23 May 2023
4 menit baca

16 Cara Membuat Bisnis Franchise Sendiri yang Menguntungkan

4 menit baca

 

 

Apakah Anda memiliki impian untuk memiliki bisnis sendiri yang sukses? Salah satu cara untuk mencapainya adalah membuat bisnis franchise sendiri. Bisnis ini dapat menjadi peluang yang menarik. Alasannya, Anda dapat memanfaatkan model bisnis yang telah terbukti sukses dan meraih keuntungan dari merek yang sudah dikenal di pasaran. Berikut cara membuat bisnis franchise sendiri yang menguntungkan!

 

  • Menentukan Konsep Bisnis Franchise

 

Langkah pertama dalam memulai bisnis ini adalah menentukan konsep bisnis yang ingin Anda dirikan sebagai franchise. Pertimbangkan apa yang membuat bisnis Anda unik dan menarik bagi calon mitra bisnis. Apakah itu produk atau layanan yang inovatif, keunggulan dalam proses operasional, atau pangsa pasar yang potensial untuk dikembangkan.

 

Baca Juga: Sistem Franchise – Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis Waralaba

 

  • Penelitian Pasar dan Analisis Persaingan

 

Sebelum melangkah lebih jauh, lakukan penelitian pasar yang mendalam untuk memastikan bahwa ada permintaan yang cukup untuk produk atau layanan Anda di wilayah yang dituju. Analisis persaingan juga penting agar Anda dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing serta menentukan strategi yang tepat untuk memposisikan bisnis Anda.

 

  • Membuat Rencana Bisnis yang Komprehensif

 

Rencana bisnis yang baik adalah fondasi yang kuat untuk bisnis franchise Anda. Rencana bisnis harus mencakup gambaran menyeluruh tentang bisnis Anda, tujuan jangka panjang dan jangka pendek, analisis pasar, strategi pemasaran, proyeksi keuangan, dan rencana operasional. 

 

Rencana bisnis ini akan membantu Anda mengarahkan bisnis franchise Anda ke arah yang benar dan mendapatkan dukungan finansial dari pihak lain jika diperlukan.

 

  • Menghitung Biaya Awal dan Keuntungan Potensial

 

Sebelum memulai bisnis franchise, Anda perlu menghitung biaya awal yang diperlukan untuk membuka franchise Anda. Ini termasuk biaya lisensi, biaya pelatihan, biaya peralatan, biaya promosi awal, dan biaya operasional lainnya. 

 

Selain itu, penting juga untuk memperkirakan potensi keuntungan yang dapat Anda peroleh dari bisnis franchise tersebut. Melakukan analisis keuangan yang cermat akan membantu Anda menentukan apakah bisnis franchise ini layak untuk dijalankan.

 

  • Membangun Merek dan Identitas Bisnis yang Kuat

 

Kunci kesuksesan bisnis franchise adalah memiliki merek dan identitas bisnis yang kuat. Anda perlu mengembangkan logo yang menarik, slogan yang menggambarkan bisnis Anda, dan citra merek yang konsisten di semua saluran pemasaran. 

 

Itu sebabnya, pastikan juga untuk membangun reputasi yang baik. Caranya adalah melalui layanan pelanggan yang superior dan produk yang berkualitas.

 

Baca Juga: Apa itu Branding: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

 

  • Menetapkan Standar Operasional yang Jelas

 

Salah satu keuntungan memiliki bisnis franchise adalah adanya panduan operasional yang telah ditetapkan. Namun, sebagai pemilik bisnis franchise sendiri, Anda perlu menetapkan standar operasional yang jelas untuk memastikan konsistensi dalam layanan dan pengalaman pelanggan. Hal ini termasuk prosedur operasional, pelatihan karyawan, dan pengawasan kualitas.

 

  • Menyusun Dokumen Legal dan Kontrak Franchise

 

Sebelum menawarkan bisnis franchise kepada calon mitra, Anda perlu menyusun dokumen legal yang komprehensif dan kontrak franchise yang melindungi kepentingan kedua belah pihak. Pastikan dokumen tersebut mencakup hak dan kewajiban pemilik franchise serta hak dan kewajiban mitra bisnis.

 

  • Mencari Lokasi yang Strategis

 

Lokasi adalah faktor kunci dalam kesuksesan bisnis franchise. Anda perlu melakukan riset lokasi yang teliti untuk menentukan tempat yang strategis dan memiliki potensi pasar yang tinggi. Pertimbangkan faktor seperti lalu lintas, aksesibilitas, demografi, dan keberadaan pesaing di sekitar lokasi yang dipilih.

 

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menentukan Lokasi Bisnis yang Strategis

 

  • Merekrut dan Melatih Tim yang Kompeten

 

Bisnis franchise yang sukses membutuhkan tim yang kompeten dan berdedikasi. Lakukan proses rekrutmen yang selektif dan pastikan Anda melatih karyawan Anda dengan baik. Karyawan yang terlatih dengan baik akan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan membantu menjaga reputasi bisnis Anda.

 

  • Membangun Hubungan yang Baik dengan Pemasok

 

Pemasok yang handal adalah kunci keberhasilan bisnis franchise. Carilah pemasok yang dapat menyediakan produk atau bahan baku dengan kualitas yang baik dan harga yang kompetitif. Bangun hubungan yang baik dengan pemasok Anda untuk memastikan pasokan yang stabil dan layanan yang memuaskan.

 

  • Mengembangkan Strategi Pemasaran yang Efektif

 

Untuk menarik pelanggan dan memperluas pangsa pasar, Anda perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif. Gunakan kombinasi dari pemasaran online dan offline, seperti media sosial, website bisnis, iklan cetak, dan promosi khusus. 

 

Identifikasi target pasar Anda dan kembangkan pesan yang relevan untuk menarik minat mereka. Tetap terlibat dengan pelanggan melalui program loyalitas dan aktivitas pemasaran lainnya. Dengan demikian, salah satu cara membuat franchise sendiri ini bisa Anda kuasai.

 

Baca Juga: Riset Pemasaran: Definisi, Tujuan, dan Langkah-Langkahnya

 

  • Melakukan Uji Coba dan Perbaikan Sistem

 

Sebagai pemilik bisnis franchise sendiri, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan uji coba dan perbaikan sistem sesuai kebutuhan. Lakukan evaluasi rutin terhadap operasi bisnis Anda, identifikasi area yang perlu diperbaiki, dan terapkan perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pelanggan.

 

  • Membuka Pendaftaran Franchise

 

Setelah bisnis franchise Anda matang dan siap untuk diperluas, buka pendaftaran franchise kepada calon mitra bisnis. Siapkan materi pemasaran yang menarik dan jelas mengenai manfaat menjadi mitra bisnis Anda. Lakukan seleksi yang ketat untuk memastikan bahwa calon mitra memiliki kualifikasi yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

  • Menyediakan Dukungan Pelatihan dan Pendampingan

 

Sebagai pemilik bisnis franchise, tanggung jawab Anda tidak hanya sebatas menjual lisensi bisnis. Anda juga perlu memberikan dukungan pelatihan dan pendampingan kepada mitra bisnis Anda. Pastikan mitra bisnis Anda memiliki pemahaman yang baik tentang operasi bisnis, sistem, dan standar yang telah ditetapkan.

 

  • Mengelola Bisnis Franchise dengan Efisien

 

Terakhir, penting untuk mengelola bisnis franchise dengan efisien. Monitor dan analisis kinerja bisnis secara berkala. Perhatikan indikator keuangan, pertumbuhan penjualan, dan kepuasan pelanggan. Tetap beradaptasi dengan perubahan pasar dan inovasi dalam industri Anda.

 

  • Ajukan Pendanaan di Platform Securities Crowdfunding

 

Sebagai pemilik bisnis, salah satu cara untuk mendapatkan pendanaan tambahan adalah melalui platform securities crowdfunding. Pendanaan melalui skema ini dapat memberikan akses kepada Anda untuk mengumpulkan dana dari investor potensial yang tertarik dengan konsep bisnis franchise Anda.

 

Salah satu platform terbaik yang bisa Anda coba adalah Bizhare. Berdiri sejak tahun 2018, Bizhare berkomitmen untuk menjadi platform securities crowdfunding terkemuka di Indonesia. Anda bisa menyempurnakan cara membuat franchise sendiri dengan mendaftar di platform ini.

 

Baca Juga: Skema Investasi Bisnis & Pendanaan di Bizhare, Aman & Transparan!

 

Membuat bisnis franchise sendiri dapat menjadi peluang yang menguntungkan. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membangun bisnis franchise yang sukses. 

961 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
143 Suka