13 January 2023
4 menit baca

7 Faktor Penyebab Kegagalan Usaha, Calon Pengusaha Wajib Tahu!

4 menit baca

Faktor penyebab kegagalan usaha, pengusaha harus tahu

 

Tidak semua usaha atau bisnis berjalan dengan mulus, apa yang Anda lihat dari para pebisnis sukses saat ini tidak selamanya mulus seratus persen dengan keuntungan stabil. Ibaratnya, pebisnis sukses pun bisa saja mengalami kegagalan usaha, apalagi pemula. Namun, tenang saja jika Anda ingin memulai usaha, mengenali faktor risiko jadi satu cara untuk mengantisipasi penyebab kegagalan usaha Anda di masa depan! 

 

Penyebab Kegagalan Usaha 

Tidak jarang banyak pengusaha yang mundur dan gulung tikar saat menemui titik kegagalan, maka dari itu Anda harus mengantisipasinya dengan mengetahui faktor-faktor yang bisa membuat usaha Anda gagal. Nah, pada kesempatan ini Bizhare akan share tentang penyebab wirausaha mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya. 

 

Tidak Adanya Rencana Bisnis yang Jelas

Business Plan atau rencana bisnis wajib Anda buat sebelum memulai sebuah usaha, sebab melalui rencana bisnis Anda tahu persis apa yang ingin diwujudkan dalam bisnis ataupun gambaran produk bisnis nantinya. Rencana inilah yang akan menuntun Anda apa yang ingin Anda lakukan bila bisnis mengalami performa buruk, jadi Anda bisa menyiapkan langkah preventif agar tidak mengalami kegagalan.

 

Tidak Kompeten dalam Manajemen atau Pengelolaan Usaha

Dalam memulai menjalankan bisnis, terlebih di fase merintis memang sulit. Kendala manajemen atau lemahnya kemampuan mengambil keputusan jadi masalah dari kegagalan usaha. Kemampuan koordinasi kegiatan bisnis ini bisa Anda pelajari dari teman, rekan, atau partner bisnis Anda yang sudah memulai bisnis lebih dulu.

 

Kurang Berpengalaman dalam Bidang Bisnis Anda

Idealnya, seorang calon wirausahawan punya keterampilan teknis yang memadai, seperti pengalaman kerja mengenai konsep pengoperasian fisik bisnis dan kemampuan konsep yang cukup. Di titik ini Anda harus mengetahui detail bisnis Anda sendiri, carilah sebuah bidang bisnis di mana Anda mahir di sana, jangan menjalankan bisnis yang Anda tidak ketahui. 

 

Lemah dalam Mengendalikan Keuangan 

Kendali keuangan yang baik jadi kunci bisnis atau penyebab usaha tidak mengalami kerugian. Perusahaan kecil, kerap kali melakukan kesalahan keuangan, mulai dari kekurangan modal dan kurang bijaksana dalam menerapkan kredit pada pelanggan.

 

Gagal dalam Perencanaan 

Jika tidak ada strategi yang jelas, sebuah bisnis tidak punya dasar berkesinambungan untuk menciptakan dan memelihara keunggulan untuk bersaing di pasar. Inovasi jadi satu hal yang dibutuhkan, perlu ada kreatifitas di dalam rencana bisnis yang Anda buat sebelum memulai sebuah usaha.

 

Lokasi Usaha yang Buruk

Lokasi mempengaruhi banyak hal, mulai dari target pasar, akses kepada konsumen, biaya sewa dan perawatan, serta daya saing di suatu tempat. Banyak bisnis menemui kegagalan hanya karena lokasinya tidak strategis dan mendatangkan pembeli. Maka dari itu, lokasi patut dipertimbangkan sebelum memulai usaha. 

 

Tidak Berani Ambil Risiko

Setiap kegiatan usaha pasti ada risikonya, banyak yang gagal menjalani bisnis karena takut ambil resiko yang pada akhirnya disalip oleh kompetitor. Contoh tidak mengambil risiko seperti  seperti karena persaingan, investasi barang yang lebih memadai, tidak berani membuka cabang ketika penjualan bagus, dan lain sebagainya.

 

Tidak Berani Mencoba

Identifikasikan penyebab gagalnya usaha seorang wirausahawan yang lainnya adalah saat tidak berani mencoba. Keluar dari zona nyaman bisa membawa dampak baik demi berkembangnya bisnis, seperti mencoba metode baru dalam pemasaran guna menghasilkan lebih banyak pendapatan. Jika tidak berani mencoba Anda seakan tidak mau membuat suatu kemajuan dalam sebuah bisnis.

 

Selain beberapa daftar faktor kegagalan wirausaha dalam menjalankan bisnis, ada beberapa faktor lainnya, mulai dari tidak punya visi dan perencanaan yang lemah, kemudian tidak percaya diri, tidak berkomitmen, dan terbatas dalam masalah pendanaan.

 

Penyelesaian Kegagalan Usaha

Bila Anda sudah terlanjur mengalami kegagalan usaha, harus ditelisik dulu apakah masalah itu apa penyebabnya. Jalan untuk menghadapi kegagalan usaha adalah dengan berkenalan dengan faktor penyebab kegagalan usaha itu sendiri. Berikut tips dari Bizhare bagi Anda bila mengalami kegagalan dalam usaha atau berbisnis.

 

Tenangkan Pikiran Anda

Tidak semua hal yang Anda inginkan bisa tercapai, bukan seperti itu cara dunia bekerja. Terkadang, Anda harus melalui kegagalan dan titik terendah agar bisa menemukan sebuah ide brilian untuk bangkit. Kuncinya adalah ketenangan pikiran Anda, luangkan waktu sejenak dari kepusingan bisnis, kesempatan akan selalu ada lagi buat mereka yang percaya. 

 

Evaluasi Perjalanan Usaha Anda

Cari tahu apa kira-kira penyebab kegagalan usaha, apakah karena rencana yang kurang matang, salah memilih partner bisnis, operasional yang berantakan, atau justru karena salah dalam mengelola keuangan? Masing-masing permasalahan punya solusi yang berbeda, perlahan-lahan tulis dan buat list kesalahan apa saja yang Anda buat dalam menjalankan usaha, waktu akan membantu Anda menemukan solusinya. 

 

Susun Kembali Rencana dan Eksekusi Dengan Berbeda

Susun perencanaan matang untuk ide usaha baru Anda. Belajar dari pengalaman yang lalu, jangan berikan ruang pada kesalahan yang sudah Anda perbuat. Bila cara mengeksekusinya berbeda, hasilnya juga akan berbeda dengan bisnis Anda sebelumnya. 

 

Bila boleh menyarankan, buat timeline dan deadline untuk kegiatan bisnis dan balik modal Anda. Misalnya, pada Juni 2023 modal untuk usaha baru harus bisa kembali, dengan menjual produk sekian banyak, melalui strategi marketing yang baru. Dengan begitu, Anda akan membangun sebuah bisnis seperti menaiki anak tangga, bukan melompat setinggi-tingginya yang dimana mudah membuat Anda jatuh.

 

Semoga artikel dari Bizhare ini mampu memberikan sedikit banyak sudut pandang bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha dan membantu Anda untuk menghindari berbagai kesalahan dalam berbisnis atau usaha seperti yang disampaikan pada artikel ini. 

 

Semangat ya Bizharian untuk memulai segala sesuatu yang baru di 2023 ini!

176 Reads
Author: Whisnu Kristianto
Tags: Tips Bisnis
16 Suka