22 February 2023
3 menit baca

7 Tips Sewa Apartemen agar Tetap Hemat dan Murah

3 menit baca

Mendapatkan harga sewa apartemen murah ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Malahan, caranya cukup mudah, apalagi jika Anda sedang mencari hunian harian, bulanan, atau tahunan di sekitar Jakarta, BSD, atau daerah lainnya. Berikut panduan lengkapnya!

 

Tips Sewa Apartemen Harian, Bulanan, Tahunan

Dibanding dengan rumah biasa, apartemen punya berbagai macam kelebihan yang ditawarkan, terutama dari segi fasilitasnya. Banyak apartemen yang memiliki kolam renang, supermarket, bahkan hingga restoran maupun foodcourt sendiri.

 

Harus diakui, apartemen menjadi opsi terbaik di tengah keterbatasan lahan, khususnya di kota-kota besar. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan harga sewa apartemen murah di  Jakarta, BSD, Bali, dan sebagainya, berikut tips dan triknya.

 

Tentukan Budget Harga Sewa Apartemen

 

Hal pertama yang wajib dilakukan oleh calon penghuni apartemen adalah menentukan budget sewa yang hendak dikeluarkan. Anda harus memperhitungkannya dari kondisi serta kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai over budget atau berlebihan.

 

Pastikan juga Anda memilih apartemen yang biaya operasionalnya sudah termasuk dengan biaya-biaya ekstra lainnya, seperti listrik, air, atau bahkan biaya parkir. Jika tidak, maka pengeluaran Anda dipastikan akan membengkak tiap bulan.

 

Lakukan Riset 

 

Untuk mendapatkan harga apartemen yang murah, khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya, Anda harus melakukan riset yang mendalam. Nantinya, Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing apartemen, lalu menentukan mana yang paling cocok.

 

Memang, jika mau effort, Anda harus mendatangi lokasi apartemen tersebut satu per satu. Tujuannya agar makin yakin dengan pilihan dan menyesuaikan dengan hasil riset. Namun harus diingat, makin strategis dan lengkap sebuah apartemen, makin mahal harga sewanya.

 

Baca Juga: Rahasia Memulai Bisnis Properti Dari Nol, Khusus Pemula!

 

Ajukan Pertanyaan pada Pemilik atau Agen

 

Saat hendak mencari apartemen, Anda harus mendapatkan nomor pemilik properti atau agen. Hal ini penting, apalagi jika Anda berniat melakukan survei langsung di lokasi hunian.

 

Nantinya, Anda bisa mengajukan berbagai macam pertanyaan kepada pihak terkait, mulai dari lahan parkir, apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam biaya sewa, hingga seberapa sering biaya sewa apartemen mengalami kenaikan.

 

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan berbagai macam pertanyaan lain, seperti apakah ada uang deposit yang harus dikeluarkan, apakah boleh membawa hewan peliharaan, hingga apakah boleh mendekor ulang ruangan apartemen.

 

Cari Apartemen yang Akses Transportasinya Mudah

 

Harus diakui, apartemen yang berada di tengah kota memang menguntungkan karena memudahkan mobilitas sehari-hari. Namun sayang, harganya biasanya lebih mahal. 

 

Maka dari itu, jika hendak mendapatkan harga sewa apartemen yang lebih murah, pastikan cari properti yang memiliki aksesibilitas transportasi umum. Pastikan Anda riset, apakah lokasinya berdekatan dengan jalur transportasi umum yang searah dengan tempat kerja, kampus, atau sekolah? Jika iya, segera ambil!

 

Cari Apartemen yang Fasilitasnya Sesuai Kebutuhan

 

Memilih apartemen dengan kondisi ruangan full furnished memang menguntungkan. Sayangnya, harganya akan lebih mahal dari yang masih kosong, apalagi jika budget yang Anda miliki terbatas.

 

Itu sebabnya, tips sewa apartemen bulanan agar tetap hemat selanjutnya adalah memilih properti yang masih unfurnished saja. Selain itu, carilah tipe kamar yang sesuai kebutuhan, tidak terlalu luas atau terlalu sempit. Cari juga apartemen yang fasilitasnya mencukupi kebutuhanmu, misalkan ada foodcourt dan kolam renang.

 

Survei Langsung Kondisi Apartemen

 

Setelah yakin dengan berbagai opsi apartemen yang ada, mulailah melakukan survei kunjungan langsung ke sana. Tujuan survei ini adalah mengetahui gambaran apartemen secara detail dan memeriksa kondisi apartemen secara real.

 

Nantinya, lakukan pengecekan secara menyeluruh, apakah ada kerusakan atau retak-retak di bagian dalam unit? Jika menemukan kerusakan sekecil apapun, segera catat dan komunikasikan kepada pemilik atau agen properti supaya tidak jadi masalah di kemudian hari. Periksa juga apakah fasilitas apartemen sesuai dengan yang ditawarkan.

 

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Kos-kosan di Tahun 2023, Langsung Cuan!

 

Buat Kesepakatan Tertulis

 

Apabila sudah memastikan kondisi apartemen dan yakin dengan pilihan Anda, maka langkah selanjutnya adalah membuat kesepakatan tertulis mengenai perjanjian sewa. Hal ini sangat krusial karena menyangkut hak dan kewajiban pihak-pihak yang terkait.

 

Perjanjian sewa apartemen memuat tentang besaran uang sewa, tanggal pembayaran setiap bulannya, jangka waktu sewa, biaya deposit, biaya tambahan lainnya, serta hal-hal lain yang disepakati bersama.

 

Dengan adanya dokumen ini, apalagi dibubuhi meterai dan tanda tangan, maka maka hak dan kewajiban menjadi lebih jelas. Jika ada masalah di kemudian hari, maka dokumen tersebut bisa menjadi rujukan berlandaskan hukum.

 

Itu dia tips sewa apartemen harian, bulanan, atau tahunan yang bisa Anda terapkan ketika ingin menyewa apartemen. Pastikan cek betul fasilitas dan kondisi properti yang tersedia. Selamat mencari!

849 Reads
Author: Diptyarsa Janardana
213 Suka