22 May 2023
5 menit baca

25 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil Tapi Cuan Jutaan!

5 menit baca

 

Apakah Anda bosan dengan rutinitas kerja yang membosankan di kantor dan ingin mencoba sesuatu yang baru? Atau mungkin ingin mencari sumber penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah? Jangan khawatir, karena kini semakin banyak ide bisnis rumahan yang bisa dikerjakan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali! 

 

Daftar Ide Bisnis yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

 

Ada banyak bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah. Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan utama maupun sampingan. Berikut daftarnya!

 

  • Jasa Pembersihan Rumah

Salah satu ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa dijalankan di tengah pandemi adalah jasa pembersihan rumah. Dalam situasi pandemi, kebersihan dan kesehatan sangat penting, sehingga banyak orang yang membutuhkan jasa pembersihan rumah. Anda hanya memerlukan beberapa alat pembersih dan peralatan sederhana untuk memulai bisnis ini.

 

  • Jasa Laundry

Bisnis jasa laundry juga menjadi salah satu ide bisnis rumahan modal kecil tapi cuan jutaan yang bisa dijalankan di tengah pandemi. Anda hanya memerlukan mesin cuci dan bahan pembersih untuk memulai bisnis ini. Anda juga bisa menawarkan jasa antar-jemput binatu untuk menarik pelanggan.

 

  • Jasa Pembuatan Makanan Ringan

Jika Anda pandai memasak dan suka bereksperimen dengan resep baru, maka bisnis pembuatan makanan ringan bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa membuat berbagai jenis makanan ringan seperti keripik, kue kering, atau camilan sehat lainnya. Produk-produk ini bisa dijual secara online atau di toko-toko kecil di sekitar rumah.

 

  • Bisnis Katering

Bisnis katering juga bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil tapi untung besar yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan berbagai menu makanan untuk acara-acara seperti ulang tahun, pernikahan, atau rapat bisnis. Anda bisa memasak di rumah dan menawarkan layanan antar-jemput untuk pelanggan.

 

Baca Juga: 10 Tips Sukses Crowdfunding bagi Pebisnis Perempuan

 

  • Bisnis Jual Beli Online

Bisnis jual beli online menjadi salah satu pilihan bisnis rumahan yang paling populer. Anda bisa menjual berbagai produk seperti pakaian, aksesoris, atau barang-barang unik lainnya. Anda bisa memanfaatkan platform e-commerce yang tersedia di Play Store.

 

  • Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian dalam desain grafis, maka bisnis jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa desain logo, brosur, atau desain grafis lainnya untuk bisnis kecil atau startup yang membutuhkan desain grafis berkualitas.

 

  • Jasa Fotografi

Bisnis jasa fotografi juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan jika Anda memiliki keahlian dalam bidang ini. Anda bisa menawarkan jasa fotografi untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya. Anda hanya memerlukan kamera dan peralatan fotografi lainnya untuk memulai bisnis ini.

 

  • Bisnis Kerajinan Tangan

Jika Anda pandai dalam membuat kerajinan tangan, maka bisnis kerajinan tangan bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil tapi cuan jutaan yang menjanjikan. Anda bisa membuat berbagai jenis kerajinan tangan seperti aksesori, dekorasi rumah, atau souvenir untuk acara-acara khusus.

 

  • Bisnis Jual Pulsa dan Paket Data

Bisnis jual pulsa dan paket data juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin memulai bisnis rumahan dengan modal kecil. Anda hanya memerlukan modal kecil untuk membeli pulsa dan paket data yang bisa dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

 

  • Jasa Reparasi Elektronik

Jika Anda memiliki keahlian dalam memperbaiki elektronik, maka bisnis jasa reparasi elektronik bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa reparasi untuk berbagai jenis elektronik seperti handphone, laptop, atau perangkat elektronik lainnya.

 

  • Bisnis Jasa Penulis Artikel

Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis, maka bisnis jasa penulis artikel bisa menjadi ide bisnis rumahan modal kecil tapi cuan jutaan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa penulisan artikel untuk berbagai jenis konten seperti artikel blog, konten media sosial, atau buku elektronik.

 

  • Bisnis Jasa Konsultan Keuangan

Punya wawasan dan pengalaman di bidang keuangan? Bisnis jasa konsultan keuangan bisa menjadi ide bisnis yang tepat! Anda bisa menawarkan jasa konsultasi keuangan untuk bisnis kecil atau individu yang membutuhkan saran dalam pengelolaan keuangan mereka.

 

Baca Juga: 7 Tips Memilih Financial Advisor yang Tepat Sesuai Kebutuhan

 

  • Bisnis Jasa Pembuatan Website

Jika Anda memiliki keahlian dalam pengembangan website, maka bisnis jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan website untuk bisnis kecil atau individu yang ingin memiliki website berkualitas.

 

  • Bisnis Jasa Penerjemah

Jika Anda menguasai beberapa bahasa asing, maka bisnis jasa penerjemah bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan untuk dokumen bisnis, akademik, atau paper untuk berbagai macam keperluan.

 

  • Bisnis Online Shop

Bisnis online shop juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bisa menjual berbagai produk melalui platform e-commerce. Dengan bisnis online shop, Anda bisa mengelola bisnis dari rumah tanpa harus memikirkan biaya sewa toko fisik.

 

  • Bisnis Katering

Jika Anda pandai dalam memasak, maka bisnis katering bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa katering untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya. Dengan memulai bisnis katering, Anda bisa memasak dan menghasilkan uang dari rumah sendiri.

 

  • Bisnis Jual Makanan Ringan

Bisnis jual makanan ringan juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa membuat makanan ringan seperti keripik, kue kering, atau camilan lainnya dan menjualnya di pasar tradisional atau melalui online shop.

 

  • Bisnis Jualan Sayur dan Buah

Jika Anda memiliki lahan kosong di sekitar rumah, maka bisnis jualan sayur dan buah bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menanam sayur dan buah di lahan kosong dan menjualnya langsung ke konsumen atau melalui online shop.

 

  • Bisnis Jasa Cuci Motor dan Mobil

Jika Anda memiliki tempat yang cukup luas dan lokasi yang strategis, maka bisnis jasa cuci motor dan mobil bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa cuci motor dan mobil untuk para pelanggan yang membutuhkan layanan tersebut.

 

  • Bisnis Jualan Baju Bekas

Bisnis jualan baju bekas juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bisa membeli baju bekas yang masih layak pakai dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi melalui platform online seperti Instagram atau Facebook.

 

  • Bisnis Jualan Aksesoris

Jika Anda memiliki kreativitas dalam membuat aksesoris, maka bisnis jualan aksesoris bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa membuat aksesoris seperti kalung, gelang, atau anting-anting dan menjualnya melalui online shop.

 

  • Bisnis Jualan Kosmetik

Bisnis jualan kosmetik juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bisa memulai bisnis ini dengan membeli kosmetik dari supplier dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

 

  • Bisnis Jualan Bahan Pokok

Jika Anda memiliki akses ke sumber bahan makanan, maka bisnis jualan bahan pokok bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menjual bahan pokok seperti beras, gula, atau minyak goreng secara langsung ke konsumen atau melalui online shop.

 

  • Bisnis Jasa Les Privat

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang tertentu seperti matematika, fisika, atau bahasa Inggris, maka bisnis jasa les privat bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa menawarkan jasa les privat untuk siswa sekolah atau mahasiswa yang membutuhkan bimbingan tambahan.

 

  • Bisnis Jualan Produk Digital

Bisnis jualan produk digital seperti e-book, template, atau kursus online juga bisa menjadi ide bisnis rumahan yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bisa membuat produk digital yang bermanfaat dan menjualnya melalui platform online.

 

Baca Juga: Apa itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

 

Menjalankan bisnis dari rumah dapat menjadi pilihan yang menarik bagi pemula yang ingin memulai bisnis. Dengan persiapan yang matang, tekad yang kuat, dan kemauan untuk terus belajar dan berinovasi, bisnis rumahan dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya. 

2817 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
234 Suka