesaikan misi pada tiap tingkatan level. Salah satu misi yang ada di BLP adalah membeli produk pada outlet penerbit yang listing di Bizhare.

 

Seperti loyalty program pada umumnya, BLP merupakan penghargaan bagi Anda para investor yang telah melakukan investasi melalui Bizhare. Harapannya, Anda mendapatkan pengalaman investasi yang berkesan, sehingga Anda bisa disiplin dan konsisten untuk mencapai financial freedom di masa depan. 

 

Baca Juga: Bizhare Loyalty Program: Kumpulkan Poinnya, Raih Benefitnya!

 

Bisa disimpulkan, loyalty program adalah strategi bisnis yang penting dalam pemasaran modern. Program ini dirancang untuk membangun hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggan dengan memberikan insentif kepada pelanggan yang setia.

1099 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
137 Suka