01 April 2024
4 menit baca

Cara Menghitung Diskon dan Maksimalkan Keuntungan Belanja

4 menit baca

Cara Menghitung Diskon

 

Siapa sih yang tidak senang membeli barang-barang diskon? Diskon merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen yang ingin mendapatkan produk favorit dengan harga lebih terjangkau. Namun, terkadang menghitung diskon bisa menjadi tugas yang membingungkan bagi sebagian orang. Untuk membantu Anda memahami dan mengoptimalkan potensi diskon, berikut adalah panduan lengkap cara menghitung diskon.

 

Apa itu Diskon?

 

Diskon adalah potongan harga atau pengurangan biaya dari harga asli suatu produk atau layanan. Diskon biasanya diberikan sebagai insentif atau promosi untuk meningkatkan penjualan atau menarik pelanggan. Potongan harga dapat diberikan dalam bentuk persentase atau jumlah tetap, dan seringkali terkait dengan kondisi atau syarat tertentu, seperti pembelian dalam jumlah tertentu atau menggunakan kartu anggota tertentu.

 

Diskon dapat muncul dalam berbagai bentuk, termasuk diskon langsung di kasir, potongan harga online dengan menggunakan kode kupon, diskon musiman, atau program loyalitas yang memberikan keuntungan tambahan bagi pelanggan yang sering berbelanja. Pemberian diskon dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan daya tarik produk atau layanan serta meningkatkan volume penjualan.

 

Baca Juga: 10 Cara Mengatur Keuangan ala Anak Kos

 

Cara Menghitung Diskon

 

Untuk menghitung diskon, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

 

  1. Hitung besar diskon:

Diskon = Harga Awal × (Persentase Diskon / 100)

 

  1. Kurangkan besar diskon dari harga awal untuk mendapatkan harga setelah diskon:

Harga Setelah Diskon = Harga Awal – Diskon

 

Contoh:

Misalnya, Anda memiliki produk dengan harga awal Rp100.000 dan diskon 20%.

 

  1. Hitung besar diskon:

Diskon = Rp100.000 × (20 / 100) = Rp20.000

 

Kurangkan besar diskon dari harga awal:

Harga Setelah Diskon = Rp100.000 – Rp20.000 = Rp80.000

 

Jadi, setelah diskon, harga produk tersebut menjadi Rp80.000

 

Cara Maksimalkan Keuntungan Belanja

 

Berbelanja dengan bijak bukan hanya tentang memanfaatkan diskon yang ada, tetapi juga tentang strategi dan pengelolaan keuangan yang cerdas. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Anda dapat memaksimalkan keuntungan belanja Anda:

 

  • Rencanakan Belanja Anda

Sebelum berbelanja, buatlah daftar kebutuhan dan tetapkan anggaran yang realistis. Dengan merencanakan belanja, Anda dapat menghindari pembelian impulsif dan fokus pada barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

 

  • Manfaatkan Program Loyalty dan Kartu Diskon

Banyak toko dan platform belanja menawarkan program loyalitas serta kartu diskon. Bergabunglah dengan program-program tersebut untuk mendapatkan poin, diskon eksklusif, atau cashback. Manfaatkan kartu kredit dengan reward atau cashback untuk mendapatkan keuntungan tambahan.

 

  • Ikuti Promo dan Penawaran Khusus

Selalu periksa promo dan penawaran khusus yang ditawarkan oleh toko atau platform belanja. Ini dapat mencakup diskon musiman, flash sale, atau penawaran spesial yang hanya berlaku untuk periode tertentu. Berlangganan newsletter toko atau aplikasi belanja online untuk mendapatkan informasi terbaru.

 

  • Bandingkan Harga

Sebelum membeli, bandingkan harga produk di beberapa toko atau platform. Gunakan fitur perbandingan harga untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan penawaran terbaik. Jangan ragu untuk mencari ulasan produk untuk memastikan kualitasnya sebanding dengan harganya.

 

  • Manfaatkan Kode Promo dan Kupon

Cari kode promo atau kupon diskon yang dapat digunakan saat checkout. Banyak situs web menyediakan kode-kode ini sebagai bagian dari kampanye pemasaran atau untuk merayakan acara khusus. Gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan potongan harga tambahan.

 

  • Ikuti Media Sosial dan Grup Diskusi Belanja

Tetap terhubung dengan toko atau merek favorit melalui media sosial. Beberapa toko seringkali memberikan informasi tentang diskon atau penawaran khusus melalui platform ini. Bergabunglah dengan grup diskusi belanja online untuk bertukar informasi dan tips dengan konsumen lain.

 

  • Simpan Poin dan Cashback untuk Pembelian Selanjutnya

Jika Anda memanfaatkan program loyalitas atau mendapatkan cashback, simpanlah poin atau uang kembali tersebut untuk digunakan pada pembelian berikutnya. Ini dapat menjadi cara efektif untuk mengurangi biaya belanja Anda secara keseluruhan.

 

Dengan menerapkan strategi cara menghitung diskon ini, Anda tidak hanya dapat menghemat uang, tetapi juga memaksimalkan keuntungan belanja Anda. Selamat berbelanja dengan cerdas!

 

Baca Juga: 10 Jenis Investasi untuk Pemula, Aman & Cuan!

 

Awas Investasi Bodong! Investasi #TransparanBikinAman Hanya di Bizhare

 

Seiring makin banyaknya kasus investasi bodong di Indonesia, Bizhare, platform securities crowdfunding nomor 1 di Indonesia berkomitmen untuk menjunjung asas transparansi dan keamanan secara end-to-end.

 

Melalui Bizhare, Anda dapat berinvestasi dalam proyek-proyek properti yang menjanjikan dengan lebih percaya diri. Dukungan dari Bizhare dalam menerapkan tips-tips aman bertransaksi online, seperti menggunakan sistem pembayaran yang aman dan memeriksa track record bisnis, berhasil memberikan kepastian bahwa investasi Anda dilakukan sesuai dengan prosedur yang benar dan dijamin terhindar dari risiko penipuan.

 

Secara rutin, Bizhare juga melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap bisnis-bisnis tersebut secara berkala. Laporan keuangan tiap bisnis juga selalu diterbitkan tiap bulan agar bisa dipantau oleh para investor.

 

Hal ini merupakan komitmen Bizhare agar para investor, baik lama maupun baru, bisa terus berinvestasi di Bizhare, karena seperti slogan andalannya, #TransparanBikinAman.

 

Tak heran, berkat konsistensi Bizhare dalam menjunjung transparansi dan keamanan berinvestasi, Bizhare berhasil mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor SK: 38/D.04/2021 sebagai Penyelenggara Securities Crowdfunding. Artinya, Bizhare beroperasi sesuai dengan standar dan regulasi yang ketat.

 

Bizhare juga sudah mendapatkan Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 dari Société Générale de Surveillance (SGS), auditor independen yang terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Dengan demikian, Bizhare memastikan bahwa data investor aman dan tidak akan bocor. 

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai #TransparanBikinAman, silakan tekan button di bawah ini.

 

#TransparanBikinAman Sekarang

191 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
49 Suka