15 July 2024
4 menit baca

Ekspansi Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Strateginya

4 menit baca

 

Bagi para pemilik bisnis, meningkatkan keuntungan dan memperluas bisnis adalah impian yang tak terelakkan. Salah satu strategi penting untuk mencapai hal ini adalah dengan melakukan ekspansi bisnis. Namun, apa itu ekspansi bisnis? Dan bagaimana caranya?

 

Apa Itu Ekspansi Bisnis?

 

Ekspansi bisnis adalah suatu strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk memperluas operasinya di pasar baru atau wilayah yang lebih luas. Ekspansi dapat dilakukan dengan membuka cabang baru, mengakuisisi bisnis lain, atau memperluas jangkauan produk atau layanan. 

 

Ekspansi bisnis sendiri dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan brand awareness. Dengan demikian, usaha semakin berkembang dan mampu berkompetisi di pasar luas. 

 

Baca Juga: 10 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar Tahun 2023

 

Tujuan Ekspansi Bisnis

 

Secara garis besar, ekspansi sebuah usaha atau bisnis bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan pengaruhnya. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Meningkatkan Pendapatan dan Keuntungan

Tujuan utama ekspansi bisnis adalah untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan. Dengan memperluas operasi ke wilayah baru atau pasar yang belum dijangkau, perusahaan dapat meningkatkan omzet dan memperluas margin keuntungan.

 

  • Memperluas Pangsa Pasar

Ekspansi  juga bertujuan untuk memperluas pangsa pasar perusahaan. Dengan mengakses pasar baru atau wilayah yang lebih luas, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.

 

  • Meningkatkan Efisiensi Operasi

Dalam beberapa kasus, ekspansi dapat membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasinya. Dengan memiliki lebih banyak lokasi atau cabang, perusahaan dapat mengoptimalkan rantai pasokan dan mempercepat waktu pengiriman.

 

  • Diversifikasi Risiko

Ekspansi bisnis juga dapat membantu perusahaan dalam diversifikasi risiko. Dengan memperluas operasi ke pasar baru atau wilayah yang lebih luas, perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis di satu pasar atau wilayah tertentu.

 

4 Strategi Ekspansi Bisnis yang Bisa Diterapkan

 

Ada beberapa strategi yang dilakukan untuk menerapkan ekspansi bisnis. Berikut beberapa di antaranya!

 

  • Membuka Cabang Baru

Salah satu strategi ekspansi yang umum adalah dengan membuka cabang baru di wilayah yang belum dijangkau oleh perusahaan. Dengan membuka cabang baru, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek di wilayah tersebut.

 

  • Mengakuisisi Bisnis Lain

Strategi lain yang dapat digunakan adalah dengan mengakuisisi bisnis lain yang sudah ada di pasar yang diinginkan oleh perusahaan. Dengan mengakuisisi bisnis lain, perusahaan dapat memperoleh akses ke pelanggan dan pangsa pasar yang sudah ada.

 

  • Memperluas Produk atau Layanan

Perusahaan juga dapat memperluas produk atau layanan yang ditawarkan untuk mencapai pasar yang lebih luas. Dengan memperluas portofolio produk atau layanan, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan memperkuat posisinya di pasar yang sudah ada.

 

  • Menjalin Kemitraan

Perusahaan juga dapat menjalin kemitraan dengan bisnis lain untuk mencapai tujuan ekspansi. Dengan menjalin kemitraan, perusahaan dapat memperoleh keuntungan seperti memperluas pangsa pasar, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensinya.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

Alasan Perusahaan Melakukan Ekspansi Bisnis

 

Ada beberapa alasan krusial mengapa perusahaan melakukan ekspansi. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Pertumbuhan Bisnis

Salah satu alasan utama perusahaan melakukan ekspansi adalah untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Dalam persaingan yang semakin ketat, ekspansi bisnis menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan.

 

  • Meningkatkan Pangsa Pasar

Perusahaan juga melakukan ekspansi untuk memperluas pangsa pasar. Dengan mengakses pasar baru atau wilayah yang lebih luas, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.

 

  • Menjaga Keunggulan Bersaing

Dalam beberapa kasus, perusahaan melakukan ekspansi untuk menjaga keunggulan bersaing. Dengan memperluas operasi ke wilayah baru atau pasar yang belum dijangkau, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan menghindari kehilangan pangsa pasar ke pesaing.

 

  • Diversifikasi Risiko

Perusahaan juga melakukan ekspansi bisnis untuk diversifikasi risiko. Dengan memperluas operasi ke pasar baru atau wilayah yang lebih luas, perusahaan dapat mengurangi risiko kegagalan bisnis di satu pasar atau wilayah tertentu.

 

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Kos-kosan di Tahun 2024, Langsung Cuan!

 

Tips dan Trik untuk Sukses dalam Ekspansi Bisnis

 

Jika Anda ingin sukses dalam melakukan ekspansi bisnis, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda ikuti!

 

  1. Lakukan riset pasar: Sebelum melakukan ekspansi, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Anda perlu memahami kebutuhan dan preferensi konsumen di wilayah baru, dan juga mengevaluasi persaingan yang ada di sana.
  2. Buat rencana ekspansi yang jelas: Setelah melakukan riset pasar, buatlah rencana ekspansi bisnis yang jelas dan terukur. Rencana ini harus mencakup tujuan, strategi, anggaran, dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  3. Fokus pada keunggulan kompetitif: Pastikan untuk fokus pada keunggulan kompetitif bisnis Anda saat melakukan ekspansi. Hal ini akan membantu Anda membedakan bisnis Anda dari pesaing dan meningkatkan peluang sukses.
  4. Pertahankan kualitas dan reputasi: Jangan mengorbankan kualitas dan reputasi bisnis Anda saat melakukan ekspansi. Pastikan bahwa Anda masih memberikan layanan dan produk berkualitas tinggi, dan mempertahankan reputasi baik di mata konsumen.
  5. Siapkan sumber daya yang cukup: Pastikan bahwa Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan ekspansi bisnis. Ini termasuk sumber daya finansial, tenaga kerja, infrastruktur, dan teknologi.

 

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise Kuliner Terlaris 2024, Cepat Balik Modal!

 

Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, ekspansi bisnis menjadi strategi yang penting untuk meningkatkan keuntungan dan mengembangkan bisnis Anda.

 

Semoga setelah membaca artikel ini, Teman Bizharian bisa menerapkan berbagai macam strategi dan tips agar mampu mengembangkan bisnis secara masif.

 

#AmankanPerusahaanMu dengan Investasi di Bizhare Institusi

 

Pernahkah Anda berpikir untuk menginvestasikan dana idle perusahaan Anda ke platform investasi tepercaya? Tak hanya efektif, strategi ini sangat bagus untuk mengembangkan meningkatkan dana perusahaan Anda secara signifikan, loh.

 

Bizhare Institusi adalah fitur bagi perusahaan yang ingin mengelola dan mengembangkan dana idle mereka ke berbagai efek yang tersedia, mulai dari saham, obligasi dan sukuk secara urun dana atau crowdfunding di platform Bizhare.

 

Menariknya, Bizhare Institusi tidak hanya menyediakan akses eksklusif ke berbagai instrumen investasi, tetapi juga menawarkan kemudahan dalam pengelolaan dana perusahaan. 

 

Baca Juga: 7 Cara Amankan Keuangan Perusahaan, Mari Investasi!

 

Dengan berinvestasi melalui crowdfunding di Bizhare, perusahaan dapat memanfaatkan dana idlenya secara efisien dan meraih potensi keuntungan yang optimal. Keuntungan dari investasi tersebut tidak hanya dirasakan oleh perusahaan, tetapi juga oleh para investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding.

 

Yang paling menarik, dividend yield yang bisa Anda terima dari investasi di Bizhare Institusi adalah 10–18% per tahun berdasarkan data historis. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan Anda berinvestasi di instrumen lainnya. 

 

Jadi, Anda bisa menikmati liburan dengan nyaman karena dana idle perusahaan Anda berada di tangan yang tepat untuk dikembangkan secara optimal. Tenang saja, Anda memantau perkembangannya melalui platform Bizhare Institusi. 

 

Jika tertarik, silakan membaca panduan pendaftaran dan investasi akun Bizhare Institusi dengan mengeklik button di bawah ini.

 

#AmankanPerusahaanMu Sekarang

7882 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
534 Suka