18 September 2023
3 menit baca

Cara Menentukan Harga Jual Produk untuk Bisnis Anda

3 menit baca

 

Apakah Anda memiliki bisnis kecil atau sedang merintis usaha baru? Lalu Anda bingung bagaimana cara menentukan harga jual produknya? Tenang saja! Dengan mengikuti semua panduan yang tertulis di sini, bisnis yang sedang Anda geluti akan sukses dan cuan besar.

 

Faktor-faktor yang Memengaruhi Harga Jual Produk

 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya harga jual produk Anda, baik dari faktor internal maupun eksternal. Berikut ulasan selengkapnya!

 

  • Biaya Produksi

Biaya produksi adalah faktor terpenting yang harus dipertimbangkan saat menentukan harga jual produk. Biaya ini mencakup semua yang terkait dengan pembuatan produk Anda, termasuk bahan baku, tenaga kerja, dan biaya produksi lainnya.

 

Untuk menentukan harga jual produk, Anda perlu mengetahui biaya produksi awal yang tepat. Hal tersebut akan membantu Anda menentukan markup yang tepat. Selain itu, dengan mengetahui biaya produksi awal, Anda bisa memastikan penghasilan keuntungan yang cukup dari hasil penjualan.

 

  • Biaya Overhead

Selain biaya produksi, Anda juga harus mempertimbangkan biaya overhead. Biaya overhead adalah biaya yang terkait dengan kegiatan operasional, seperti biaya sewa, biaya utilitas, dan biaya pemasaran.

 

Nantinya, Anda harus menghitung biaya overhead dan memasukkannya dalam perhitungan harga jual produk. Semuanya mencakup biaya-biaya yang terkait dengan proses berjalannya bisnis Anda.

 

  • Harga Pesaing

Melihat harga pesaing Anda adalah faktor penting lainnya saat menentukan harga jual produk. Pahami pergerakan pasar dengan lebih seksama dan ketahui berapa harga produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing Anda.

 

Hal Ini akan sangat membantu untuk menentukan apakah harga jual produk Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika Anda menjual produk yang sama dengan pesaing, Anda harus mempertimbangkan untuk menawarkan harga yang kompetitif untuk menarik pelanggan.

 

Baca Juga: 7 Cara Menarik Konsumen Baru untuk Naikkan Omzet Penjualan Anda

 

  • Permintaan Pasar

Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan saat menentukan harga jual produk adalah permintaan pasar. Jika ada permintaan yang tinggi untuk produk, Anda mungkin bisa menetapkan harga yang lebih tinggi. 

 

Akan tetapi, jika permintaan rendah, Anda mungkin harus menawarkan harga yang lebih rendah untuk menarik pelanggan. Dengan demikian, harga yang diluncurkan ke pasar bisa menarik minat konsumen.

 

Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat

 

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menentukan harga jual produk. Sebelumnya, pastikan faktor-faktor penentu harga di atas sudah Anda kuasai dengan baik.

 

  • Gunakan Metode Markup

Metode markup adalah cara sederhana untuk menentukan harga jual produk. Nantinya, Anda cukup menambahkan markup tertentu pada biaya produksi untuk menentukan harga jualnya. 

 

Misalnya, jika biaya produksi produk Anda adalah Rp10.000 dan ingin menambahkan markup 50%, maka harga jual produk Anda akan menjadi Rp15.000. Mudah sekali, bukan?

 

  • Pelajari Harga Pesaing Anda

Pelajari harga pesaing dan gunakan informasi ini untuk menentukan harga jual produk Anda. Jika pesaing mematok harga lebih tinggi dari produk Anda, maka tetapkan harga yang lebih tinggi. 

 

Namun, jika harga pesaing ternyata lebih rendah, maka mau tidak mau Anda harus menawarkan harga yang lebih rendah lagi. Hal ini bertujuan untuk menarik pelanggan lebih banyak.

 

  • Gunakan Strategi Penetapan Harga Berbasis Permintaan

Strategi ini mengacu pada penentuan harga jual produk berdasarkan permintaan pasar. Jika permintaan tinggi, Anda bisa menetapkan harga yang lebih tinggi, sementara jika permintaan rendah, Anda mungkin harus menawarkan harga yang lebih rendah untuk menarik pelanggan.

 

  • Gunakan Harga Psikologis

Harga psikologis adalah strategi penetapan harga berdasarkan teori kalau harga tertentu bisa memberikan dampak psikologis terhadap seseorang. Misalnya, mengatur harga pada Rp 99.000 daripada Rp 100.000 dapat membuat pelanggan merasa seperti mereka mendapatkan harga yang lebih rendah. Padahal, selisih harganya terlampau kecil.

 

Baca Juga: 7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

 

Menguasai cara menentukan harga jual produk yang tepat sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda. Pertimbangkan biaya produksi, biaya overhead, harga pesaing, dan permintaan pasar untuk menetapkan harga jual produk yang kompetitif dan menguntungkan.

 

Anda dapat menggunakan berbagai metode seperti metode markup, mempelajari harga pesaing, strategi penetapan harga berbasis permintaan, dan harga psikologis untuk menentukan harga jual produk yang tepat. 

 

Dengan mengetahui cara menentukan harga jual produk yang tepat, Teman Bizharian dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis. Selamat mencoba!

1299 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
233 Suka